Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Kelebihan Jualan Baju Online dan Tips Mendapatkan Banyak Pembeli

Beberapa hal perlu diperhatikan ketika ingin jualan baju online mulai dari persiapan modal, branding, hingga marketing. Pasalnya Anda akan bersaing dengan ribuan penjual lainnya yang sudah lebih dulu terjun di dalamnya.

Namun jangan khawatir karena semuanya akan dibahas secara lengkap pada artikel kali ini. Anda hanya cukup mempelajari dan langsung menerapkannya agar segera mendapat hasil maksimal.

Meski begitu tentu hasilnya tidak akan bisa langsung dirasakan, terutama jika masih pemula. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 6 bulan jika benar-benar memulai dari nol.

jualan baju online

Kenapa Jualan Baju Online Sangat Menguntungkan?

Ada beberapa alasan yang membuat bisnis ini cenderung lebih menguntungkan dibandingkan lainnya. Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa keuntungannya.

  • Target pasar yang luas
  • Permintaan selalu ada
  • Mudah dijalankan
  • Tidak membutuhkan modal besar (untuk sistem dropship)
  • Evergreen
  • Supplier atau produsen mudah dicari

Untuk pembahasan lebih lengkap, Anda bisa menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

1. Memiliki target pasar luas

Baju merupakan satu dari tiga kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Artinya jika Anda jualan baju online tidak perlu khawatir mengenai masalah apakah target pasar benar-benar ada atau tidak.

Pasalnya, selama memiliki kualitas yang bagus, target pasar akan selalu ada dan sangat luas dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain itu, peminat dari berbagai latar belakang seperti tempat tinggal, kepercayaan, dan hobi juga sangat banyak.

Karena begitu luas target pasar, Anda sangat disarankan untuk memilih niche yang lebih spesifik ketika memulai apakah fokus ke baju pria, baju wanita, baju anak, baju muslim, dan lain-lain. Silakan pertimbangkan sesuai minat Anda.

2. Tidak membutuhkan modal besar

Saat ini, Anda bisa jualan baju online menggunakan sistem dropship, yakni tanpa harus memiliki stok barang. Anda hanya perlu mempromosikan produk dari supplier tertentu dan menerima sejumlah komisi ketika terjadi penjualan.

Jadi, hanya bermodalkan kuota internet dan ponsel saja sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis ini. Satu-satunya yang perlu menjadi bahan pertimbangan adalah melakukan marketing dengan cara yang tepat.

3. Supplier mudah dicari

Mengenai penyedia produk atau supplier tidak perlu dikhawatirkan lagi. Ada banyak sekali yang membuka peluang menjadi reseller atau dropship dengan kualitas yang baik.

Bahkan, beberapa supplier tersebut sudah menyediakan marketing kit lengkap seperti foto produk terbaik, kalimat promosi, dan banner-banner tertentu. Dengan demikian, tugas Anda sangat sederhana, yakni memposting bahan-bahan tersebut.

Tips Jualan Baju Online Agar Mendapatkan Banyak Pembeli

Karena pasarnya sangat luas, maka persaingan ketika menjalankan bisnis ini tentu juga sangat ketat. Oleh sebab itu, silakan lakukan beberapa tips berikut ini agar lebih mempermudah mendapatkan banyak pembeli.

1. Branding

Hal pertama yang wajib dilakukan ketika jualan baju online adalah melakukan branding. Branding sangat penting karena akan menjadi fondasi untuk langkah-langkah berikutnya.

Seperti kita ketahui, ada banyak sekali penjual baju online di luar sana. Jadi, Anda perlu memiliki satu identitas khusus yang membedakan dengan mereka agar pembeli memilih membeli di tempat Anda.

Untuk melakukan branding memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun bukan mustahil untuk dilakukan. Semakin spesifik niche baju yang dipilih akan memudahkan Anda dalam membentuk branding.

2. Memilih niche spesifik

Terkait dengan poin sebelumnya, pemilihan niche yang spesifik akan membantu Anda melakukan branding menjadi lebih mudah. Pilihlah satu niche fashion paling sesuai dengan minat agar nantinya lebih nyaman dalam menjalankan.

Beberapa niche spesifik yang bisa dipilih antara lain baju pria dewasa, baju wanita dewasa, baju wanita remaja, hijab, baju muslim pria, baju anak-anak, atau baju komunitas. Setiap niche pasti memiliki calon pembeli sehingga tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Ketika sudah menentukan niche tersebut, maka Anda akan jauh lebih mudah dalam membuat konten, melakukan branding, marketing, dan lain-lain. Sebagai contoh, Anda memilih untuk jualan baju online khusus baju muslim pria.

Dalam kasus tersebut, orang yang sedang mencari baju muslim pria akan lebih memilih toko Anda dibandingkan toko lain yang menjual berbagai macam jenis baju. Hal tersebut karena timbul perspektif bahwa toko online Anda memang spesialis di bidang tersebut sehingga kualitas dinilai lebih baik.

3. Perhatikan kualitas

Tips jualan baju online berikutnya adalah mengutamakan kualitas. Salah satu kelebihan ketika berjualan baju adalah ketika pembeli puas, maka kemungkinan besar repeat order akan terjadi sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing mencari pembeli lagi.

Namun, untuk mendapatkan hal itu, Anda perlu benar-benar fokus pada kualitas produk seperti ketahanan, kenyamanan, pilihan warna, dan sebagainya. Tidak masalah jika membutuhkan modal lebih besar karena harga jual masih bisa ditingkatkan dan tetap mendapatkan banyak pembeli.

Jika Anda menggunakan sistem reseller atau dropship, pilihlah supplier sudah terbukti memiliki produk berkualitas. Akan lebih baik jika Anda membeli beberapa potong terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan.

Apabila ketika barang tersebut sampai dan kualitasnya memang baik, maka Anda bisa melanjutkan berjualan. Namun, jika hasilnya sebaliknya, cobalah untuk mencari supplier lain karena jika tetap dipilih kenyamanan customer Anda akan terancam.

4. Desain yang menarik

Selain kualitas bahan, desain yang menarik akan membuat jualan baju online menjadi lebih mudah. Jika Anda memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka itu bisa menjadi nilai plus tersendiri.

Akan tetapi, jika memang tidak memiliki kemampuan desain, ada beberapa alternatif cara bisa dilakukan. Pertama adalah merekrut orang yang mahir di bidang tersebut.

Sebagai konsekuensi, Anda harus membayar gaji per bulan kepada mereka. Apabila merasa keberatan, cara kedua bisa dilakukan, yakni menggunakan jasa desain grafis.

Menggunakan jasa desain grafis akan lebih menghemat biaya karena Anda hanya perlu membayar per proyek saja, bukan bulanan. Jadi, selama proyek tersebut sudah selesai, permasalahan biaya desain sudah tidak perlu dipikirkan lagi.

Alternatif lainnya jika benar-benar tidak memiliki dana karena baru merintis adalah melakukan sistem bagi hasil. Mintalah jasa freelance desainer dan tawarkan kerja sama untuk mendesain baju.

Apabila terjadi penjualan baju tersebut, berikan komisi dengan porsi besar antara 40% hingga 60%. Tidak masalah jika Anda tidak memperoleh keuntungan besar asalkan masih mendapatkan profit atas pembagian komisi tersebut.

5. Manfaatkan media sosial

Terakhir, jika Anda ingin ramai dalam jualan baju online, maksimalkan sosial media sebagai alat promosi. Buatlah konten-konten menarik seputar fashion secara rutin hingga mendapatkan banyak pengikut.

Setelah pengikut mulai banyak, Anda bisa mulai sedikit demi sedikit memperkenalkan dan menawarkan produk kepada audiens. Mengenai sosial media yang digunakan, untuk saat ini Instagram dan TikTok adalah pilihan paling tepat untuk jualan baju.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa jualan baju online sebenarnya sangat mudah dilakukan bahkan tanpa perlu modal besar. Akan tetapi, kemampuan untuk branding dan marketing yang akan menentukan siapa yang mendapatkan lebih banyak pembeli.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar