Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Digital Marketing untuk UKM: Pengertian, Keunggulan, Strategi, dan Tips Sukses

Di era yang sudah serba digital saat ini, sudah saatnya Usaha Kecil Menengah (UKM) juga ikut ambil bagian jika ingin bertahan lama di dunia bisnis. Memanfaatkan digital marketing untuk UKM adalah cara paling tepat dan banyak feedback positifnya.

Tidak sedikit UKM, yang awalnya tidak dikenal namun menjadi fenomenal setelah menerapkan strategi digital marketing yang tepat. Bahkan omset mereka jauh melebihi omset perusahaan, yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis. Apakah Anda mau ambil bagian juga?

pelayanan terbaik akan membuat penjualan produk UKM secara digital lebih tinggi

Apa itu Digital Marketing untuk UKM?

Buat pengusaha rumahan yang masih belum paham tentang digital marketing, perlu tahu bahwa istilah tersebut memiliki arti sebagai upaya mempromosikan produk melalui media digital. Baik itu media sosial, marketplace, atau situs resmi bisnis itu sendiri.

Memanfaatkan digital marketing, memang tidak akan membuat kecewa. Asalkan UKM sudah paham bagaimana menerapkannya, supaya strategi yang dipakai benar-benar tepat dan target keuntungan dan perluasan usaha yang dibuat bisa direalisasikan.

Keuntungan UKM yang Pakai Digital Marketing

Jika dibandingkan dengan marketing manual, yang masih mengandalkan promosi melalui media massa atau membuka booth khusus di berbagai tempat. Ternyata digital marketing untuk UKM jauh lebih menguntungkan dan sudah dirasakan banyak pelaku usaha. Apa saja keuntungannya?

Penjualan Meningkat

Kenapa penjualan bisa meningkat? Alasan utamanya karena orang jadi bisa berbelanja dari mana saja dan kapan saja. Tanpa harus datang langsung ke toko UKM tersebut, mereka bisa melihat produk-produk usaha melalui media sosial dengan deskripsi yang lengkap.

Jika tertarik, tentu mereka akan mencari cara untuk bisa membeli produk tersebut. Tinggal bagaimana UKM mengemas sistem transaksi yang juga memudahkan konsumen, sehingga penjualan bisa terjadi hanya dalam hitungan menit.

Konsumen Bertambah

Saat ini kecenderungan untuk belanja online sudah semakin tinggi. Ketika sebuah UKM memiliki toko online, kemudian bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah maka potensi konsumen bertambah akan sangat besar.

Begitu juga ketika mampu memanfaatkan media sosial yang sangat disukai oleh masyarakat saat ini. Dengan promosi yang tepat, maka proses digital marketing melalui pengguna media sosial selanjutnya yaitu langsung membeli produk melalui platform yang disediakan.

Meminimalisir Biaya Promosi

Coba bayangkan, dulu sebuah bisnis harus melakukan promosi manual. Mulai dari door to door ke rumah calon konsumen dengan menjelaskan deskripsi produk dan keunggulannya. Butuh banyak tenaga marketing untuk bis mencapai target promosi.

Belum lagi, jika membuka booth di acara-acara tertentu akan membutuhkan budget tidak sedikit. Hal inilah terkadang yang membuat UKM mundur teratur dari promosi, akibat keterbatasan dana untuk promosi.

Namun, dengan adanya digital marketing maka semua promosi bisa dilakukan melalui internet dan media sosial. Cukup bermodalkan kuota internet dan ilmu tentang marketing online yang harus benar-benar luas.

Dengan duduk santai di rumah, Anda bisa melakukan promosi di media sosial dengan unggah foto produk dan sedikit jargon yang membuat orang tertarik. Tidak perlu hire tenaga marketing, cukup Anda sendiri saja sudah bisa melakukan promosi skala besar secara online.

Pelayanan Lebih Cepat

Ilustrasinya adalah, saat seseorang menemukan promosi UKM Anda di media sosial lengkap dengan link untuk belanja dan bertransaksi. Konsumen yang tertarik akan membuka link tersebut dan langsung cek informasi produk secara lengkap.

Jika tertarik, mereka tinggal melakukan order produk dengan sistem transaksi online yang sudah disediakan UKM. Alur ini, hanya perlu waktu beberapa menit saja sampai uang masuk ke rekening penjual karena semua sudah tersistem dengan baik.

Pelayanan yang diberikan hanya membutuhkan eksistensi pebisnis selama 24 jam, cepat memberikan respon kepada calon konsumen sampai akhirnya transaksi terjadi.

Jadi Pesaing Kompetitif

Meskipun sistem digital marketing memungkinkan banyak UKM dengan produk sama harus berjuang mencari konsumen, Anda bisa jadi pemenang kompetisi tersebut.

Caranya dengan mengemas promosi yang tepat, melayani dengan baik, dan memberikan produk berkualitas ke tangan konsumen. Ini merupakan upaya maksimal yang perlu dilakukan, jika ingin menjadi pesaing bisnis UKM yang kompetitif.

Pasar Lebih Luas

Kalau dengan marketing manual, target pasar sangat terbatas dengan area dimana Anda melakukan promosi. Beda dengan digital marketing untuk UKM, yang pasarnya tidak terbatas karena semua orang bisa akses toko online atau situs resmi UKM kapanpun mereka mau.

Bisa melalui media sosial yang disukai kalangan generasi muda hingga dewasa, sehingga siapa saja yang tertarik bisa langsung membeli. Tak peduli itu anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Strategi Digital Marketing untuk UKM

Tertarik untuk memanfaatkan promosi online untuk produk UKM Anda? Cukup maksimalkan tiga contoh strategi digital marketing untuk UMKM terbaik berikut ini, dijamin perubahan angka keuntungan dan penjualan bisa didapatkan dalam waktu tidak lama.

Kerjasama dengan Influencer

Anda bisa melakukan kerjasama dengan influencer yang gencar dan aktif di media sosial, dikenal oleh banyak orang dan memiliki track record positif. Kecenderungan orang untuk meniru apa yang dilakukannya akan sangat tinggi.

Termasuk ketika mereka mempromosikan sebuah produk, tentunya akan mendapatkan respon paling tidak dari para followers mereka di media sosial.

Contohnya saja, saat ini ada nama Fadil Jaidi, Keanu, dan masih banyak lagi. Mereka merupakan kalangan content creator dan influencer yang juga membantu UKM dengan sistem endorse produk.

Dimana mereka akan diberikan sample produk oleh UKM, kemudian dipromosikan di media sosial mereka.

Beriklan di Sosial Media

Jika mau sebuah perubahan signifikan pada UKM yang Anda kelola, mengeluarkan dana untuk iklan di sosial media atau secara online melalui platform tertentu. Akan menjadi salah satu pendorong kemajuan UKM tersebut.

Apalagi, dari setiap iklan tersebut juga ada fee yang bisa didapat ketika orang yang melihat akhirnya membeli produk yang diiklankan.

Menggunakan Aplikasi Penunjang

Apa aplikasi penunjangnya? Seperti aplikasi bisnis online yang saat ini marak beredar, pilih yang sudah terpercaya dan memiliki fitur bisnis sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mendaftarlah disana, buat akun dan mulai memasarkan produk dengan teknik digital marketing untuk UKM maka dampaknya akan lebih cepat terasa. Dimana produk bisa dijual lebih cepat dan keuntungan diperoleh juga lebih menjanjikan.

Tips Agar Strategi Digital Marketing Berhasil

UKM juga perlu digital marketing untuk eksistensi usaha jangka panjangnya

Buat UKM yang baru merintis dan ingin memanfaatkan digital marketing, lakukan beberapa tips berikut ini sambil memulai strategi di atas.

Cari Ilmu Melalui Komunitas

Jangan berhenti belajar tentang digital marketing untuk UKM. Misalnya, dengan bergabung di berbagai komunitas digital UKM. Dimana Anda bisa menyerap banyak ilmu dari UKM lain, untuk diimplementasikan pada usaha yang digeluti.

Kerjasama Dengan Konsumen

Ada istilah simbiosis mutualisme, dimana pebisnis bekerjasama dengan konsumen untuk sama-sama mendapatkan keuntungan. Misalnya, koordinasi bersama tempat kursus bonus dimana Anda memberikan produk untuk dijual disana.

Sedangkan pihak lembaga menjadikan Anda sebagai pembicara di acara bidang bisnis, sehingga orang lebih tertarik bergabung di tempat kursus tersebut dan produk Anda juga bisa laku karena informasi tentang usaha yang Anda berikan saat menjadi pembicara seminar.

Memberikan Konten Relevan

Ketika sudah punya situs UKM sendiri, jangan lupa untuk secara kontinu memberikan konten bermutu di bidang bisnis yang relevan dengan banyak orang.

Sudah saatnya UKM berkembang seiring dunia digitalisasi saat ini. Memanfaatkan digital marketing untuk UKM adalah solusi paling tepat.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar