Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Marketing

10 Contoh Iklan Media Cetak Beserta Gambar dan Penjelasannya

Memanfaatkan media cetak sebagai iklan merupakan salah satu cara untuk mempromosikan sebuah produk agar cepat laku. Cara ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh para pelaku usaha dari dulu. Penerapan contoh iklan media cetak ini bisa untuk membantu pebisnis yang baru memulai usahanya.

Mengapa cocok untuk pelaku UMKM? Promosi dengan media cetak itu tidak begitu mahal biayanya. Kendati demikian seiring dengan berkembangnya zaman sepertinya iklan media cetak ini sudah sedikit sekali peminatnya saat ini.

Media cetak kini mulai tergantikan dengan media elektronik yang dirasa lebih murah, mudah dan efektif dalam penerapannya. Akan tetapi jika Anda tetap ingin menggunakan media cetak bisa simak beberapa informasi di bawah ini.

Pengertian Iklan Media Cetak

Iklan media cetak merupakan sebuah iklan yang menampilkan informasi mengenai sebuah produk agar informasi tersebut bisa sampai ke konsumen. Berdasarkan Buku Manajemen Media Massa dari Irene Silvia bahwa iklan media cetak adalah iklan yang dipajang di surat kabar, majalah dan sebagainya.

Iklan media cetak ini sifatnya mengutamakan informasi-informasi yang disampaikan secara visual dan sifatnya statis. Secara singkatnya apabila Anda melihat iklan yang dipasang di media cetak itu adalah iklan media cetak. Biasanya contoh iklan media cetak untuk anak SD ini banyak ditemukan di koran.

Adapun tujuannya adalah untuk mempromosikan sebuah jasa atau produk ke khalayak umum atau bisa disebut dengan sosialisasi iklan untuk masyarakat. Tentu saja ada beberapa ketentuan mengenai iklan media cetak ini seperti jumlah kata, bahasa yang dituliskan, jumlah barisnya dan sebagainya.

Walaupun posisi iklan media cetak ini sudah mulai tergantikan dengan iklan di media elektronik, sampai saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan media cetak sebagai alat promosi. Anda bisa memilih jenis-jenis media cetak yang dapat digunakan.

Jenis Iklan Media Cetak

Setelah mengetahui pengertian dari media cetak, terdapat juga 10 jenis iklan media cetak yang sering digunakan oleh para pelaku usaha. 10 jenis iklan media cetak ini bisa Anda pilih salah satunya jika ingin digunakan untuk kegiatan promosi. Adapun contoh-contohnya adalah sebagai berikut:

1. Iklan Koran

Iklan Koran
sumber: Kompas

Jenis iklan media cetak adalah iklan di koran. Sepertinya jenis yang satu ini sudah sering Anda lihat bukan? Ada banyak manfaat apabila menggunakan iklan koran adalah dapat meningkatkan jumlah keuntungan dalam penjualan serta membangun identitas dari perusahaan yang baru Anda bangun.

Cara memasang iklan di koran juga cukup mudah yaitu, mengetahui jenis iklan koran sesuai dengan cakupannya. Ada dua jenis koran yaitu koran lokal atau daerah serta koran nasional. Kedua koran tersebut tentu memiliki cakupan area yang berbeda. Jika memilih koran nasional maka pasarnya semakin luas.

Umumnya iklan di koran itu berwarna hitam dan putih serta bisa menggunakan atau tanpa gambar. Akan tetapi sekarang sudah ada iklan koran digital yang lebih modern.

2. Iklan Cetak di Majalah

Iklan Cetak di Majalah
sumber: Imaji

Selain koran, media cetak lain yang juga bisa menjadi tempat promosi adalah majalah. Manfaat dari memasang iklan lewat majalah adalah target pembacanya lebih spesifik karena menyesuaikan dengan isi majalah itu sendiri contohnya adalah majalah bisnis, fashion, komunitas dan jenis majalah lainnya.

Keuntungan berikutnya adalah waktu tayangnya yang lama. Setiap majalah memiliki waktu terbitnya masing-masing dan tidak setiap hari karena sudah diatur agar bisa menarik pelanggannya. Majalah bisa terbit setiap minggu atau setiap bulan dan jika setiap bulan berarti iklan Anda bisa bertahan 1 bulan.

3. Iklan Cetak dalam Produk

Iklan Cetak dalam Produk
sumber: Hubster

Contoh iklan media cetak atau elektronik yang berikutnya adalah pada produk. Iklan jenis ini dibuat untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa. Biasanya iklan pada produk kemasan ini juga dibuat bersama dengan iklan niaga.

Maksudnya adalah iklan ini biasanya digunakan agar dapat mempengaruhi pembei agar mau menggunakan produk atau jasa tersebut. Adapun untuk poin penting dari iklan pada produk kemasan ini adalah jargon yang menarik dengan magic word.

Anda harus membuat kalimat-kalimat yang mudah diingat oleh konsumen dan menjadi ciri khas dari produk itu sendiri. Sehingga ketika ada pembeli yang membaca kalimatnya maka ketika mendengar atau membacanya akan mudah diingat.

4. Iklan Baris

Iklan Baris
sumber: Bprsku

Jenis iklan berikutnya adalah iklan baris dan banyak yang mengira bahwa iklan baris ini sama seperti iklan koran padahal keduanya itu berbeda. Sebenarnya bisa dibilang bahwa keduanya itu sama akan tetapi ukuran dari iklan baris ini sebenarnya lebih sedikit hanya terdiri dari 3 sampai 5 baris saja.

Adapun untuk iklan koran adalah iklan yang ditampilkan dalam satu lembar halaman penuh. Biasanya iklan baris ini berisi informasi mengenai penjualan kendaraan, properti dan informasi lowongan pekerjaan.

5. Iklan di Spanduk

Iklan di Spanduk
sumber: publikasimedia

Contoh iklan media cetak berikutnya adalah iklan yang dipasang di spanduk. Iklan ini adalah iklan yang paling mudah dibedakan karena medianya menggunakan spanduk, biasanya terpasang di depan toko. Ukuran dari iklan spanduk ini juga cenderung besar.

Selain di depan toko, iklan dengan spanduk ini juga terpasang di pohon, atas jalan, di antara dua tiang dan tempat-tempat sejenis lainnya. Manfaat menggunakan iklan spanduk adalah pembuatannya mudah, tahan lama dan informasi yang disampaikan juga jelas.

Iklan dengan menggunakan spanduk biasanya hanya memuat beberapa informasi seperti nama toko, produk yang dijualkan serta alamat lengkap dan harga produknya.

6. Iklan di Flyer

Iklan di Flyer

Tidak hanya spanduk, media lain yang juga menjadi tempat untuk iklan media cetak adalah flyer. Banyak orang yang merasa kesulitan untuk membadakan antara poster dan flyer yang jika terlihat sekilas memang tampak sama.

Walaupun memang memiliki gambar dan berwarna, perbedaannya adaah flyer biasanya hanya satu lembar saja sedangkan brosur biasanya lebih dari satu. Jadi isi dari flyer memang terlihat lebih sederhana dan ringkas dibandingkan dengan brosur akan tetapi cara pembagiannya juga sama.

7. Iklan di Banner

Iklan di Banner
sumber: donabisnis

Jenis iklan media cetak adalah di banner yang isinya lebih padat dan singkat daripada majalah atau brosur. Banner lebih sering menampilkan informasi-informasi penting saja atau informasi utama tentang sebuah produk tersebut.

Informasi tersebut bertujuan agar mudah diingat oleh para konsumen ketika melihat banner tersebut. Biasanya banner ini dipasang di jalan raya yang merupakan tempat strategis untuk menarik perhatian konsumen. Gambar yang terdapat pada banner juga tidak berlebihan dan terdapat informasi kontak.

8. Iklan Kolom

Iklan Kolom
sumber: donabisnis

Jenis iklan lainnya adalah iklan kolom yang hampir sama dengan iklan baris akan tetapi jika dilihat secara seksama maka keduanya itu berbeda. Biasanya dimuat di dalam koran dan iklan kolom itu lebih besar dari iklan baris. Adapun iklan kolom juga memuat gambar sebagai informasi pendukung.

9. Iklan Brosur

Iklan Brosur

Kemudian ada juga iklan brosur yang lebih berwarna dari iklan koran. Ukuran dari iklan brosur juga dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya pembuat iklan juga menambahkan gambar pendukung sebagai tambahan informasi.

10. Iklan di Majalah

Iklan di Majalah
sumber: donabisnis

Terakhir adalah iklan di majalah yang bisa diletakkan dalam majalah. Sebenarnya iklan ini dulu pernah terkenal di tahun 90-an dan awal tahun 2000-an. Untuk iklan yang satu ini terlihat seperti sebuah katalog misalnya iklan produk kecantikan.

Ternyata ada banyak contoh iklan media cetak yang sudah terkenal sejak dulu. Anda mugkin masih sering menemukannya sekarang di koran, majalah atau jalan raya. Manfaat menggunakan iklan cetak ini biayanya murah dan bisa tahan lama seperti majalah.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar