Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

8 Jenis Barang Paling Laris di Online Shop Cocok untuk Pemula

Jika ingin mulai berjualan online, Anda perlu mengetahui jenis barang paling laris di online shop terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuat lebih mudah dalam mendapatkan calon pembeli.

Semakin laris barang tersebut, artinya peminatnya juga sangat besar. Oleh karena itu, ketika memilih berjualan produk tersebut, kemungkinan laku keras akan menjadi lebih besar.

Berikut ini akan diberikan beberapa daftar jenis barang tersebut. Silakan Anda pilih mana yang paling sesuai dengan minat Anda dan langsung segera buka toko online agar bisa mulai bersaing dengan online shop yang sudah ada.

Jenis Barang Paling Laris di Online Shop Cocok untuk Pemula

Daftar Jenis Barang Paling Laris di Online Shop

Sebagai catatan, meskipun barang ini sangat laris di internet, namun bukan berarti Anda akan lebih mudah mendapat pembeli. Di sisi lain, justru Anda harus bersiap-siap bersaing karena banyak kompetitor di bidang yang sama.

Berikut ini adalah beberapa barang yang laris di internet terutama marketplace.

  • Produk kuliner
  • Alat olahraga
  • Perlengkapan gaming
  • Sepatu
  • Pakaian anak-anak
  • Fashion wanita
  • Baju muslim
  • Produk kesehatan

Untuk lebih jelasnya mengenai barang-barang di atas, silakan simak pembahasan lengkap berikut dan pilih salah satu yang paling cocok dengan kegemaran Anda.

1. Produk kuliner

Produk kuliner merupakan salah satu jenis barang yang sangat prospektif baik itu dijual secara offline maupun online. Salah satu contoh produk kuliner yang laris di internet saat ini adalah frozen food.

Dibandingkan makanan siap saji, frozen food memang memiliki beberapa kelebihan seperti harganya lebih murah, praktis untuk dimasak, dan bisa disimpan selama beberapa hari di freezer. Jika Anda bingung mau berjualan apa, sepertinya produk ini layak sekali untuk dicoba.

Apabila ingin menjual makanan atau minuman yang siap saji, Anda hanya bisa berjualan di kota tempat Anda berada karena tidak memungkinkan untuk dilakukan pengiriman. Jadi, toko online hanya berperan sebagai media untuk memasarkan saja dan menarik pembeli untuk mendatangi toko Anda.

2. Alat olahraga

Jenis barang paling laris di online shop berikutnya adalah alat atau keperluan olahraga. Semenjak kasus pandemi pada tahun 2020 lalu, banyak orang mulai menyadari pentingnya gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga.

Tentu saja mereka akan membutuhkan berbagai perlengkapan seperti sepatu, celana olahraga, alat lompat tali, alat angkat beban, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menjual perlengkapan olahraga khusus seperti sepak bola, bola basket, tenis lapangan, tenis meja, atau voli.

Di beberapa platform e-commerce, pembelian alat olahraga meningkat drastis. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memiliki minat di bidang olahraga mulai berjualan perlengkapan tersebut.

3. Perlengkapan gaming

Semakin maraknya konten creator gaming membuat permintaan akan perlengkapan gaming meningkat pesat. Jadi, bisa dikatakan perlengkapan gaming merupakan salah satu jenis barang paling laris di online shop saat ini.

Beberapa contoh produk dari perlengkapan gaming antara lain kursi gaming, headset, handphone atau PC gaming, webcam, ring light, green screen dan masih banyak lagi. Biasanya peminat perlengkapan ini adalah para konten creator gaming yang baru memulai dan belum tahu kebutuhan apa saja yang diperlukan.

Untuk menjualnya, Anda bisa menggunakan platform Instagram, TikTok, atau e-commerce. Namun, cara yang paling efektif adalah melakukan review produk melalui YouTube karena sebagian besar pasar produk ini bermain di YouTube.

4. Sepatu

Sepatu termasuk jenis barang paling laris di online shop yang tergolong evergreen atau tidak termakan waktu. Kebutuhan akan fashion memang tidak akan pernah hilang sehingga cocok dipilih oleh penjual pemula.

Anda bisa menjadi reseller maupun dropship dari brand-brand tertentu dan memasarkannya melalui Instagram. Karena persaingannya akan cukup ketat, sangat disarankan bagi pemain baru untuk memilih satu atau dua kategori terlebih dahulu seperti khusus sepatu olahraga, sneaker, vintage, atau sepatu formal.

Dengan memilih kategori khusus, Anda akan lebih mudah mencari calon pembeli dan memikirkan metode penjualan. Berjualan sepatu olahraga tentu membutuhkan pendekatan yang berbeda dengan menjual sepatu vintage karena dari segi fungsinya saja sudah berbeda.

5. Pakaian anak-anak

Jenis barang paling laris di online shop yang berikutnya adalah pakaian anak-anak. Bahkan, menurut beberapa sumber data, pakaian anak-anak memiliki angka penjualan hingga ribuan picis setiap bulan.

Jika ingin menjual produk ini, maka target market yang harus Anda sasar adalah para orang tua yang baru memiliki anak. Biasanya mereka paling banyak menggunakan platform Instagram sehingga maksimalkan membuat toko online di platform tersebut.

Anda bisa membuat dua akun, yakni akun pertama untuk memajang katalog produk dan akun kedua untuk mengumpulkan calon pembeli dengan membuat konten seputar parenting atau keperluan anak.

Jika memang tidak ada waktu mengelolanya, Anda dapat membuat satu akun saja di mana bagian feed digunakan untuk berbagai konten menarik seperti edukasi, hiburan, dan sebagainya. Sementara itu, untuk produk bisa diunggah di story atau highlight.

6. Fashion wanita

Fashion dengan wanita sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Jadi, produk ini bisa menjadi salah satu jenis barang paling laris di online shop yang bisa dicoba.

Akan tetapi, tentu saja Anda harus menghadapi persaingan sangat ketat karena banyak sekali online shop yang menjual produk ini. Apalagi jika Anda memilih berjualan menggunakan sistem dropship.

Cara yang paling efektif untuk berjualan fashion wanita saat ini adalah melalui live TikTok, yakni melakukan siaran langsung dengan menunjukkan baju-baju yang ingin dijual. Meski begitu, Anda juga masih bisa menggunakan platform e-commerce maupun Instagram.

Agar bisa bersaing dengan ribuan penjual lainnya, pastikan Anda memiliki nilai tambah seperti varian produk yang banyak, kategori produk yang spesifik, garansi barang sesuai foto, diskon spesial, dan sebagainya. Hal tersebut akan sedikit mempermudah dalam mencari calon pembeli.

7. Baju muslim

Baju muslim termasuk jenis barang paling laris di online shop, terutama di momen tertentu seperti Ramadan dan Hari Raya. Permintaan produk ini sangat besar karena mayoritas masyarakat Indonesia menganut kepercayaan Islam.

Jika Anda ingin menjual baju muslim, sangat disarankan untuk memulainya menjelang bulan Ramadhan. Cara ini akan membuat lebih mudah dalam mendapatkan calon pembeli karena permintaan sedang tinggi-tingginya.

8. Produk kesehatan

Jenis barang paling laris di online shop yang terakhir adalah produk kesehatan. Produk kesehatan yang dimaksud di sini adalah obat herbal, suplemen kesehatan, suplemen diet, penambah kekebalan tubuh, atau alat-alat terapi sederhana.

Dibandingkan produk-produk lainnya, menjual produk kesehatan cenderung lebih mudah karena pasarnya sangat jelas dan pesaingnya juga tidak terlalu banyak. Silakan fokuskan terlebih dahulu apakah Anda ingin menyasar orang yang ingin menjaga kesehatan atau orang yang ingin terlepas dari penyakit tertentu.

Keuntungan lain dari menjual produk ini adalah keuntungannya yang relatif besar. Untuk produk tertentu, Anda bisa mendapatkan profit Rp40.000,00 hingga Rp100.000,00 per produk asalkan bisa menemukan produk yang tepat.

Jadi, itulah tadi beberapa jenis barang paling laris di online shop yang bisa Anda coba untuk mulai berbisnis online. Anda dapat memilih satu terlebih dahulu yang paling sesuai dengan minat agar lebih menyenangkan saat menjalaninya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar