Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Contoh Implementasi CRM untuk Strategi Bisnis agar Berkembang

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda juga wajib tahu tentang implementasi CRM untuk strategi bisnis. Bagi yang belum tahu, CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management.

Strategi tersebut digunakan dengan tujuan untuk mengelola relasi dengan pelanggan dengan lebih baik. Dengan begitu, nantinya penjualan dari bisnis yang Anda jalankan bisa menjadi lebih efektif lagi.

Nah, bagi Anda yang mungkin baru mendengar, tentu masih bingung dengan penerapan dari strategi tersebut. Untuk itu, Anda bisa menyimak beberapa contoh penerapan CRM pada bisnis berikut ini.

Contoh Implementasi CRM untuk Strategi Bisnis

Contoh Implementasi CRM untuk Strategi Bisnis

Dalam penerapan CRM, pastinya setiap perusahaan mempunyai perbedaan dalam aplikasinya. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus bisa memilih model CRM yang paling tepat untuk bisnisnya.

Dengan memilih jenis CRM yang tepat untuk diaplikasikan di perusahaan, maka pengelolaan hubungan ke pelanggan bisa efisien. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh implementasi CRM untuk strategi bisnis yang bisa Anda coba terapkan.

1. Gunakan Berbagai Platform Online Untuk Komunikasi

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya Anda tidak boleh bergantung satu jenis platform sosial media ataupun aplikasi messenger. Pasalnya, kini masyarakat menggunakan banyak sekali jenis platform untuk kegiatan internetnya.

Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan berbagai macam platform lain lagi untuk komunikasi dengan para pelanggan. Anda bisa menggunakan email, membuat website, ataupun memasang fitur live chat di laman website bisnis Anda.

Dengan semakin banyaknya platform online yang ada, Anda tidak akan pernah tahu dari platform mana saja pelanggan akan datang. Oleh karena itu, untuk memperluas kemungkinan datangnya pelanggan, maka Anda bisa menambah platform komunikasi online.

2. Tambahkan Layanan Customer Service Otomatis

Contoh kedua implementasi CRM untuk strategi bisnis adalah dengan memberikan layanan customer service secara otomatis. Hal seperti ini sangat dibutuhkan karena Anda tidak pernah tahu kapankah para pelanggan akan menghubungi.

Pelanggan dalam menghubungi Anda pada pagi, siang, sore, atau bahkan pada malam hari. Nah, untuk antisipasi pelanggan menghubungi di waktu-waktu istirahat dan jam sibuk, peran dari customer service otomatis ini sangat dibutuhkan.

Salah satu contohnya adalah Anda dapat memberikan tambahan fitur seperti chat bot atau pembalas pesan otomatis. Dengan begitu, kapan pun pelanggan mengirimkan pesan ke bisnis Anda, mereka tetap bisa dilayani tanpa merasa terabaikan.

Pada pengaturan chatbot, Anda dapat memberikan informasi singkat tentang jam operasional ataupun informasi lain terkait bisnis.  Namun, meski sudah ada chatbot, pastikan juga Anda dapat memberikan respons agar pelanggan tidak merasa berkomunikasi dengan robot.

3. Tingkatkan Engagement Dengan Customer

Contoh berikutnya tentang implementasi CRM untuk strategi bisnis adalah dengan meningkatkan engagement dengan customer. Untuk membuat relasi yang baik, pastinya Anda tidak boleh mengabaikan para customer yang pernah belanja di toko Anda.

Sebaliknya, Anda harus selalu berusaha untuk menjaga hubungan baik yang telah terjalin pada pembelian sebelumnya. Dengan begitu, di lain waktu peluang pembeli tersebut untuk bertransaksi lagi di toko Anda akan semakin besar.

Engagement yang sudah terjalin juga dapat membuat bisnis Anda punya pelanggan setia. Bahkan, bukan tidak mungkin nantinya mereka membeli dalam jumlah lebih banyak lagi ataupun merekomendasikan toko Anda kepada orang lain.

Untuk implementasi CRM untuk strategi bisnis dengan meningkatkan engagement dengan customer ini contohnya ada cukup banyak. Berikut adalah beberapa cara menaikkan engagement pelanggan yang bisa dilakukan.

  • Pertama, kirimkanlah usapan terima kasih kepada pelanggan ke e-mail. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya punya database customer khususnya untuk meningkatkan engagement.
  • Kedua, mintalah pelanggan untuk memberikan review terhadap produk Anda. Berikan juga diskon atau gratis ongkos kirim sebagai rewards untuk pembelian selanjutnya.
  • Ketiga, berikan rekomendasi produk terbaru, terbaik, ataupun terlaris kepada pelanggan.
  • Keempat, tawarkan juga program customer setiap dengan sistem referral.

Dengan menerapkan beberapa contoh di atas, pastinya engagement dengan para customer dapat ditingkatkan lagi. Alhasil, bisnis yang dijalankan akan berpeluang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

4. Mintalah Saran dan Kritik Lewat Survey

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya Anda harus selau meningkatkan kualitas. Hal tersebut, secara langsung dapat membuat citra positif di kalangan para pelanggan setia bisnis Anda.

Peningkatan yang dilakukan di dalam bisnis Anda tentunya juga perlu disesuaikan dengan tingkat kepuasan para customer. Dengan begitu, upgrade yang dibuat dapat memberikan dampak positif pada aktivitas pembeli di bisnis Anda.

Salah satu cara untuk melakukan peningkatan yang tepat tersebut adalah dengan melakukan survei kepada para pelanggan. Hal ini juga sekaligus menjadi salah satu implementasi CRM untuk strategi bisnis yang Anda jalankan.

Di dalam survei tersebut Anda dapat meminta berbagai macam saran dan kritik yang perlu dilakukan untuk kemajuan bisnis. Berdasarkan informasi dari survei tersebut, Anda bisa meningkatkan kualitas bisnis sesuai dengan permintaan para pelanggan.

5. Terapkan Sistem Poin dalam Pembelian Produk

Contoh implementasi CRM untuk strategi bisnis berikutnya adalah dengan menerapkan sistem poin pada setiap pembelian yang dilakukan. Dengan memberikan poin tersebut, nantinya para pelanggan bisa menjadi lebih loyal lagi ke toko Anda.

Cara kerja dari sistem poin ini sebenarnya cukup sederhana. Nantinya, pada saat para pembeli melakukan pembelian produk di toko online ataupun website, maka mereka akan otomatis mendapatkan poin.

Poin tersebut akan disimpan di database untuk nantinya bisa ditukarkan ke dalam beberapa item. Dengan memberikan sistem poin seperti itu, tentu akan membuat para pelanggan bisa lebih loyal untuk berbelanja di toko Anda.

6. Melakukan Live Bersama Pelanggan di Sosial Media

Contoh dari implementasi CRM untuk strategi bisnis yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan live bersama dengan customer di sosial media. Cara ini terbilang sangatlah efektif untuk meningkatkan hubungan dengan para customer.

Dengan melakukan live bersama seperti ini, nantinya Anda sebagai pemilik bisnis bisa lakukan interaksi langsung dengan pelanggan meski hanya secara online. Namun, hal itu tentu sudah cukup untuk bisa memberikan penjelasan tentang produk Anda.

Selain itu, pada saat live bersama dengan customer, Anda bisa juga menanyakan tentang masalah apa saja yang masih ditemui oleh customer pada produk Anda. Setelah itu, berikan juga solusi terhadap keluhan pembeli tersebut.

Nantinya, berbagai macam informasi yang bisa didapatkan lewat live sosial media tersebut bisa disimpan di database bisnis. Gunakanlah bekal informasi tersebut untuk membuat bisnis yang dijalankan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Dengan melakukan live langsung bersama customer, Anda juga dapat memberikan pengalaman yang bagus bagi penonton. Tidak hanya itu, live yang dilakukan tersebut bisa juga membuat pelanggan lebih percaya terhadap produk yang Anda jual.

Seperti itulah tadi berbagai contoh implementasi CRM untuk strategi bisnis Anda. Dengan memilih CRM yang tepat, pastinya para pelanggan akan menjadi lebih loyal untuk berbelanja ke toko atau bisnis Anda.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar