Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

5 Kelebihan Belanja di Online Shop Selain Praktis

Belanja menjadi kegiatan yang diperlukan manusia guna memenuhi beragam kebutuhannya, mulai dari primer hingga tersier. Kelebihan belanja di online shop pun lebih banyak dibandingkan dengan membeli kebutuhan di toko offline.

Sebelum teknologi berkembang secanggih saat ini, aktivitas belanja harus dilakukan dengan mendatangi toko secara langsung. Namun di era modern ini, pengguna smartphone bisa membeli beragam kebutuhan melalui toko online.

Maraknya fenomena belanja online didukung dengan banyaknya pilihan jenis barang yang tersedia di toko online, membuat masyarakat lebih memilih berbelanja secara online. Berikut beragam kelebihan membeli barang secara online.

Kelebihan Belanja di Online Shop Selain Praktis

Kelebihan Belanja di Online Shop

Melakukan aktivitas berbelanja dengan memanfaatkan internet bukanlah hal baru di era digital seperti saat ini. Pasalnya selain praktis, terdapat beragam kelebihan lainnya yang bisa dirasakan para pecinta shopping diantaranya :

Praktis, Efisien, dan Cepat

Kelebihan berbelanja online adalah praktis, efisien, dan cepat, karena pembeli tidak perlu repot keluar rumah jika ingin membeli suatu barang. Hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet, siapa saja dapat membeli beragam kebutuhan dengan mudah.

Hanya perlu memilih barang, memasukkan ke dalam keranjang, dan tinggal menunggu barang dikirimkan ke rumah, kepraktisan dan efisiensi waktu yang ditawarkan olshop tentu tidak bisa dirasakan jika berbelanja di offline store.

Banyak Pilihan Barang

Toko online menjual beragam variasi produk mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang elektronik, sehingga memudahkan pembeli memilih dan membeli barang sesuai kebutuhan. Produk tersebut pun disediakan dari ratusan distributor kecil hingga besar dengan harga bervariasi.

Selain itu terdapat deskripsi produk yang berisi detail informasi kegunaan dan penjelasan fisik dari barang yang dijual. Deskripsi tersebut dapat membantu pembeli memahami produk, sehingga dapat membeli barang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Banyak Promo Menarik

Semua pembeli pasti menyukai promo dan diskon. Promosi sendiri dilakukan oleh penjual guna menawarkan produknya dalam jumlah tertentu agar terlihat lebih hemat, atau dengan memberikan voucher tertentu kepada konsumen agar mereka tertarik untuk membeli.

Umumnya penjual di situs e-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain, memberikan lebih banyak promo menarik dibandingkan dengan toko offline. Beragam promo yang biasa diberikan diantaranya :

  • Voucher gratis ongkos kirim dengan berbelanja minimal Rp 0 atau nominal tertentu.
  • Diskon potongan harga, contohnya produk seharga Rp 50 ribu dijual seharga Rp 35 ribu.
  • Voucher diskon khusus dengan memasukkan kode tertentu.
  • Diskon atau potongan harga dari metode pembayaran khusus.
  • Cashback dari cicilan.
  • Cicilan 0% kartu kredit.
  • Point reward.
  • Bonus produk tertentu.

Bisa Diakses Melalui Berbagai Media

Pembeli toko online datang dari kalangan mana saja dan memiliki kecenderungan mengunjungi online shop dengan akses media berbeda. Karena itu beragam situs e-commerce yang ada di Indonesia menyediakan akses luas mulai dari aplikasi hingga website.

Sehingga bagi yang tidak memiliki mobile apps e-commerce tertentu atau aplikasi media sosial, dapat mengakses website toko tersebut. Namun umumnya keuntungan yang didapatkan dari membeli melalui mobile apps lebih banyak dibandingkan dengan membeli melalui website.

Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Di era modern, terdapat banyak metode pembayaran yang digunakan setelah terjadi kesepakatan dalam proses transaksi. Tak terkecuali ketika berbelanja di toko online, dimana menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan diantaranya :

  • Bayar tunai di tempat atau Cash on Delivery (COD).
  • Bayar melalui mesin ATM.
  • Transfer rekening bank.
  • Pembayaran dengan kartu debit atau internet banking.
  • Pembayaran dengan kartu kredit.
  • Pembayaran dengan uang elektronik.
  • Pembayaran di gerai swalayan atau Kantor Pos.
  • Cicilan tanpa kartu kredit.
  • Cicilan dengan kartu kredit.

Kekurangan Berbelanja Online

Selain kelebihan, tentu ada kekurangan dari online shopping yang juga harus diketahui. Hal-hal di bawah ini pun dapat membuat pembeli lebih berhati-hati ketika membeli beragam kebutuhan di olshop. Apa saja?

Foto Produk Palsu

Hal yang paling sering dialami pembeli toko online adalah tertipu foto produk. Tak jarang penjual memajang foto produk serupa namun mencomot dari toko lain, dimana kondisi fisik produk berbeda jauh dari yang dijual.

Karena itu pembeli dituntut jeli dan rajin membaca review dari pembeli lainnya. Perhatikan apakah barang yang diterima pembeli lainnya memang sesuai dengan foto di etalase toko tersebut atau justru berbeda jauh.

Rawan Penipuan

Selain itu berbelanja di situs online memiliki peluang lebih besar terhadap penipuan, mengingat tak sedikit toko online yang melakukan modus penipuan dengan cara masing-masing. Karena itu perhatikan dengan baik reputasi toko serta review dari pembeli.

Pengiriman Barang Lama

Selain itu kekurangan lainnya dari berbelanja online adalah proses pengiriman barang yang memakan waktu lama, terlebih jika posisi penjual berada jauh dari pembeli bahkan hingga berbeda pulau.

Umumnya jasa ekspedisi memberikan estimasi pengiriman barang mulai dari 2 hingga 3 hari. Namun berbeda apabila buyer membeli barang dari toko online luar negeri, dimana bisa memakan waktu jauh lebih lama bahkan hingga berminggu-minggu.

Untuk melacak posisi barang yang dikirim melalui jasa ekspedisi, dapat melalui resimu.net. Resimu.net memudahkan penerima paket melacak nomor resi secara otomatis, hanya memerlukan waktu beberapa detik untuk melihat status pengiriman dan lokasi terkini barang kiriman.

Perbandingan Dengan Berbelanja di Toko Offline

Perbandingan Dengan Berbelanja di Toko Offline

Baik berbelanja melalui online shop atau toko offline, keduanya tidak selalu mendatangkan hal baik maupun buruk. Pasalnya toko online dan offline memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, simak penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan Toko Offline

Pelayanan Konsumen Lebih Baik

Karena tokonya berbentuk fisik dimana penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung, tak heran jika pelayanannya pun jauh lebih baik dibandingkan dengan berbelanja di dunia maya.

Penjual bisa menjelaskan produknya secara langsung sejelas mungkin, pembeli pun dapat mengajukan pertanyaan terkait produk yang ingin dibeli tersebut. Hal ini tentu tidak bisa didapatkan ketika membeli barang di toko online.

Pembayaran Lebih Aman

Konsumen yang membeli barang di offline store umumnya akan membayar secara langsung atau cash. Metode pembayaran ini pun jauh lebih aman karena baik penjual maupun pembeli dapat melihat secara langsung proses pembayaran.

Bisa Melihat dan Mencoba Barang

Berbeda dengan membeli barang secara online dimana pembeli tidak bisa melihat dan memeriksa detail fisiknya, berbelanja melalui toko online memungkinkan pembeli untuk mencoba barang tersebut secara langsung.

Kekurangan Toko Offline

Harus Mendatangi Toko

Karena toko offline memerlukan tempat yang nyata untuk berjualan, konsumen yang ingin membeli produk harus mendatangi toko secara langsung. Bagi sebagian orang mungkin hal ini cukup merepotkan, terlebih jika lokasi toko jauh dari rumah konsumen.

Antri untuk Melakukan Pembayaran

Selain itu ketika ingin melakukan pembayaran, pembeli harus mengantri bersama dengan pelanggan lainnya. Terlebih jika toko sedang ramai pengunjung, mau tak mau harus rela menunggu lama hanya untuk membayar barang belanjaan.

Itulah kelebihan belanja di online shop yang wajib diketahui para online shoppers.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar