Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Kelebihan Tokopedia untuk Jualan, Seller Pemula Wajib Tahu

Marketplace menjadi salah satu platform dimana dapat membantu pebisnis yang ingin berjualan online, contohnya Tokopedia. Pasalnya kelebihan Tokopedia untuk jualan sangat beragam terlebih bagi para pegiat UMKM.

Bisnis online yang mulai menjamur di masa pandemi membuat pengusaha berbondong-bondong beralih ke media online seperti martketplace, karena dinilai lebih menjanjikan dan mampu menghasilkan lebih banyak cuan.

Namun tak jarang mereka bingung memilih platform terbaik untuk berjualan online, mengingat banyak marketplace di Indonesia yang menawarkan fitur dan kelebihannya masing-masing. Ulasan berikut membahas kelebihan Tokopedia yang wajib diketahui.

Kelebihan Tokopedia untuk jualan

Sekilas Tentang Tokopedia

Menjadi martketplace pertama yang di Indonesia, Tokopedia diluncurkan pada tahun 2009 dan sukses menjadi perintis marketplace dan e-commerce lainnya. Tokopedia menjadi platform jual beli terkenal yang dipercaya masyarakat berkat promosinya yang menjangkau seluruh kalangan.

Selain itu fitur yang ada di e-commerce ini pun cukup beragam dan mampu memenuhi kebutuhan seller maupun buyer, sebut saja fitur jual beli, bayar tagihan, top up pulsa, cicilan, official store, dan masih banyak lagi.

Mulai Jualan di Tokopedia

Sebelum membahas kelebihan Tokopedia untuk jualan, ketahui dulu bagaimana cara mulai berjualan di marketplace populer yang banyak digunakan masyarakat ini. Berikut langkah-langkah membuka toko :

Buat Akun

Sebelum membuat akun yang digunakan untuk jualan, seller diminta untuk membuat akun pembeli terlebih dahulu. Jika belum memiliki aplikasi Tokopedia, unduh di Play Store atau App Store.

  • Download aplikasi Tokopedia di Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi, klik Gabung Sekarang.
  • Klik Daftar untuk melanjutkan membuat akun sebagai pembeli.
  • Masukkan email serta nomor ponsel, klik Daftar.
  • Nantinya Anda akan diberikan kode verifikasi, masukkan kode tersebut untuk mengaktifkan akun pembeli.
  • Isi nama lengkap sesuai KTP, klik Lanjut.
  • Setelah akun pembeli jadi, selanjutnya Anda bisa membuat toko online. Buka aplikasi, di kolom pencarian ketik Buka Toko.
  • Klik pada opsi Buka Toko Gratis.
  • Anda akan diarahkan ke halaman buka toko. Siapkan data yang diperlukan untuk menjadi seller.
  • Ketik nama toko, pastikan nama toko telah ditentukan karena nantinya tidak dapat diubah.
  • Isi domain toko sebagai link toko di Tokopedia.
  • Isi survey singkat.
  • Masukkan alamat toko dengan lengkap dan benar.
  • Klik Simpan.

Menambahkan Produk ke Etalase Toko

  • Buka halaman toko, pilih menu Produk.
  • Klik opsi Tambah Produk.
  • Isi informasi produk, pastikan telah memilih etalase.
  • Tentukan status produk, lalu klik Simpan atau Simpan & Tambah Baru.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada tahapan membuka toko adalah memilih nama toko yang sesuai dengan bisnis, dimana dapat mencerminkan bisnis dengan baik. Pastikan nama toko yang dipilih belum diambil oleh orang lain.

Selain itu kelebihan Tokopedia untuk jualan lainnya adalah domain toko, karena domain secara otomatis menjadi milik toko Anda dan tidak akan dimiliki oleh toko lainnya. Sehingga pemilihan nama domain menjadi awal penting dalam membuat toko.

Kelebihan Tokopedia untuk Jualan

Sebagai salah satu raksasa marketplace, kelebihan Tokopedia untuk jualan pasti beragam dan tak hanya menguntungkan para seller namun juga buyer. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Proses Mudah

Penjual akan diberikan keuntungan berupa kemudahan proses, mulai dari pendaftaran hingga nantinya menerima orderan dari pembeli. Pasalnya seluruh tahapan pendaftaran dapat dilakukan secara online, tanpa perlu datang langsung ke kantor.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya proses pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi atau situs web, dan seller hanya perlu mempersiapkan data yang diperlukan guna mendaftarkan toko online-nya di marketplace ini.

Selain itu Tokopedia juga memberikan kemudahan lain untuk penjual yakni pusat edukasi seller, dimana penjual dapat mencari informasi atau bertanya terkait bisnis online di Tokopedia.

Tidak Dikenakan Biaya

Kelebihan Tokopedia untuk jualan lainnya adalah penjual tidak dikenakan biaya pendaftaran, karena proses pendaftarannya bisa dilakukan melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store.

Selain itu penjual juga tidak dikenakan biaya deposito, hasil penjualan pun akan sepenuhnya menjadi pemilik toko online. Sehingga penjual tak perlu khawatir membayar sejumlah biaya lain-lain.

Praktis dan Efisien

Tokopedia memiliki fitur canggih yang dapat bekerja secara otomatis, karena penjual tidak perlu repot mengecek secara manual sehingga lebih praktis dan efisien. Contohnya fitur perhitungan ongkos kirim serta verifikasi pembayaran.

Melalui fitur perhitungan ongkos kirim otomatis, penjual tidak perlu repot menghitung biaya pengiriman satu persatu dari setiap pesanan yang masuk. Hal ini terjadi karena sistem Tokopedia telah terhubung langsung dengan kurir pilihan penjual dan pembeli.

Selain itu fitur verifikasi pembayaran berfungsi agar penjual tidak perlu mengecek uang masuk ke rekening secara berkala. Pasalnya pesanan hanya diterima apabila pembayaran telah dilakukan oleh pembeli dan sudah terverifikasi sistem Tokopedia.

Pemasaran Gratis

Pemasaran gratis juga menjadi salah satu kelebihan Tokopedia untuk jualan, karena penjual tidak perlu repot memikirkan anggaran guna keperluan biaya promosi agar toko online banyak dilirik dan laris manis diserbu pembeli.

Pasalnya Tokopedia sendiri kerap melakukan promosi besar-besaran di berbagai media, sebut saja media sosial, televisi, hingga menyewa papan reklame atau billboard di pinggir jalan kota.

Terpercaya

Karena Tokopedia telah populer di kalangan masyarakat dari semua kalangan, tak heran jika pembeli akan lebih percaya ketika berbelanja di toko online yang terdaftar di marketplace besar.

Selain itu melalui rekening bersama, penjual tak perlu khawatir dicurigai pembeli meskipun baru membuka bisnis online. Tokopedia juga diklaim menjadi platform bagi jutaan pebisnis UMKM yang ingin mengembangkan usahanya dan memperkenalkannya ke khalayak luas.

Memiliki Banyak Pengunjung

Kelebihan Tokopedia untuk jualan selanjutnya adalah memiliki jutaan pengunjung. Dengan jumlah pengunjung yang berjumlah hingga jutaan tersebut, potensi pembelian di toko online Anda pun akan semakin meningkat.

Upgrade Toko Mudah

Memiliki toko online di e-commerce dan mendapatkan lencana tinggi tentu menjadi suatu keuntungan tersendiri, karena calon pembeli akan lebih yakin dan percaya ketika ingin berbelanja di toko tersebut. Di Tokopedia, lencana tersebut disebut Power Merchant.

Ketika ingin meng-upgrade toko menjadi Power Merchant Tokopedia caranya sangat mudah, karena seller hanya perlu verifikasi toko dengan mengunggah KTP serta memiliki skor performa di atas 75 poin.

Kekurangan Tokopedia untuk Jualan

Mulai jualan di Tokopedia

Meskipun kelebihan Tokopedia untuk jualan terbilang cukup banyak, namun marketplace ini juga memiliki kekurangan sama seperti platform jual beli lain pada umumnya. Apa saja kekurangannya?

Persaingan Ketat

Karena memiliki popularitas tinggi di kalangan masyarakat, terdapat ratusan toko online yang juga menggelar lapaknya di marketplace ini. Hal tersebut pun membuat persaingan antar penjual menjadi semakin ketat, karena banyaknya barang sejenis yang dipasarkan.

Perlu Memiliki Banyak Stok dan Variasi Produk

Karena banyaknya penjual yang ada di platform jual beli online ini maka penjual perlu memutar otak agar pembeli tertarik dengan toko online miliknya, salah satunya dengan memiliki banyak stok dan variasi produk di etalase toko.

Itulah kelebihan Tokopedia untuk jualan dibandingkan dengan marketplace lainnya yang juga banyak digunakan seller dalam memasarkan produknya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar