Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Kekurangan dan Kelebihan Pembayaran COD untuk Pemula

Bagi Anda yang sering melakukan jual beli online pasti sudah tidak asing dengan pembayaran COD bukan? Ya, ini adalah salah satu metode pembayaran dimana banyak digunakan oleh sebagian besar orang karena dinilai lebih efektif dan aman.

Metode pembayaran ini sendiri banyak diterapkan untuk kegiatan bisnis online selain pembayaran melalui transfer bank e-wallet ataupun melalui gerai-gerai yang sudah bekerja sama. Dengan adanya layanan itulah, tentu akan memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran.

Kekurangan dan Kelebihan Pembayaran COD untuk Pemula

Pengertian Pembayaran COD

Kendati istilah satu ini sudah sering didengar oleh sebagian besar orang tetapi memang masih banyak orang justru belum begitu memahami dengan betul maksud dari istilah tersebut loh. Terlebih lagi masyarakat lebih mengenal singkatan dan praktiknya saja dibandingkan dengan artinya.

Adapun kepanjangan dari COD sendiri merupakan cash on delivery dalam Bahasa inggris. Apabila diartikan secara sempit maka bayar di tempat atau bayar ketika sudah bertemu langsung. Pada awalnya, metode pembayaran COD sendiri digunakan antara penjual dan pembelinya secara langsung.

Dalam tahapannya, sesudah pembeli setuju dalam melakukan order barang, maka mereka akan menentukan tempat buat bertemu maupun melaksanakan transaksi yang ada disana. Ketika bertemu itulah, pembeli akan melihat sekaligus mengecek kondisi barang dimana sudah dipesan.

Apabila semuanya sudah sesuai maka selanjutnya pembeli akan langsung melakukan pembayarannya tersebut secara tunai. Itulah kira-kira pengertian secara sempit dari kegiatan bayar di tempat pada jaman dulu, tetapi bagaimana praktis dari cash on delivery sekarang?

Karena sekarang pembayaran inipun juga sudah disediakan oleh penjual di marketplace dan pengirimannya akan melibatnya kurir. Pembelipun akan menitipkan pembayaran secara tunai kepada pihak kurir yang telah mengantarkan pesanan tersebut.

Sesudah itu, kurir akan langsung menyerahkan dana tersebut kepada kantor ekspedisi buat diteruskan kepada marketplace. Namun, disinilah pihak penjual tidak akan langsung menerima dana ketika pembeli mengkonfirmasi produk sudah diterima sesudah proses COD berakhir.

Dan mungkin sebagian besar dari Anda juga beranya apakah dalam pembayaran ini harus membayar ongkir? Tentu saja iya, karena dalam pembelian online, terdapat juga beban dimana harus ditanggung oleh pihak pembeli tersebut.

Keuntungan COD Bagi Penjual

Tidak bisa dipungkiri bahwa pembayaran COD sendiri memang semakin booming selama beberapa tahun terakhir. Karena semakin tingginya minat terhadap pembayaran itulah maka tidak jarang banyak para penjual yang menerapkan aturan dari jenis pembayaran tersebut.

Terlebih lagi bagi para penjual dimana bergabung dengan e-commerce ataupun marketplace. Degan menerapkan sistem bayar itulah ternyata akan memberikan banyak keuntungan bagi para penjual diantaranya adalah:

Mampu Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Salah satu alasan kenapa banyak penjual menerapkan sistem COD adalah buat meningkatkan jumlah pelanggan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena nyatanya masih banyak orang dimana tidak ingin ribet dengan sistem bayar digital baik via rekening ataupun e-wallet.

Meningkatkan Rasa Percaya Pembeli

Disadari atau tidak ternyata dengan menerapkan cara inilah mampu meningkatkan rasa percaya pembeli kepada penjual. Terutama berkaitan dengan kualitas barang yang dipesan tersebut. Terlebih lagi pembeli juga diberikan kebebasan buat mengembalikan barang jika tidak sesuai.

Bisa Lebih Cepat Menerima Uang

Bagi pihak penjual yang tidak menggunakan kurir, ternyata metode pembayaran itulah akan membuat Anda bisa lebih cepat dalam menerima uang. Terlebih lagi apabila pengiriman masih dilakukan di dalam satu wilayah sama.

Mendapatkan Keuntungan Lebih Banyak

Perlu diingat juga bahwa penggunaan dari sistem ini di marketplace ternyata juga akan membuat seller mendapatkan keuntungan lebih. Hal itu karena jarang terdapat diskon ataupun promo dalam sistem satu ini sehingga tidak perlu khawatir untung sedikit.

Keuntungan Bagi Pembeli

Bukan hanya untuk pihak penjual saja, tetapi sistem cash on delivery itulah ternyata juga akan memberikan keuntungan bagi pihak pembeli juga. Ini mungkin menjadi alasan kenapa semakin banyak orang menggunakan metode satu ini buat melakukan pembayaran tersebut.

Adapun beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan pembayaran COD untuk pembeli diantaranya adalah

  • Proses bayar lebih mudah seperti membeli langsung di toko
  • Proses pengembalian barang lebih cepat apabila terjadi kesalahan pada paket
  • Ongkos kirim jauh lebih murah terutama kalau pembeli masih berada di satu wilayah dengan seler
  • Tidak perlu repot-repot dalam melakukan berbagai proses bayar secara digital tersebut.

Kekurangan Metode Bayar COD

Walaupun menawarkan segudang keuntungan baik untuk penjual ataupun pembeli, nyatanya metode inipun juga mempunyai kekurangan tersendiri loh. Disinilah pentingnya bagi Anda sebelum memulai bisnis dengan menerapkan sistem tersebut, harus menyimak penjelasannya dibawah

Membutuhkan Waktu Buat Bertemu Langsung

Kekurangan yang satu apabila proses jual beli tanpa menggunakan perantara marketplace ataupun kurir, maka Anda dan pihak pembeli harus menyiapkan waktu dan tenaga buat bertemu. Tentu saja, buat sebagian besar orang hal tersebut cukup merepotkan bukan.

Pihak Kurir Akan Merasa Disusahkan

Lain halnya apabila Anda menggunakan kurir dimana pihak merekalah yang akan merasa susah. Terlebih lagi apabila mengantarkan barang kepada konsumen tetapi ternyata tidak ada di rumah bahkan sulit dihubungi. Belum lagi apabila pembeli enggan untuk melakukan pembayaran.

Terdapat Pembeli Yang Enggan Membayar

Kekurangan terakhir adalah ternyata banyak dari pembeli yang enggan membayar dengan berbagai alasan. Ya, kasus dimana konsumen tidak mau membayar dalam metode COD inipun memang semakin ramai belakangan ini dan membuat banyak kerugian nantinya.

Tips Aman Menerapkan Pembayaran COD

Perlu diingat bahwa metode COD sendiri merupakan pembayaran dimana sudah disepakati oleh kedua belah pihak yakni pembeli ataupun penjual. Tetapi terkadang metode tersebut masih mendatangkan kerugian pada salah satu pihak ataupun keduanya.

Oleh karena itulah apabila ingin menerapkan cara satu ini maka terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu dibawah ini.

Usahakan Membatasi COD Hanya Barang Tertentu

Tips pertama agar Anda bisa aman dalam penggunaan metode ini adalah usahakan hanya membatasi COD pada jenis barang tertentu saja dimana sifatnya memang harus dilihat, dicoba ataupun digunakan. Sebagai contohnya adalah produk fashion, sepatu ataupun sejenisnya.

Batasi Jumlah Transaksi

Bukan hanya membatasi jenis barangnya saja, tetapi anda juga harus membatasi jumlah transaksi pada pembayaran COD tersebut. Hal tersebut bertujuan agar tidak terlalu banyak orang-orang melakukan pembayaran tunai.

Jangan Lupa Berikat Syarat Perjanjian

Kami juga menyarankan Anda agar memberikan syarat perjanjian terutama untuk terhindar dari pengembalian barang ataupun pembatalan transaksi. Sebagai contohnya pembatalan dapat dilakukan apabila barang masih baru dan belum pernah dipakai.

Lakukan COD Di Tempat Aman

Kalau Anda akan melakukan pembayaran cod tanpa menggunakan kurir maka saran dari kami adalah cobalah lakukan pembayaran di tempat yang aman. Dengan begitu dapat menghindari hal-hal tidak diinginkan.

Apakah Anda akan memulai bisnis jualan online, tentu wajib buat menyiapkan berbagai macam pilihan metode pembayaran bukan? Bagi yang menerapkan metode pembayaran COD, jangan lupa gunakan resimu.net buat melacak keberadaan paket sudah sampai dimana.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar