Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Manfaat Menggunakan Produk Dalam Negeri, Mulailah Dari Sekarang

Tahukah Anda bahwa terdapat banyak manfaat menggunakan produk dalam negeri? Anda bukan hanya bisa membantu perekonomian para UMKM di Tanah Air tetapi juga bisa memperkenalkan produk tersebut hingga mancanegara.

Adapun konsep dari cinta produk dalam negeri sebenarnya sudah pernah disuarakan dalam pemerintahan Ir Soekarno. Produk dalam negeri sendiri biasanya ditandai dengan label atau tulisan made in Indonesia.

Tetapi belum tentu produk dengan label tersebut adalah produk dalam negeri karena biasanya hanya pembuatannya saja yang ada disini.

Manfaat Menggunakan Produk Dalam Negeri Yang Perlu Diketahui

Sekilas Tentang Produk Dalam Negeri

Sebelum Anda memahami apa sebenarnya manfaat dari menggunakan produk dalam negeri maka perlu memahami dahulu lebih lanjut. Adapun produk dalam negeri disini merupakan produk yang bahan baku sekaligus pembuatannya memang berasal dari Indonesia.

Memang terkadang harganya lebih mahal dibandingkan dengan produk impor. Hal tersebut ternyata juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti biaya transportasi yang mahal, bahan baku hingga proses pembuatannya tersebut.

Kendati demikian kesadaran bagi masyarakat Indonesia dalam menggunakan barang-barang asal Indonesia juga masih tergolong rendah bahkan belum begitu mengerti. Padahal belum tentu semua produk buatan dalam negeri buruk.

Entah karena minimnya pengetahuan ataupun kesadaran, masih banyak orang lebih suka menggunakan produk-produk luar negeri. Sebab sebagian besar beranggapan bahwa produk impor mempunyai kualitas lebih bagus serta mempunyai gengsi tersendiri.

Padahal jika Anda mau melihat lebih dalam, maka sudah ada banyak barang dalam negeri dengan kualitas yang tidak kalah dengan barang-barang dari luar negeri.

Terdapat banyak risiko jika menggunakan produk luar negeri seperti mengakibatkan pelemahan atau memperburuk kondisi pasar produsen dalam negeri.

Oleh karena itulah alangkah baiknya agar semua warga negara Indonesia mulai mencintai produk-produk yang berasal dari Indonesia. Sebab nantinya akan memberikan banyak keuntungan. Adapun manfaatnya tersebut akan dibahas pada penjelasan berikutnya.

Manfaat Menggunakan Produk Dalam Negeri Yang Perlu Diketahui

Seperti sudah disinggung sebelumnya dimana kita sebagai warga negara Indonesia memang diharuskan mencintai barang-barang buatan dari Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan begitu akan memberikan sejumlah keuntungan dan manfaat diantaranya adalah:

Bisa Meningkatkan Perekonomian Dalam Negeri

Manfaat yang paling nyata dari mencintai produk lokal adalah bisa meningkatkan perekonomian dalam negeri. Sebab ketika uang dikeluarkan didalam negeri maka uang tersebut juga hanya akan didalam saja sehingga bisa meningkatkan aktivitas dari ekonomi.

Dengan begitu maka membeli produk lokal ternyata bisa meningkatkan ekonomi sekaligus bisa menjaga bisnis dalam negeri agar bisa hidup dan bertahan di tengah-tengah masyarakat. Lain halnya ketika Anda membeli produk dari luar maka tidak akan memberikan efek apapun.

Lapangan Pekerjaan Lebih Luas

Manfaat menggunakan barang lokal lainnya adalah dapat meningkatkan adanya lapangan pekerjaan. Sebab semakin banyak produk yang dibeli tentu permintaan produknya juga akan mengalami peningkatan.

Untuk memenuhi permintaan kepada konsumen itulah maka produksi juga harus meningkatkan waktu sehingga para pekerja atau karyawan akan ditambahkan. Disinilah masyarakat lainnya juga akan terdorong buat membangun bisnis dalam upaya memenuhi permintaan pasar yang meningkat.

Mengurangi Angka Kriminalitas

Siapa sangka bahwa dengan menggunakan barang lokal ternyata mampu mengurangi angka kriminalitas di Indonesia. Hal tersebut sebagai akibat dari kesejahteraan dari masyarakat juga mengalami peningkatan.

Apabila masyarakat mempunyai kesejahteraan yang terjamin itulah maka secara tidak langsung bisa berdampak pada angka kriminalitas yang lebih rendah. Hal tersebut karena masyarakat bisa memenuhi kebutuhan mereka tanpa melakukan kriminalitas.

Keuntungan Menggunakan Produk Lokal

Selain manfaat diatas, ternyata juga masih terdapat sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan oleh para masyarakat jika memutuskan menggunakan produk lokal tersebut. Oleh karena itulah sebagai seorang WNI memang diharuskan buat menyadari hal tersebut.

Berikut ini beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dengan meningkatkan penggunaan barang-barang lokal.

Kesejahteraan Masyarakat Semakin Meningkat

Adanya kondisi ekonomi yang meningkat ternyata akan memberikan dampak terhadap bertambahnya lapangan pekerjaan bukan. Secara tidak langsung itulah akan membuat kesejahteraan dari masyarakat juga akan meningkat.

Sebab adanya pekerjaan atau peluang bisnis itulah bisa meningkatkan penghasilan dari masyarakat sebagai produsen ataupun konsumen. Itu tentu bisa menjadi salah satu cara buat mengurangi adanya kesenjangan sosial cukup drastis.

Mendapatkan Harga Yang Cenderung Murah

Dengan menggunakan produk dalam negeri itulah ternyata juga akan menghadirkan harga cenderung lebih murah dibandingkan dengan barang impor. Sebab barang impor sendiri akan dikenai tarif bea cukai, pajak impor bahkan dipengaruhi oleh kurs juga.

Oleh karena itulah maka harganya juga lebih tinggi dibandingkan dengan barang lokal. Oleh karena itulah dengan nilai tinggi dapat mengurangi minat masyarakat dalam membeli produk luar negeri.

Kualitas Kegiatan Ekonomi Dalam Negeri Lebih Bagus

Dengan adanya kegiatan ekonomi yang meningkat itulah ternyata juga mempunyai hubungan dengan peningkatan kualitas barang lokal. Kualitas barang bagus sekaligus regulasi ekonomi baik akan memberikan kesempatan peluang terbukanya ekspor ke luar negeri atau bahkan pasar internasional.

Dengan adanya kegiatan ekspor yang terbuka lebar itulah ternyata mampu meningkatkan devisa negara sehingga kondisi ekonomi negara juga akan mengalami peningkatan.

Ada beberapa keuntungan dimana dapat diperoleh seperti menunjang kegiatan perkembangan Pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur masyarakat.

Langkah Membuktikan Cinta Barang Lokal

Keuntungan Menggunakan Produk Lokal

Sudah tahu bukan bahwa dengan mencintai barang lokal itulah akan memberikan banyak keuntungan buat Anda ataupun masyarakat di Indonesia. Kendati demikian, tidak sedikit orang dimana masih belum paham bagaimana langkah membuktikan bahwa mencintai barang dalam negeri tersebut.

Padahal untuk memulainya sendiri ternyata tidaklah sulit seperti di bayangan. Berikut beberapa langkah dimana dapat Anda lakukan:

Mulailah Mengutamakan Produk Lokal Ketika Belanja

Banyak orang berpikir bahwa barang impor lebih murah dibandingkan dengan lokal ketika sedang berbelanja. Padahal anggapan tersebut belum tentu benar loh. Memang mungkin harganya lebih mahal sedikit tetapi itu sebanding dengan kualitas yang dihadirkan nantinya.

Mengajak Orang Lain Buat Menggunakannya

Selain mengutamakan diri sendiri buat membeli barang dari dalam saja, Anda juga tidak boleh lupa buat mengajak orang lain untuk menggunakannya juga. Sebab dengan mengajak mereka itulah akan memberikan dampak cukup besar terhadap UMKM.

Ikut Komunitas

Cara lainnya yang bisa diterapkan adalah dengan ikut suatu komunitas tertentu. Terutama sebuah komunitas dimana peduli dengan keberadaan para UMKM tersebut. Sebab nantinya promosi dari komunitas ternyata lebih luas.

Cara Mulai Mencintai Produk Indonesia Lainnya

Selain menerapkan langkah diatas, masih ada beberapa cara yang bisa diterapkan dalam upaya mencintai produk dalam negeri diantaranya adalah

  • Melakukan kegiatan promosi barang atau usaha yang dimiliki oleh para UMKM
  • Menggunakan barang dalam negeri untuk melakukan aktivitas sehari-hari

Ada strategi lainnya dimana dapat digunakan sebagai bukti mencintai produk lokal termasuk dengan menggunakan layanan resimu.net dimana adalah situs lokal buat mengecek resi. Sudah tahu manfaat menggunakan produk dalam negeri tersebut bukan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar