Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

7 Cara Verifikasi Rekening Bank di ShopeePay dan Keunggulannya

Sebagai salah satu marketplace ternama di Indonesia, semakin banyak orang menggunakan Shopee untuk bertransaksi termasuk membayar tagihan dan lainnya. Salah satu caranya adalah menggunakan fitur Shopeepay. Namun Anda perlu tahu dulu bagaimana cara verifikasi rekening Bank di Shopeepay sebelum memulai transaksi.

Sebelum bisa menggunakan Shopeepay, Anda perlu punya rekening bank yang akan terverifikasi untuk transaksi pengiriman saldo dan lainnya. Proses verifikasinya mudah namun perlu melalui beberapa tahapan.

Cara Verifikasi Rekening Bank di ShopeePay dan Keunggulannya

Apa Syarat Agar Bisa Verifikasi Rekening Bank Anda di ShopeePay?

Jika Anda mau melakukan verifikasi rekening sebuah bank, yang akan terhubung dengan akun Shopee sehingga ShopeePay dapat digunakan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh sistem pada marketplace tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Merupakan Pengguna Shopee

Anda harus sudah memiliki akun Shopee yang aktif, kalau belum punya maka pastikan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengikuti langkah pendaftaran yang mudah. Unduh aplikasinya dan sign up lalu ikuti proses pendaftaran sampai selesai.

Para pengguna Shopee yang sudah terdaftar, akan memiliki akses ke akun mereka dan menggunakan berbagai fitur di halaman akun termasuk Shopeepay.

Punya Kartu Identitas Aktif

Pastikan Anda punya kartu identitas yang masih aktif. Disarankan untuk memakai Kartu Tanda Penduduk (KTP), jika tidak ada atau dalam proses pembuatan bisa diganti dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Passport.

Bagi warga negara asing yang mau melakukan cara verifikasi rekening bank di ShopeePay, wajib memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang masih berlaku.

Ada Nomor Rekening Bank

Memiliki nomor rekening bank atas nama sendiri, yang akan diverifikasi sehingga terdaftar sebagai rekening untuk melakukan transaksi ShopeePay. Bank yang digunakan, bisa bank apa saja baik itu bank nasional di Indonesia maupun bank swasta atau bank internasional. Asalkan masuk dalam daftar bank yang bekerjasama dengan Shopee.

Memiliki Nomor Telepon Terkoneksi ke Akun Shopee

Memiliki nomor telepon yang terkoneksi dengan akun Shopee, tepatnya nomor yang didaftarkan ketika Anda membuat akun pada marketplace tersebut. Fungsinya nanti adalah untuk melakukan konfirmasi ketika proses verifikasi rekening bank sudah dilakukan.

7 Cara Verifikasi Rekening Bank di ShopeePay

Ada cara verifikasi rekening bank di ShopeePay yang perlu dilakukan. Selama Anda sudah memiliki semua persyaratan di atas maka proses verifikasi ini akan berjalan cepat dan lancar. Tapi, perlu dipastikan bahwa perangkat yang dipakai selama proses verifikasi baik itu HP ataupun komputer harus terhubung jaringan internet.

  • Buka aplikasi Shopee yang ada di perangkat Anda, dengan klik pada logo Shopee di halaman menu utama perangkat jika Anda menggunakan HP.

Kalau menggunakan perangkat komputer, maka buka situs ShopeePay dan masuk ke akun menggunakan username dan password.

  • Pilih menu “ShopeePay” yang terdapat di halaman utama akun, dengan logo koin di sisi tengah halaman.
  • Pada halaman ShopeePay, pilih menu “pengaturan” di sudut kanan atas halaman logonya gear
  • Akan muncul daftar menu berikutnya, Anda pilih “penarikan dana” yang terletak di daftar paling atas
  • Masukkan nomor rekening bank yang akan diverifikasi oleh sistem ShopeePay. Kemudian isi juga nama bank, nama cabangnya dan kota tempat rekening diaktifkan.

Pastikan Anda memasukkan nomor yang benar, supaya bisa teridentifikasi oleh sistem nama bank dan pemiliknya dengan benar

  • Klik tombol “lanjutkan” dan tunggu proses verifikasi berlangsung
  • Masukkan kode OTP yang dikirim oleh sistem aplikasi tersebut melalui SMS ke nomor telepon terdaftar. Pastikan juga Anda memasukkan nomor OTP dengan benar, namun biasanya jika Anda melakukan proses verifikasi ini pada ponsel yang menggunakan nomor tersebut maka kode OTP akan otomatis muncul di kolom verifikasi.
  • Tunggu proses selesai dan Anda akan menerima notifikasi bahwa proses verifikasi selesai dan transaksi melalui atau ke nomor rekening tersebut sudah bisa dilakukan.

Selama Anda melakukan tujuh cara ini dengan benar dan sesuai dengan tahapannya, maka proses verifikasi akan cepat selesai. Apalagi kalau koneksi internetnya bagus, mungkin hanya butuh beberapa menit saja. Tapi ada juga yang maksimal mendapatkan notifikasi dalam jangka waktu 2×24 jam.

Keunggulan Verifikasi Rekening Bank Untuk Transaksi ShopeePay

Keunggulan Verifikasi Rekening Bank Untuk Transaksi ShopeePay

Kenapa pengguna disarankan untuk segera melakukan verifikasi rekening Bank di Shopeepay? Tentunya karena bisa mendapatkan keunggulan dalam menggunakan aplikasi marketplace tersebut, terutama bertransaksi pakai ShopeePay.

Limit Bisa Bertambah

Bagi pengguna baru aplikasi Shopee, setelah mendaftar dan memenuhi persyaratan untuk pakai ShopeePay akan mendapatkan limit minimal terlebih dahulu berkisar Rp500.000 an. Hal ini akan sangat berpengaruh karena untuk saldo maksimal ShopeePay biasanya hanya berkisar ratusan ribu rupiah saja.

Tapi, kalau Anda sudah melakukan verifikasi rekening bank maka limit saldo yang bisa disimpan atau dipakai bisa meningkat bahkan mencapai puluhan juta. Dimana penambahan limit akan dilakukan berkala, melalui hasil penilaian sistem ShopeePay yang dilakukan otomatis.

Transaksi Lebih Aman

Kenapa lebih aman? Tentunya karena adanya koordinasi antara Shopee dengan bank tersebut, untuk menyimpan data pelanggan. Jadi, sama halnya dengan transaksi langsung di sebuah bank, data pribadi akan disimpan menggunakan sistem keamanan berlapis secara digital.

Tidak Ada Biaya Admin

Kalau Anda sudah punya rekening bank terverifikasi, maka nantinya untuk melakukan transaksi melibatkan rekening tersebut tidak akan ada biaya admin yang dibebankan. Alhasil harga yang harus dibayar dan ditransfer, sesuai dengan jumlah transaksi dan jenis transaksi dilakukan.

Transaksi Antar Akun Lebih Mudah

Untuk melakukan transaksi antar akun akan lebih mudah, dimana Anda bisa langsung melakukan transaksi melalui rekening bank terdaftar. Tidak perlu banyak prosedur online harus dilakukan, selama rekening terdaftar sinkron dengan kegiatan transaksi yang sudah dilakukan.

Aman Simpan Saldo

Jika Anda mau menyimpan saldo di akun ShopeePay juga akan lebih aman, bahkan limit saldonya bisa mencapai Rp10.000.000. Sebelum dipakai untuk berbagai transaksi di Shopee atau merchant yang memang bekerjasama dengan Shopee.

Transaksi Tercatat

Semua transaksi yang melibatkan rekening bank tersebut akan tercatat dengan detail, jadi ketika suatu saat Anda membutuhkan riwayat transaksinya tinggal mengunduh dan mencetaknya.

Withdrawal Lebih Mudah

Ketika Anda ingin melakukan penarikan saldo ShopeePay, dapat menggunakan rekening bank terdaftar tersebut. Terutama jika saldonya sudah mencukupi untuk melakukan transaksi di luar Shopee.

Adakah Kemungkinan Verifikasi Ditolak?

Mungkin Anda bertanya-tanya, dengan mudahnya memberikan data melalui sistem aplikasi apakah ada kemungkinan verifikasi tersebut ditolak. Jawabannya bisa saja, tergantung siapa yang menggunakannya dan banyak faktor lain. Namun untuk alasan penolakan biasanya karena dua hal.

Pertama adalah ketika rekening bank yang mau diverifikasi tersebut ternyata sudah tidak aktif atau tidak dipakai lagi untuk berbagai transaksi. Solusinya adalah mengulang proses verifikasi dari awal atau mengganti rekening yang akan diverifikasi

Kedua adalah, ketika Anda tidak memberikan data secara akurat pada sistem. Dampaknya adalah error saat akan menggunakannya kembali.

Sudah paham seluk beluk tentang Shopeepay, termasuk verifikasi rekening Bank di Shopeepay? Saatnya untuk transaksi aman dan memuaskan melalui ShopeePay.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar