Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Definisi dan Fungsi Dari Layanan Pelanggan dengan Chatbot

Sebagai pebisnis di era serba digital seperti sekarang ini, maka anda juga harus mengetahui tentang Layanan Pelanggan dengan Chatbot. Apa itu layanan chatbot? Tentunya itu salah satu pertanyaan yang akan anda tanyakan terlebih lagi bagi anda yang baru mendengar layanan ini.

Nah bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang layanan pelanggan menggunakan Chatbot, seperti seputar cara kerja dan fungsinya, maka bisa langsung saja simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut ini.

Layanan Pelanggan dengan Chatbot

Apa itu Layanan Pelanggan dengan Chatbot

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika di era modern seperti sekarang ini memang para pebisnis harus menguasai berbagai ilmu termasuk tentang layanan pelanggan dengan Chatbot.

Apa itu layanan Chatbot? Chatbot sendiri merupakan tools yang akan membantu dalam pemasaran digital seperti sekarang ini. Nah, ini adalah program komputer dengan memanipulasi percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks atau pun keduanya. Chatbot juga disebut juga dengan nama chatterbot, talkbot, bot, dan sebagainya.

Pencipta Chatbot ini pun melibatkan teknologi artificial intelligence atau sering disebut dengan AI (Kecerdasan buatan), yang mana nantinya Chatbot akan merespon berbagai pertanyaan atau pun keinginan dari pelanggan atau penanya dengan natural, sesuai kata kunci yang dimasukan atau keadaan tertentu.

Saat ini sendiri layanan pelanggan Chatbot menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan dan bisa memaksimalkan layanan kepada para pelanggan.

Sehingga dengan pelayan ini maka penjualan dapat menjadi lebih praktis tanpa perlu membuang waktu dan sumber daya lebih banyak.

Karena hal inilah banyak pebisnis dan perusahaan baik dari tingkat menengah ke atas yang menggunakan Chatbot. Mungkin anda juga sering menemukan layanan pelanggan dengan Chatbot.

Misal anda membeli suatu produk di website resmi produsen produk tersebut. Biasanya di website akan ada layanan chat. Silakan gunakan layanan chat tersedia untuk menanyakan hal yang diinginkan, misal menanyakan bagaimana cara pesan.

Nantinya akan otomatis dijawab cara melakukan pemesanan. Tapi perlu diketahui jika layanan ini adalah bot alias dijawab secara otomatis oleh mesin komputer. Jadi layanan ini hanya akan merespon pertanyaan sesuai setting atau pengaturan yang diberikan ke tool Chatbot tersebut.

Sehingga jika menanyakan hal yang lebih kompleks akan sulit mendapatkan jawaban yang memuaskan, inilah keterbatasan dari layanan pelanggan menggunakan Chatbot. Jadi keperluan untuk layanan yang lebih kompleks memang harus diselesaikan oleh manusia, seperti untuk komplain produk dan sebagainya.

Cara Kerja Chatbot

Agar makin mengetahui tentang apa itu layanan Chatbot? Maka anda harus ketahui juga tentang cara kerja atau layanan pelanggan. Bagaimana cara kerja chatbot?

Jadi secara gambaran umum cara kerjanya, Chatbot adalah layanan yang mengandalkan kata kunci (keyword) yang sudah tertanam atau sesuai pengaturan yang diberikan pada sistem.

Sehingga saat layanan pelanggan dengan Chatbot memperoleh pertanyaan dari pengguna atau pelanggan, maka secara otomatis chatbot atau bot tersebut akan memberikan jawaban yang memang paling sesuai dengan keyword pertanyaan yang diajukan.

Nah, biasanya secara otomatis pembuatan chatbot akan memberikan kata kunci yang bisa ditanyakan, sehingga anda bisa langsung saja klik kata kunci yang sesuai dengan pertanyaan ingin diajukan agar cepat mendapatkan jawaban.

Seperti dijelaskan jika bot memiliki keterbatasan, sehingga hanya diberikan kata kunci yang paling sering ditanyakan atau kata kunci yang mudah dijawab, sehingga akan memudahkan pelanggan yang dalam membeli produk atau jasa.

Menariknya layanan ini pun bisa digunakan 24 jam non stop, jadi pelanggan bisa bertanya dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut dengan lebih cepat. Ini juga sangat membantu pemilik bisnis sebab bisa hemat waktu dan tenaga.

Fungsi Layanan Pelanggan Dengan Chatbot

Layanan Chatbot untuk pelanggan

Chatbot tak hanya memiliki kelebihan dalam menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan bisa digunakan 24 jam, tapi ada juga fungsi dari chatbot lainnya yang pastinya perlu sekali untuk diketahui anda sebagai seorang pebisnis.

Apa saja fungsi chatbot? Adapun manfaatnya dalam peningkatan layanan untuk pelanggan dan digital marketing dari chatbot adalah sebagai berikut ini.

1. Asisten Belanja Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, kebanyakan orang lebih memilih untuk melakukan kegiatan belanja online atau e-commerce.

Nah, chatbot sendiri bisa berfungsi layaknya salesman yang mampu memperkenalkan produk kepada calon penjual, mencarikan produk yang diinginkan, mencatat pesanan pelanggan, dan sebagainya.

Dengan demikian dengan layanan pelanggan dengan chatbot maka akan menarik perhatian pelanggan sebeb layanannya yang cepat dan memberikan layanan berbelanja yang baru terhadap para pelanggan. Anda juga bisa menghemat biaya operasional perusahaan.

2. Layanan Informasi dari Sebuah Produk dan Brand

Selanjutnya adalah tool bot ini dapat menjadi salah satu perantara antara pelanggan dengan penyediaan produk, sebab Chatbot yang dirancang sedemikian rupa bisa memberikan jawaban yang tepat atas pertanyaan yang diberikan oleh calon pembeli.

Dengan demikian, memang tool ini mampu mengambil sebagian pekerjaan dari seorang customer service. Dengan jawaban yang diberikan maka pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar brand atau produk.

Jika dulu dengan tenaga customer servis yang terbatas, maka para pelanggan harus mengantri untuk bertanya seputar produk yang akan dibeli. Tapi dengan Chatbot, pelanggan bisa langsung bertanya tanpa harus mengantri.

Sehingga di era sekarang ini, biasanya customer service hanya melayani masalah komplain dari pelanggan saja.

3. Untuk Meningkatkan Brand Image

Fungsi yang perlu anda ketahui lainnya adalah bahwa bahasa dari Chatbot bisa dimodifikasi sesuai kepentingan seperti disesuaikan dengan bahasa tertentu di berbagai negara dan hal yang sedang trend, lalu dapat juga disesuaikan dengan media sosial yang digunakan.

Dengan demikian maka bisnis anda yang memiliki layanan Chatbot yang disambungkan dengan Chatbot, tentunya akan membuat bisnis makin dikenal dan bisa meningkatkan brand image yang lebih bagus serta modern kepada para calon pelanggan.

4. Alat Riset Pasar

Sebagai pengusaha atau pebisnis riset pasar memang sangat diperlukan. Riset pasar bisa menjadi cara untuk mengetahui hal yang sedang trend dan kebutuhan dari pelanggan, sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Layanan pelanggan dengan chatbot bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan riset pasar, sebab layanan ini bisa mengumpulkan berbagai informasi dari pelanggan, seperti hal yang banyak dicari oleh pelanggan dan sebagainya.

Itulah beberapa fungsi chatbot. Sekarang anda sudah mengetahui tentang definisi, cara kerja, dan fungsi chatbot. Tentunya ini membuat anda tertarik untuk menggunakan tool chatbot ini. Memang di era digital seperti sekarang ini, layanan Chatbot sangat diperlukan.

Apapun usaha yang anda jalankan, maka memang perlu untuk menggunakan tool chatbot. Tenang saja sekarang ini ada banyak jasa untuk membuat layanan pelanggan chatbot, sehingga memudahkan anda dalam membuat bot untuk layanan modern kepada pelanggan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar