Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Hal Penting Dalam Memulai Bisnis Seragam Online

Di zaman modern seperti saat ini, mungkin yang tidak menyangka bahwa bisnis seragam online memilih peluang usaha yang bagus. Alasannya tentu karena semua kalangan membutuhkan seragam baik untuk kerja atau sekolah.

Meskipun begitu, rupanya masih belum banyak orang yang memutuskan terjun pada bidang tersebut. Padahal, jika ditekuni dan dilakukan secara serius, keuntungan yang bisa didapatkan lumayan besar.

Nah, apakah Anda termasuk orang yang ingin mencoba peruntungan bisnis seragam online ini? Jika memang begitu berikut adalah beberapa tips dalam menjalankan usaha seragam tersebut.

Hal Penting Dalam Memulai Bisnis Seragam Online

Peluang Memulai Bisnis Seragam Online

Pada bagian awal tadi sempat disinggung sedikit tentang peluang menjalankan usaha bisnis seragam online ini. Dikatakan bahwa kebutuhan masyarakat akan seragam seperti seragam sekolah pastinya tidak akan ada habisnya.

Pasalnya, pada setiap tahun ajaran baru, pasti ada saja murid yang membutuhkan seragam sekolah baru. Melihat hal tersebut, tentu dapat dikatakan bahwa usaha dalam bidang seragam sekolah seperti ini tidak akan ada matinya.

Selain itu, apabila dilihat dari aspek sosial, jenis usaha semacam ini bisa juga memberikan pengaruh yang baik bagi lingkungan masyarakat sekitar. Hal itu karena bisnis ini termasuk berskala besar, sehingga dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Dengan kata lain, kehadiran produsen seragam ini dapat memberikan dampak baik karena bisa menyerap pengangguran dari masyarakat sekitar. Selain itu, saat usaha sudah besar, maka gajinya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian pegawai.

Meskipun terlihat menggiurkan, tentu dalam menjalankan bisnis besar seperti ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan strategi serta ketekunan yang tinggi agar bisnis seragam online ini bisa berjalan sukses.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Seragam Online

Dalam menjalankan bisnis seragam ini, dibutuhkan beberapa persiapan serta strategi yang baik. Selain itu, agar bisnis seragam Anda dapat berjalan sukses dan besar, maka jangan sampai lupa untuk memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Membuat Produk Seragam Berkualitas

Untuk menjalankan sebuah usaha konveksi seragam secara online, tentu bukanlah hal yang mudah. Seperti halnya memulai usaha lain, dalam bisnis konveksi seragam ini juga diperlukan berbagai persiapan yang matang.

Salah satu yang paling krusial adalah usaha seperti ini membutuhkan pasokan modal yang terbilang besar. Nantinya, modal tersebut akan digunakan untuk membeli berbagai peralatan konveksi seperti mesin jahit, meson steam, mesin obras, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, agar bisa menghasilkan produk seragam berkualitas, tentunya Anda juga membutuhkan karyawan atau SDM yang memang ahli di bidang konveksi. Dengan begitu, seragam yang dihasilkan akan mempunyai kualitas terbaik.

Seperti dikatakan pada bagian awal, untuk saat ini orang yang menjalankan bisnis konveksi seragam ini memang masih sedikit. Meskipun begitu, persaingan antara pengusaha konveksi seragam tersebut termasuk sangatlah ketat.

Dalam bisnis ini, persaingan lebih mengedepankan pada kualitas produk yang dimilikinya. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa setiap produk seragam yang dibuat mempunyai kualitas yang sangat baik.

Apabila dalam menjalankan bisnis seragam online ini tidak mengutamakan kualitas, maka siap-siap saja untuk segera gulung tikar. Hal itu karena sekalinya konsumen kecewa dengan produk Anda, mereka akan mencari konveksi lain yang lebih berkualitas.

Berdasarkan hal-hal yang sudah disampaikan sebelumnya, kualitas produk menjadi sebuah hal penting dan krusial dalam menjalankan usaha konveks seragam. Kualitas tersebut nantinya akan menjadi patokan nilai yang diberikan oleh masyarakat.

Jadi, jika Anda memang serius ingin mendalami dan sukses dalam bidang usaha seragam online ini, maka pilihlah jasa konveksi berkualitas. Pastikan juga bahwa jasa tersebut bisa bekerja sesuai dengan visi dan misi bisnis Anda.

2. Buat Harga Jual Produk yang Relevan

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis seragam adalah menjual produk dengan harga yang relevan, wajar, dan terjangkau. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu bukan menjadi hal yang mudah.

Dibutuhkan sebuah perencanaan bisnis yang matang dengan memperhitungkan keuntungan, output, serta biaya produksi. Meskipun hal seperti itu terlihat sangat sulit, namun semua itu bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Sebagai langkah awal, para pelaku bisnis seragam online dapat melakukan analisis kebutuhan target. Cari tahulah tentang kualitas seragam seperti apa yang memang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Setelah itu, mulai lakukan perhitungan pada biaya produksi untuk menghasilkan jenis seragam seperti yang diinginkan pasar. Hal ini perlu dilakukan secara hati-hati untuk tetap bisa mendapatkan keuntungan dalam bisnis seragam tersebut.

Pada umumnya, para pelaku usaha dalam bidang seragam seperti ini akan bersaing untuk menawarkan harga termurah. Namun, hal itu sepertinya harus Anda pertimbangkan lagi terutama soal masalah kualitas produk yang dihasilkan.

Pasalnya, dengan harga jual produk yang terlalu murah, Anda akan kesulitan untuk bisa menghasilkan produk sesuai harapan pelanggan. Oleh karena itu, lebih baik menjual barang dengan harga wajar, namun punya kualitas yang bagus.

3. Jalin Kerja Sama Dengan Sekolah/Kantor

Dilihat dari jenis barangnya, seragam sekolah atau kantor tentu bukan jenis barang yang cepat habis. Meskipun begitu, kebutuhan akan seragam tersebut tidak akan pernah ada habisnya baik oleh kantor maupun sekolah.

Pada saat tahun ajaran baru tiba, biasanya para orang tua akan secara serentak datang ke penjahit untuk membuat seragam sekolah. Oleh karena itulah, bisa dikatakan bahwa jenis bisnis seragam online seperti ini tidak akan habis peminatnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan dari bisnis ini adalah konsumen utama Anda dalam menjalankan usaha ini adalah sekolah/kantor. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan keuntungan lebih, Anda bisa menjalin kerja sama dengan institusi tersebut.

Dengan menjalin kerja sama dengan sekolah/kantor tersebut, maka pesanan seragam akan jauh lebih besar lagi. Jumlah pesanan seragam yang lebih banyak tersebut, pastinya juga otomatis dapat menjadikan keuntungan bisnis Anda jadi lebih besar.

Namun, untuk bisa mendapatkan partner kerja sama bisnis tersebut bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, agar dapat menemukan partner tersebut, dibutuhkan strategi promosi yang baik dan benar.

Selain menjalin kerja sama dengan pihak institusi seperti sekolah ataupun kantor, bisa juga Anda bekerja sama dengan toko khusus seragam sekolah. Meskipun tidak sebesar dengan kerja sama kantor, namun hal ini bisa juga dijadikan pilihan menarik.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memperoleh pelanggan dengan memanfaatkan diskon atau promo pemesanan. Jadi, saat terdapat pesanan dalam jumlah besar, Anda bisa memberikan potongan harga kepada pelanggan.

Namun, dalam menerapkan sistem diskon dan promosi tersebut, perhitungan keuntungan harus dilakukan dengan tepat. Jangan sampai promo tersebut malah membuat kesehatan keuangan bisnis seragam Anda malah jadi terganggu.

Itulah tadi beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis seragam online ataupun offline. Perhatikanlah hal-hal yang disampaikan di atas untuk membantu usaha konveksi seragam Anda agar lebih baik lagi.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar