Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

6 Ciri Online Shop Palsu di Instagram dan Trik Agar Tidak Tertipu

Hati-hati tertipu online shop bodong alias palsu dengan ciri-ciri online shop palsu di Instagram yang sebenarnya mudah dikenali. Bagi Anda pengguna Instagram, wajib melakukan langkah preventif supaya tidak membeli di olshop palsu tersebut.

Sudah ada korban yang mengaku membeli produk melalui IG, namun ternyata produk tersebut tidak kunjung diterima. Ada juga yang mengaku menerima produk, namun kualitasnya tidak sesuai dengan spesifikasi pada online shop.

Agar Anda tidak menjadi korban berikutnya, pastikan simak informasi penting ini.

Ciri Online Shop Palsu di Instagram

Benarkah di Instagram Bisa Belanja Online?

Kalau dulu, memang IG hanya diperuntukkan bagi sharing informasi dan status dengan orang lain. Namun sejak beberapa tahun belakangan, sudah ada fitur shop yang memungkinkan siapa saja membuat olshop dan berbisnis disana.

Mungkin tanpa sengaja Anda juga pernah melihat reels di IG berupa promosi produk, dari akun tertentu. Ketika dicek ke halaman akun tersebut ternyata ada banyak produk yang ready stock dan dapat dibeli online.

Bahkan ada juga yang langsung memberikan halaman order ketika membuat reels, sehingga memudahkan siapa saja untuk langsung membeli produk mereka.

Fitur shop bisa langsung dicek pada halaman utama akun Instagram Anda. Pada menu paling bawah ada logo tas belanja, tepatnya disebelah reels. Tinggal buka menu tersebut, maka akan muncul berbagai akun online shop dengan berbagai jenis produk.

Bagaimana Ciri Online Shop Palsu di Instagram?

Sebenarnya, ada beberapa ciri yang terkadang diabaikan oleh pengguna IG ketika membuka halaman akun bisnis atau online shop. Tapi, mulai sekarang cobalah untuk lebih teliti melihat dan mengenalinya.

Feed Tidak Eye Catching

Ciri pertama dapat dilihat dari tampilan halaman akun tersebut, untuk olshop bodong biasanya mereka tidak menata produk dengan rapi. Bahkan terkesan berantakan, ada produk jenis pakaian lalu di sebelahnya produk mainan anak.

Kualitas foto yang tersedia juga tidak maksimal, sehingga tidak menarik dilihat. Belum lagi deskripsi produk juga tidak dijelaskan secara detail, membuat banyak pertanyaan ketika ingin membeli.

Ada juga, yang hanya copy paste dari akun olshop lain dan bukan foto produk mereka sendiri. Jika ini Anda temukan, maka ada indikasi bahwa akun tersebut bukan real toko online.

Followers Tidak Nyata

Salah satu alasan kenapa belanja di akun Instagram adalah, ketika jumlah followersnya sudah banyak, berkisar puluhan ribu sampai ratusan ribu. Tapi, jangan langsung percaya karena bisa saja kebanyakan followers mereka tidak nyata alias hasil beli followers.

Coba cek komentar di setiap status atau foto yang ditampilkan, apakah sebanding dengan jumlah followers? Jika sangan jauh bedanya maka ini bisa diindikasikan akun penipu, atau ketika komennya relatif sama dengan akun berbeda.

Kolom Komentar Sengaja Non Aktif

Kenapa kolom komentar tidak diaktifkan, salah satu kemungkinan alasannya adalah karena pemilik akun memang tidak menjual barang yang mereka promosikan di akun IG.

Harga Terlalu Murah

Ketika membeli sebuah produk, salah satu hal yang diperhatikan adalah harga. Paling tidak Anda tentu sudah tahu pasaran harga sebuah produk bukan?

Jika sebuah akun menawarkan harga jauh lebih murah dari harga standar, maka patut dipertanyakan apakah barang yang mereka jual itu asli atau memang kualitasnya jauh berbeda dari produk aslinya.

Nama IG Tidak Konsisten

Berbeda dengan ciri olshop terpercaya di Instagram, yang akan memakai nama akun yang sama sejak awal mendaftar sampai sekarang. Olshop abal-abal cenderung suka mengganti nama akun, sehingga terkesan tidak konsisten.

Promosi di Bio Terlalu Mencolok

Coba cek bagian bio dari akun tersebut, biasanya akun palsu akan mempromosikan akun mereka dengan cara berlebihan. Misalnya, “barang 100 asli dengan pelayanan sangat memuaskan”.

Sedangkan olshop asli, biasanya tidak banyak memberikan promo di bio melainkan link belanja dan informasi penting soal produk yang dijual saja.

Testimoni Seragam dan Tidak Detail

Adanya album testimoni, bisa menjadi penguat sebuah olshop. Tapi akan beda kondisinya dengan testimoni pada akun olshop palsu. Dimana isinya hampir sama, bahkan ada yang mengambil testimoni dari akun lain.

Trik Belanja Online di Instagram

Trik Belanja Online di Instagram

Selama Anda bisa menemukan olshop terpercaya, sebenarnya belanja di Instagram tidak akan jadi masalah. Ditambah pula, dengan melakukan beberapa trik belanja berikut ini.

Ada Endorser

Untuk toko online yang sudah punya nama, biasanya memiliki brand ambassador untuk mempromosikan produk mereka. Akan lebih baik, ketika Anda memilih toko yang memang sudah dikenal dan terjamin kredibilitasnya.

Tapi, untuk olshop yang baru berkembang. Bisa dipilih yang memiliki setidaknya endorser. Misalnya selebgram, artis, atau orang terkenal dan memberikan kesan setelah menggunakan produk di olshop tersebut.

Lakukan Perbandingan Harga

Jangan langsung tergiur harga murah dari sebuah online shop Instagram, lakukan perbandingan harga dengan olshop lain yang menjual produk sama. Biasanya, untuk reseller atau distributor akan menerapkan harga tak jauh satu sama lain.

Misalnya, perbedaan beberapa ribu atau puluhan ribu. Tapi, kalau bedanya sudah sangat signifikan mencapai ratusan ribu dan lebih murah maka sebaiknya cari olshop lain untuk dijadikan tempat belanja.

Punya Lapak di Marketplace atau Situs Resmi Sendiri

Lebih baik membeli di akun bisnis yang juga memiliki toko online di berbagai marketplace. Sehingga Anda dengan mudah bisa melakukan cek dan ricek ke link toko mereka tersebut. Atau, memiliki situs bisnis sendiri dan bisa diakses dengan mudah melalui link tersedia.

Cek Testimoni Asli

Pastikan testimoni dari para konsumen adalah asli, caranya dengan mengecek langsung akun konsumen yang memberi testimoni tersebut. Kalau aktif dan memang pernah membeli di olshop tersebut, maka dapat dijadikan poin plus dimana toko tersebut sudah jujur menempatkan testimoni dari konsumen asli mereka.

Minta Foto Produk Asli

Kalau pada halaman aku olshop ternyata gambar produk tidak jelas, bahkan seperti mengambil dari IG orang lain. Coba minta foto produk asli kepada penjual, jika mereka bisa memberikannya maka bisa masuk kategori online shop aman.

Alasannya, penipuan online shop di Instagram terkadang tidak bisa dikenali karena banyak foto produk yang sama di banyak akun.

Sistem Pembayaran Transparan

Lebih baik memilih transaksi online yang tidak menggunakan rekening pribadi, dimana ada banyak saldo di dalamnya.

Apa Keunggulan Belanja Online di IG?

Ada beberapa keunggulan mengapa berbelanja online melalui IG lebih dipilih. Pertama, karena biasanya diskusi dengan penjual lebih intens sampai Anda bisa mendapatkan produk yang diinginkan.

Selanjutnya, online shop yang sudah ternama di IG biasanya memiliki banyak promo sehingga harganya menjadi lebih murah jika dibandingkan langsung beli di toko atau melalui marketplace.

Apakah Anda tertarik untuk belanja melalui IG? Jangan lupa kenali dulu sesuai informasi ciri-ciri online shop palsu di Instagram di atas. Untuk memastikan Anda berbelanja di toko online yang terpercaya, terhindar pula dari kemungkinan tertipu dan rugi.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar