Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Kiat Sukses Bisnis Celana Online Untuk Pemula

Menjalankan bisnis pakaian seperti bisnis celana online memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan sebuah persiapan yang matang agar usaha bisa dikenal oleh masyarakat secara umum.

Hal itu karena memang berjualan online saat ini bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja. Jadi, secara otomatis pesaing dari bisnis celana tersebut mempunyai tingkat persaingan yang cukup sengit.

Nah, agar Anda tetap dapat menjalankan bisnis celana secara online dengan lancar, dibutuhkan cara ampuh. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menjalankan usaha celana online.

bisnis celana online

Cara Menjalankan Bisnis Celana Online

Untuk memulai berjualan celana secara online tentu mudah dilakukan oleh siapa saja. Namun, agar dapat bertahan dan sukses dalam bidang tersebut dibutuhkan cara dan strategi yang tepat seperti berikut ini.

1. Menciptakan Brand yang Kuat

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam bisnis celana online ini adalah ciptakanlah branding produk yang kuat. Pasalnya, brand yang kuat merupakan sebuah kunci kesuksesan dalam menjalankan usaha di bidang pakaian.

Dengan mempunyai brand yang kuat, bisnis Anda tentu dapat lebih mudah bersaing menghadapi para kompetitor. Dalam proses branding ini, Anda dapat menargetkan ke beberapa jenis kalangan saja terlebih dahulu.

Misalkan saja Anda dapat menetapkan target pasar untuk para remaja, dewasa, ataupun anak-anak. Hal yang paling penting dalam penargetan tersebut adalah produk Anda konsisten pada target tersebut.

Selain itu, agar lebih menarik perhatian para pembeli, Anda juga harus mempunyai pilihan celana yang beragam. Pilihan model yang banyak dan menarik bisa menjadi salah satu kelebihan toko Anda dibandingkan para pesaing lainnya.

2. Menjual Celana Berkualitas

Pada saat Anda mencari celana, pastinya kualitas yang ditawarkan juga berbeda-beda. Namun, pada dasarnya para pelanggan pastinya mencari jenis produk celana yang mempunyai kualitas bagus.

Oleh karena itu, jika ingin bisnis celana online Anda dapat sukses, maka usahakan untuk selalu menawarkan produk dengan kualitas yang baik kepada pembeli. Kualitas celana tersebut bisa dilihat dari kualitas bahan ataupun teknik jahit yang digunakan.

Namun, terlepas dari hal tersebut pada dasarnya para pembeli mencari produk yang bisa dengan nyaman digunakan. Oleh karena itu, pilihlah jenis bahan celana yang terbuat dari bahan yang nyaman untuk digunakan di Indonesia.

3. Desain Celana

Hal penting yang harus diperhatikan saat menjalankan bisnis celana online adalah masalah desain. Apabila membahas tentang pakaian seperti baju dan celana, desain menjadi salah satu faktor alasan mengapa orang mau membelinya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda membuat celana dengan desain kekinian yang menarik. Untuk mencari tahu tentang desain tersebut, bisa mencari tren fashion yang sedang hype di sosial media.

Selain itu, tidak ada salahnya juga jika Anda mencoba untuk mencari inspirasi dari para kompetitor lain. Namun, meskipun melihat inspirasi dari toko lainnya, Anda tetap harus menonjolkan kekhasan dari brand yang dimiliki.

Cara lain yang bisa dilakukan dalam mencari desain celana terbaik untuk toko Anda adalah dengan membeli desain dari para profesional. Langkah ini dapat dipilih apabila memang modal yang dimiliki cukup besar.

Pasalnya, untuk membayar seorang desainer tentu biayanya tidak sedikit. Namun, jika memang bisnis celana online Anda dananya terbatas, maka bisa coba untuk belajar membuat desainnya sendiri.

5. Membuat Mockup dan Desain Katalog

Pada saat berjualan online, pastinya para calon pembeli akan melihat produk Anda melalui katalog. Nah, untuk itu, agar jualan celana Anda bisa laris, maka buatlah desain katalog yang menarik dan berkualitas.

Untuk menciptakan sebuah katalog yang menarik, tentunya terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Salah satu yang cukup penting adalah pemilihan model untuk katalog produk Anda.

Pastikanlah bahwa model yang digunakan memang mempunyai tampilan visual yang bagus sehingga saat menampilkan produk akan terlihat pas. Selain model, proses editing katalog juga sangat penting agar hasilnya menarik saat ditampilkan di toko.

Sementara untuk mockup desain yang digunakan, Anda dapat membuatnya menggunakan template ataupun melalui software photoshop. Lakukan pemilihan desain mockup tersebut dengan baik agar hasilnya bisa menarik perhatian dari pembeli.

6. Membuat Toko

Persiapan berikutnya untuk memulai bisnis celana online adalah dengan membuat toko online. Dalam hal ini, Anda perlu untuk membuat website official dari brand celana Anda dan juga toko online di media sosial.

Khusus untuk website official brand celana, ini sangat penting untuk membuktikan ke calon pembeli bahwa toko Anda sudah profesional. Sementara untuk akun sosial media, bisa digunakan untuk memudahkan dalam promosi produk dan branding.

Selain itu, Anda juga dapat membuat toko di e-commerce yang ada. Cara ini juga sangatlah mudah dan ekonomis karena tidak membutuhkan biaya dalam proses pembuatan toko online tersebut.

Hal yang penting diperhatikan dalam pembuatan toko ini adalah jangan lupa untuk memberikan deskripsi yang lengkap dan jelas. Dengan begitu, hanya dengan melihat deskripsi tersebut, pembeli dapat dengan mudah memahami produk yang Anda jual.

7. Upload Produk

Setelah berhasil membuat toko online sendiri dengan baik, selanjutnya Anda dapat mulai melakukan upload produk celana. Untuk upload produk tersebut gunakanlah foto produk yang menarik dan juga punya deskripsi yang jelas.

Pemberian deskripsi produk yang jelas dan lengkap dapat memudahkan para konsumen untuk mengetahui produk celana yang ditawarkan. Selain itu, untuk foto produknya juga usahakan dibuat yang jujur agar konsumen tidak merasa ditipu.

Dalam memberikan paparan deskripsi produk pada bisnis celana online Anda, gunakanlah bahasa singkat, namun dapat menjelaskan produk dengan baik. Anda bisa mencantumkan poin-poin seperti nama produk, ukuran, warna, bahan, hingga jasa ekspedisi yang bisa digunakan.

Untuk lebih menarik perhatian calon pembeli, bisa juga ditambahkan deskripsi tentang diskon atau promosi toko. Misalkan saja, saat pembelian produk yang dilakukan lebih dari 10, maka harga yang dibayarkan mendapatkan potongan harga tertentu.

8. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pembeli

Aspek penting lain dalam menjalankan bisnis celana online adalah selalu berikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Hal ini merupakan hal sangat penting agar para pembeli nyaman saat mengunjungi toko Anda.

Pelayanan bisa diberikan dengan cara membalas chat dengan cepat, gunakan bahasa yang ramah, serta berikan penjelasan yang baik saat konsumen bertanya. Selain itu, berikan juga solusi yang baik saat ada konsumen yang komplain ke Anda.

Dengan selalu menjaga kepuasan dari pelanggan, tentunya toko online Anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan. Apalagi jika memang barang yang dijual pada toko juga berkualitas, pasti toko online Anda akan cepat berkembang.

Itulah tadi cara menjalankan bisnis celana online yang wajib diketahui dan diterapkan pada toko Anda. Berbekal informasi di atas, semoga dapat memudahkan Anda dalam memulai usaha celana online sehingga bisa berkembang sampai sukses.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar