Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Customer Acquisition, Pengertian Hingga Strategi dalam Menjalankannya

Didalam dunia bisnis, ada yang disebut dengan istilah customer acquisition. Apa arti istilah tersebut, sejauh mana pentingnya dan strategi memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis? Mungkin masih banyak yang belum paham, namun pernah mendengarnya.

Biar tidak bingung, maka sangat penting buat Anda menyimak semua informasi lengkapnya berikut ini.

brand awareness bisa dijadikan strategi untuk menunjang proses costumer acquisition

Apa itu Customer Acquisition?

Istilah ini memiliki makna sebagai cara untuk menarik konsumen baru dalam sebuah bisnis. Ada proses orientasi yang dilakukan, teknik khusus dengan tujuan pengembangan usaha agar lebih luas dan untungnya menjadi lebih banyak.

Jika dilihat dari definisinya tersebut, ada aksi yang dilakukan untuk menggaet konsumen baru tersebut, tergantung dari jenis bisnis dan bagaimana kesiapan dari pebisnis untuk melakukan aksi tersebut.

Teknik akuisisi ini, juga akan meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis. Bahkan dapat menarik minat investor untuk ikut menjadi bagian dari perkembangannya. Tapi, memang tidak bisa dilakukan secara instan karena butuh waktu panjang untuk melihat hasilnya.

Kenapa Customer Acquisition Itu Penting?

Buat Anda yang mau menggunakan teknik akuisisi pelanggan ini, perlu tahu terlebih dahulu alasan pentingnya menjadikan customer acquisition sebagai bagian dari sebuah usaha.

Mampu Menarik Konsumen Baru

Dengan teknik yang tepat dan kemampuan yang selalu baru, akan membuat proses bertambahnya konsumen berjalan lancar. Bahkan, pebisnis juga bisa membuat target jangka pendek berapa pelanggan baru yang harus didapat hingga target jangka panjang untuk membuat usaha menjadi punya banyak cabang.

Jadi, memang perlu persiapan matang kalau memang mau menerapkan teknik yang sudah ada sejak lama ini.

Menambah Pendapatan

Hubungan antara akuisisi pelanggan dengan pendapatan adalah berbanding lurus. Saat sebuah usaha mampu menambah jumlah konsumennya, maka transaksi pembelian produk akan menjadi lebih tinggi.

Pendapatan yang awalnya terbatas dari pelanggan lama, kini akan menjadi bertambah karena adanya konsumen baru yang membeli produk. Tentunya akan menjadi sebuah pencapaian yang positif bagi sebuah perusahaan.

Mendatangkan Pemodal Baru

Saat alur kas lancar, semua kewajiban dari perusahaan sudah dilakukan dan tertuang dalam laporan keuangan positif akan menjadi daya tarik sendiri bagi pemodal atau investor untuk berkontribusi menanamkan modal mereka.

Kenapa begitu? Investor, tentu melihat bagaimana perjalanan sebuah perusahaan. Bagaimana strategi mereka meningkatkan penjualan dan menambah pelanggan. Karena mereka tentu tidak mau rugi menanamkan modal.

Ketika proses akuisisi pelanggan sebuah perusahaan berjalan lancar, tentu laporan keuangan menjadi bagus dan itu akan membuat lebih banyak pemodal siap menjadi penyedia modal bagi usaha tersebut.

Bagaimana Strategi Memaksimalkan Customer Acquisition?

proses customer acquisition yang tepat akan membantu bisnis jadi lebih berkembang

Satu hal yang harus diperhatikan saat menerapkan akuisisi pelanggan dengan strategi yang tepat. Mengikuti zaman saat ini, ada beberapa strategi yang bisa digunakan. Tentunya dengan melibatkan orang-orang profesional.

Pilih Channel Marketing Anda

Dengan perkembangan era digital saat ini, channel marketing yang muncul semakin variatif dan semua berhubungan dengan dunia digital. Karena, lebih mudah dikelola dan dampaknya lebih cepat dirasakan.

Beberapa channel yang dapat digunakan adalah, afiliasi, membuat acara online, memanfaatkan konten-konten berkualitas, memaksimalkan peran media sosial, dan lainnya.

Namun harus diingat juga, akan ada customer acquisition cost yang akan dibutuhkan untuk itu.

Tapi, memang harus diidentifikasi dulu target akuisisi yang mau dicapai. Misalnya, dari segi target konsumen kalangan muda. Maka yang paling tepat adalah channel media sosial dengan bahan promosi berupa iklan atau acara-acara seru khas anak muda saat ini.

Dengan begitu, kemungkinan anak muda tertarik untuk melihat situs resmi bisnis, kemudian membeli produk yang disediakan akan semakin tinggi. Apalagi jika talent acquisition adalah bagian yang dipakai dalam channel tersebut. Tentu, hasilnya akan lebih maksimal.

Brand Awareness

Yaitu bagaimana caranya agar bisnis yang dikelola dapat dikenal secara luas oleh masyarakat. Kalau tidak, bagaimana calon konsumen bisa tertarik apalagi membeli produk yang Anda jual?

Nah, untuk membuat brand dikenal, bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan iklan di media sosial tentang bisnis dan produk yang disediakan. Misalnya dengan memanfaatkan Whatsapp business yang kemudian disebarkan kepada semua kontak yang dimiliki.

Dengan begitu, ketika orang tahu bahwa Anda punya bisnis tentu ada yang penasaran tentang bisnis tersebut. Lalu, tinggal cantumkan alamat situs resmi atau toko online yang tersedia. Supaya mereka bisa langsung cek produknya.

Membuat Blog Bisnis

Blog bukan hal yang ketinggalan zaman, justru ketika sebuah bisnis mengemas blog dengan car ciamik maka dampaknya bagi akuisisi pelanggan akan sangat besar.

Di dalam blog tersebut, bisa dihadirkan informasi-informasi terkini seputar bisnis Anda dan apapun yang menyangkut bisnis tersebut. Termasuk trik dan tips yang sangat dibutuhkan oleh calon pembeli.

Sebelum membuat blog dan menentukan isinya, maka hal yang perlu diperhatikan adalah menentukan pula target pembeli yang ingin dibidik. Sehingga dari gaya bahasa konten, hingga tema blog yang dipilih bisa disesuaikan dengan target tersebut.

Konten Berbasis Marketing

Konten yang dimaksud bisa berupa news, video, dan lainnya yang nanti terhubung dengan situs Anda. Kemudian di dalam konten tersebut diselipkan ajakan untuk membeli produk dan cara membeli yang mudah.

Dengan begitu, ketika ada calon pembeli yang melihat konten dan berminat untuk membeli. Maka mereka tinggal mengikuti instruksi yang diberikan di dalam konten tersebut, tanpa harus banyak bertanya.

Ini adalah cara meningkatkan customer acquisition yang paling diminati dan kemungkinan melihat feedback nya juga tergolong cepat.

Memaksimalkan Email Marketing

Siapa bilang beriklan melalui email sudah tidak cocok? Percaya atau tidak, memberikan informasi produk dan layanan bisnis melalui email masih punya potensi untuk mendapatkan pelanggan.

Asalkan Anda bisa mengemas isi email yang menarik, penuh dengan informasi bermutu tentang produk yang dipromosikan. Kemudian, dikirim kepada orang yang tepat dan memang membutuhkan produk tersebut.

Misalnya, mengirimkan email tentang produk alat konstruksi untuk perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi.

Memanfaatkan Sosial Media Marketing

Sosial media juga bertumbuh menjadi media promosi produk yang sangat luar biasa saat ini. Namun memang tergantung bagaimana memanfaatkannya dan konten seperti apa yang disebarkan disana.

Misalnya, memanfaatkan iklan berbayar di media sosial atau membuat video bisnis dengan melibatkan profesional. Tentunya akan sangat butuh dana untuk itu dan Anda harus siap melakukannya jika memang ingin mencari konsumen lebih banyak.

Salah satu yang sedang banyak ditekuni pebisnis adalah teknik endorse. Dimana bisnis Anda bekerjasama dengan sosok yang berpengaruh di media sosial, untuk mempromosikan produk. Contohnya selebgram, artis, dan lainnya.

Program Afiliasi Pelanggan

Membuat program afiliasi masih banyak dipilih untuk mengembangkan bisnis, termasuk meningkatkan customer acquisition. Tapi, tentunya dengan sistem yang transparan dan mudah dipahami oleh calon konsumen.

Contoh, membuat sebuah paket insentif bagi pelanggan yang bisa menarik pelanggan lain agar mau bergabung dan membeli produk bisnis Anda.

Search Engine Optimization

SEO selalu menjadi salah satu yang tak boleh dilupakan, dalam hal pengembangan bisnis. Membuat konten dengan perhitungan matang, kemudian memiliki potensi masuk halaman pertama mesin pencarian sekelas Google.

Dengan diterapkannya SEO yang tepat, orang akan lebih mudah mengenal situs Anda dan memiliki keyakinan lebih besar untuk membeli. Kenapa? Karena situs tersebut bertengger di halaman pertama Google search.

Sudah siap dengan program customer acquisition bisnis Anda? Jangan menunda untuk mulai melakukannya sekarang! Karena persaingan bisnis sudah sangat tinggi dan butuh upaya intensif untuk memenangkan persaingan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar