Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

6 Keuntungan Membuka Toko Online dan Langkah Memulainya

Dibandingkan secara offline, nyatanya ada banyak keuntungan membuka toko online terutama di era teknologi seperti saat ini. Inilah sebabnya kenapa Anda perlu segera membuat online shop sekarang juga.

Seperti kita ketahui pengguna internet saat ini sudah mencapai ratusan juta. Bahkan, hampir setiap orang yang memiliki gadget dipastikan menggunakan internet, salah satunya adalah untuk berbelanja.

Oleh karena itu membuat toko online akan membuat Anda bisa mendapatkan banyak pembeli dibandingkan menjalankan bisnis secara konvensional yang justru malah akan memakan waktu dan tenaga.

6 Keuntungan Membuka Toko Online dan Langkah Memulainya

Keuntungan Membuka Toko Online

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika mulai membuat toko online sekarang juga. Setelah memahaminya, pertimbangkan apakah hal tersebut benar-benar dibutuhkan saat ini.

1. Kemudahan transaksi

Keuntungan membuka toko online yang pertama adalah kemudahan dalam hal transaksi. Dari sudut pandang pembeli, tentu berbelanja secara online jauh lebih mudah karena bisa dilakukan hanya melalui ponsel tanpa harus datang ke toko.

Hal ini membuat aktivitas belanja meningkat drastis dan akan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan oleh para pemilik online shop. Apalagi saat ini banyak sekali metode pembayaran bisa digunakan seperti dompet digital, transfer bank, atau melalui minimarket.

Bandingkan jika menggunakan sistem transaksi konvensional. Pembeli harus datang ke toko yang mungkin saja jaraknya cukup jauh sehingga kemungkinan akan terjebak macet jika berada di kota-kota besar.

Dari sudut pandang penjual, Anda akan lebih mudah menerima transaksi karena biasanya akan muncul notifikasi ketika ada pesanan. Anda bisa melakukan aktivitas seperti biasa ketika tidak ada orderan, berbeda dengan sistem offline di mana toko harus selalu ditunggu selama jam buka.

2. Mudah mengelola banyak pesanan

Berikutnya, keuntungan membuka toko online adalah mendapatkan kemudahan dalam mengelola banyak pesanan. Semua proses rekap sudah dilakukan oleh sistem sehingga Anda hanya perlu memproses sesuai data tersebut.

Sebagai contoh, Anda mendapatkan pesanan berbagai macam produk dalam satu waktu. Ketika itu terjadi, sistem akan membuat rekapan data mulai dari nama produk yang dipesan, varian, beserta kuantitasnya.

Cara ini akan membuat kegiatan Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Bahkan, jika dalam satu hari terdapat banyak orderan pun tidak akan menjadi masalah karena data yang masuk sudah tersusun secara rapi.

3. After sales yang mudah

Salah satu keuntungan membuka toko online adalah Anda akan lebih mudah memberikan layanan after sales. Hal ini memang sulit jika berjualan secara offline karena penjual tidak bisa mendapatkan data pembeli dan menghubungi kembali.

Ketika menggunakan toko online, Anda bisa berkomunikasi melalui WhatsApp dan saling menyimpan nomor untuk melakukan follow up pemesanan. Ketika sudah saling menyimpan, maka Anda bisa melakukan after sales atau upselling produk lainnya.

Biasanya upselling dilakukan melalui update status terkait produk-produk yang baru rilis atau sedang promo. Karena sudah saling menyimpan, tentu pembeli tadi akan melihat status tersebut dan kemungkinan akan melakukan pembelian jika pelayanan Anda memang bagus.

4. Hemat waktu dan biaya

Bayangkan jika Anda harus mencetak ribuan brosur dan menyebarkan ke ribuan orang di seluruh Indonesia, pasti akan sangat menguras waktu dan biaya bukan? Inilah salah satu keuntungan membuka toko online yang cukup menarik.

Seluruh aktivitas promosi bisa dilakukan secara digital. Jadi, Anda hanya perlu membuat desain brosur lalu membagikannya ke sosial media tanpa harus mengeluarkan uang untuk mencetaknya.

Selain menghemat biaya, jangkauan promosi secara online juga lebih luas, yakni bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan ke negara lain. Akan tetapi, Anda harus memiliki banyak pengikut di sosial media sebelum melakukan ini.

Apabila ingin meraih hasil yang cepat, Anda bisa memanfaatkan Instagram atau TikTok karena saat ini pertumbuhan penggunanya sangat luar biasa. Produk Anda bisa dilihat ribuan orang hanya dalam waktu beberapa hari saja tanpa biaya apapun.

5. Tidak perlu sewa toko

Keuntungan membuka toko online yang berikutnya adalah Anda tidak perlu menyewa ruko atau toko untuk mulai berjualan. Seperti kita ketahui, biaya sewa toko memang cukup besar dan itu saja perlu beberapa tahun agar bisa balik modal.

Akan tetapi, untuk membuat toko online Anda tidak membutuhkan biaya apapun. Bahkan, Anda juga tidak perlu melakukan stok barang jika menggunakan sistem dropship.

Jadi, tak heran jika saat ini banyak sekali toko online mulai bermunculan dengan berbagai macam produk yang dijual. Salah satu alasan paling kuat adalah hal tersebut sehingga tidak ada alasan lagi tidak segera mulai berbisnis karena terkendala modal biaya.

6. Beroperasi 24 jam

Satu lagi keuntungan membuka toko online, yakni bisa beroperasi selama 24 jam meskipun Anda sedang tidur. Namun, hal tersebut baru bisa dilakukan ketika semua sistem sudah diatur sedemikian rupa.

Untuk mencapai hal tersebut, setidaknya Anda membutuhkan website toko online dengan sistem pemesanan otomatis. Jadi, ketika ada orang membeli produk, maka data tersebut akan diproses otomatis mulai dari nominal yang harus dibayarkan sampai ke pemilihan ekspedisi pengiriman.

Apabila berjualan menggunakan sistem dropship atau affiliate, hal ini bisa menjadi salah satu sumber passive income karena Anda hanya perlu memasang sistem dan uang akan otomatis masuk ketika ada pembeli.

Akan tetapi, jika Anda masih menjadi reseller atau memproduksi sendiri, setidaknya Anda membutuhkan bantuan tim untuk proses pengemasan dan pengiriman barang. Meski begitu, toko online tetap bisa diakses selama 24 jam non stop dan ini akan menjadi keuntungan tersendiri.

Hal tersebut sangat berbeda dibandingkan toko offline di mana Anda tidak bisa membuka setiap saat. Ada kalanya toko harus ditutup seperti di malam hari karena harus beristirahat atau ada keperluan lain.

Keuntungan jika toko beroperasi 24 jam adalah calon pembeli Anda bisa mengakses produk kapan saja meskipun tengah malah sekalipun. Jadi, membuat toko online adalah investasi yang sangat berharga saat ini.

Langkah-Langkah Membuat Toko Online

Setelah mengetahui keuntungan membuka toko online di atas, mungkin Anda sudah tidak sabar untuk segera membuatnya. Oleh karena itu, silakan perhatikan gambaran besar tahapan pembuatan toko online berikut.

  • Tentukan niche produk
  • Beli domain dan hosting
  • Membuat website toko online
  • Mengisi website dengan konten dan katalog produk
  • Membagikan link website ke media sosial
  • Melakukan otomatisasi pemesanan
  • Memasarkan produk di berbagai channel dan diarahkan ke website untuk pembelian

Satu hal yang perlu diperhatikan, untuk membuat website toko online Anda membutuhkan sedikit modal untuk pembelian hosting dan domain. Akan tetapi, angka tersebut jauh lebih murah dibandingkan Anda harus menyewa toko atau ruko.

Jadi, itulah beberapa keuntungan membuka toko online dan langkah-langkah untuk memulainya. Mengingat banyak sekali hal bisa didapatkan, sepertinya toko online sangat wajib dimiliki bagi siapa saja yang sedang berbisnis online.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar