Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Digital Marketing dan Manfaatnya, Penting Untuk Strategi Bisnis

Bagi Anda yang akan menjalankan bisnis online maka digital marketing menjadi hal penting buat dikuasai. Kenapa? Sebab nantinya akan memungkinkan strategi promosi jauh lebih praktis sekaligus efisien.

Biasanya juga akan memanfaatkan berbagai jenis platform digital seperti mesin pencari, media sosial dan lainnya.

Bahkan sekarang tidak sedikit dari perusahaan dimana juga membutuhkan seseorang yang ahli dalam proses marketing secara digital tersebut. Sebab jika dilakukan dengan tepat sasaran maka akan membuat peluang pasar dan nilai penjualan semakin mengalami peningkatan.

Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

Dengan adanya media digital yang ada saat inilah, membuat model pemasaran satu inipun juga semakin banyak diterapkan oleh para pemilik usaha. Sampai disini, Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang dimana ingin menerapkannya bukan?

Sebelum itu, maka sangat penting agar mengetahui dahulu pengertian dari digital marketing tersebut. Setelah itu, akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam menentukan seperti apakah strategi yang akan digunakan dalam proses pemasarannya nanti.

Pengertian dari digital marketing adalah strategi buat memasarkan produk dengan menggunakan media digital atau online serta jaringan internet. Beberapa contohnya adalah seperti adanya penggunaan Google Bisnisku, Website, platform media sosial hingga WhatsApp Bisnis.

Mengingat jumlah pengguna internet di dunia telah mencapai 4,8 miliar lebih orang di dunia, tentu membuktikan bahwa banyak orang terhubung dengan jaringan internet. Melihat kondisi itulah tentu semakin banyak bisnis dimana menerapkan sistem pemasaran secara digital tersebut.

Sedangkan tujuan utama dari proses pemasaran tersebut adalah buat menarik konsumen ataupun calon konsumen secara cepat dan tepat. Berdasarkan dengan       Kleindl and Burrow (2005) memberikan pendapat terkait dengan pengertiannya dimana suatu proses planning dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, kegiatan promosi hingga distribusi nantinya.

Semakin banyaknya pihak perusahaan dimana menerapkan pemasaran model itulah ternyata tidak lepas dari sejumlah kelebihan dan manfaat yang diberikan. Tentu saja, hal tersebut berbanding terbalik ketika Anda melakukan pemasaran secara konvenisonal.

Jenis-jenis Digital Marketing

Sudah memahami bagaimana pengertian dari proses marketing diatas bukan? nah, ternyata digital marketing itulah dibedakan menjadi beberapa jenis sekaligus. Oleh karena itulah sebelum Anda memutuskan buat menentukan strateginya, maka sangat penting agar mengetahui jenis-jenisnya dahulu dibawah ini.

Search Engine Optimization

Pertama adalah search engine optimization atau dikenal dengan SEO dimana merupakan taktik agar website atau konten Anda mampu menduduki halaman pertama dari search engine google. Dengan begitu akan lebih mudah ditemukan dan mendapatkan lebih banyak visitor nantinya.

Namun perlu diingat juga bahwa strategi inipun masih dibedakan menjadi tiga jenis sekaligus diantaranya adalah

  • On page Seo dimana focus pada konten website
  • Off Page Seo yakni mengoptimasi website dari luar
  • Technical SEO yakni kegiatan optimasi back-end website sehingga bisa menghadirkan performa jauh lebih bagus.

Sosial Media Marketing

Adapun jenis pemasaran satu ini ternyata sedang booming selama beberapa tahun terakhir ini. Dimana merupakan upaya melakukan kegiatan promosi melalui sosial media. Beberapa pilihan sosial media yang sering digunakan diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter, bahkan Tiktok.

Saat ini, pengguna aktif dari sosial media ternyata mencapai 3,6 miliar lebih orang didunia. Tentu saja melihat kondisi tersebut dapat menjadi cara paling ampuh untuk melakukan pemasaran secara digital.

Namun perlu diingat juga bahwa setiap media sosial mungkin juga akan menyasar calon konsumen berbeda-beda. Misalnya saja adalah Facebook dimana lebih cocok bagi bisnis dengan target pasar usia sekitar 25-34 tahun.

Influencer atau Affiliate Marketing

Beberapa tahun terakhir, jenis digital marketing inipun ternyata juga mengalami popularitas. Terlebih lagi dengan melibatkan seorang influencer tentu akan memberikan hasil yang memuaskan. Caranya adalah dengan membayar seorang influencer buat melakukan kegiatan promosi produk atau jasa.

Apabila Anda ingin menerapkan jenis pemasaran tersebut, maka kami sarankan agar memilih seorang influencer dimana mempunyai jumlah pengikut banyak di sosial media. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mendapatkan calon pelanggan.

Jenis-Jenis Digital Marketing Lainnya

Jenis-Jenis Digital Marketing Lainnya

Selain beberapa pilihan digital marketing di atas, ternyata masih ada lagi jenis yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mengingat bentuk pemasaran inipun mempunyai cakupan cukup luas dibaliknya. Berikut ini beberapa jenisnya tersebut.

Email Marketing

Ini sangat cocok apabila Anda ingin melakukan pemasaran tetapi sifatnya lebih personal alias pribadi. Sesuai dengan namanya, bentuk marketing ini nantinya akan memanfaatkan adanya email.

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh model pemasaran satu ini seperti biaya yang dikeluarkan lebih kecil, jangkauannya luas, mudah dijangkau oleh para konsumen hingga bisa menyampaikan pesan perusahaan lebih efektif.

Content Marketing

Jenis pemasaran digital lainnya dimana juga cukup ampuh dalam menggaet para konsumen adalah melalui konten ini. Nantinya Anda bisa menghasilkan sekaligus mendistribusikan konten dimana mampu memikat target pasar sekaligus mengubah mereka menjadi seorang pelanggan.

Video

Terakhir adalah Anda dapat menjalankan pemasaran online dengan menggunakan video juga. Ini ternyata juga cukup popular selama beberapa tahun terakhir. Bahkan bisa memberikan dampak cukup bagus terhadap ROI perusahaan.

Terdapat beberapa kelebihan dimana ditawarkan oleh bentuk pemasaran ini seperti meningkatkan pemahaman konsumen mengenai produk, conversion yang meningkat hingga dapat menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat.

Manfaat Pemasaran Digital Bagi Pemilik Bisnis

Penerapan dari pemasaran satu inipun memang sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha karena sejumlah manfaat yang dihadirkan dibaliknya. Apabila Anda masih ragu, maka berikut ini beberapa manfaat dimana ditawarkan oleh pemasaran ini:

Bisa Mendapatkan Target Pasar Dengan Tepat

Nantinya dalam penerapannya, pebisnis akan memanfaatkan berbagai macam jenis tools. Tools itulah mampu memberikan kemudahan bagi Anda agar mendapatkan target pasar dengan tepat sekaligus akurat karena mampu mengumpulkan sejumlah data penting.

Biaya Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan menggunakan metode promosi secara tradisional, pemasaran ini ternyata juga menawarkan biaya jauh lebih terjangkau loh. Sebab nantinya, Anda tidak perlu lagi mencetak poster ataupun membuang-buang dana buat menciptakan iklan kurang efektif.

Meningkatkan Brand Awareness

Siapa yang tidak ingin bisnis dikenal dimana-mana? Tentu saja sebagai pelaku usaha, anda juga menginginkannya bukan? Salah satu cara yang bisa dilakukan buat meningkatkan brand awareness adalah dengan menggunakan pemasaran digital.

Cara Menerapkan Digital Marketing

Sampai disini, Anda pastinya semakin tertarik buat menerapkan model pemasaran satu ini bukan? nah, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan diantaranya adalah

  • Mulailah untuk membuat website sebagai toko online pribadi
  • Jangan lupa menerapkan teknik SEO sekaligus Landing page agar website berada di halaman utama
  • Membuat sosial media mulai dari Tiktok, Instagram, Facebook dan masih banyak lagi
  • Pastikan selalu menjaga komunikasi baik dengan para konsumen.

Selain beberapa strategi diatas yang bisa anda terapkan maka Anda juga tidak boleh lupa untuk memanfaatkan keberadaan resimu.net untuk melakukan pengecekan atau tracking paket. Sudah siap menerapkan digital marketing untuk kemajuan bisnis?


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar