Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Verifikasi GOPAY dengan Mudah dan Cepat

Salah satu aplikasi keuangan digital, GoPay menyediakan layanan transaksi yang mudah dan praktis. Agar dapat menikmati layanan lebih upgrade dengan tingkat keamanan tinggi, ikuti cara verifikasi gopay setelah mendaftarkan akun baru.

Dengan menggunakan dompet digital dari Gojek ini, maka Anda dapat menikmati kemudahan membayar berbagai transaksi, mulai dari Go-ride sampai Go-food. Buat akun baru untuk pertama kali, lalu lakukan verify menggunakan identitas diri.

Syarat penting untuk disiapkan dalam proses verify ini adalah identitas diri, yaitu KTP. Dapatkan keuntungan lebih dengan melakukan verifikasi akun GoPay Anda sekarang juga.

Cara Verifikasi Gopay Agar Dapat Nikmati Layanan Plus

Syarat Melakukan Verifikasi Gopay

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kartu identitas diri asli berupa KTP atau paspor menjadi syarat utama untuk dipersiapkan pengguna. Selain itu, berikut syarat melakukan verifikasi Gopay secara lengkapnya.

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau paspor asli dan masih aktif
  • Akun Gojek aktif
  • Email aktif
  • Nomor hp aktif

Mendaftar Gopay untuk Pertama Kali

Sebelum melakukan verify, maka ada baiknya Anda mengetahui dahulu cara mendaftar Gopay untuk pertama kali. Ikuti tutorial selengkapnya seperti di bawah ini.

  • Unduh aplikasi Gojek di Play Store
  • Pasang aplikasinya
  • Jalankan app Gojek
  • Tekan tombol “Daftar”
  • Masukkan nomor hp aktif
  • Tekan Menu “Gopay”
  • Selesai

Dengan mendaftar pertama kali, maka akun Gopay akan langsung dibuat. Namun, tidak dapat menggunakannya untuk bertransaksi mengirim uang ke bank sehingga perlu melakukan verify terlebih dahulu.

Cara Verifikasi Gopay Atau Upgrade Ke Gopay Plus

Pada cara verifikasi gopay juga dapat disebut sebagai langkah upgrade menjadi akun Gopay Plus sehingga akan memperoleh banyak keuntungan sekaligus. Ikuti langkah-langkah verify dengan melihat panduan berikut ini.

  • Buka app Gojek di hp
  • Masuk ke Menu “GoPay”
  • Tekan opsi “Upgrade GoPay Plus”
  • Unggah foto KTP atau paspor asli
  • Ambil foto selfie memegang KTP atau paspor asli dan unggah
  • Tekan “Kirim”
  • Selesai

Setelah berhasil melakukan cara diatas, maka Anda hanya perlu menunggu verifikasi dari pihak GoPay dalam kurun waktu kurang lebih 24 jam. Apabila sukses, dapat langsung menggunakannya untuk berbagai transaksi keuangan sehari-hari.

Keuntungan Verifikasi Akun GoPay

Keamanan dalam aplikasi dompet digital seperti ini menjadi perhatian utama sehingga pengguna direkomendasikan melakukan verify. Dengan cara verifikasi Gopay atau upgrade ke akun Plus, akan memperoleh sejumlah keuntungan seperti di bawah.

1. Limit Saldo Semakin Besar

Keuntungan pertama yang bisa pengguna dapatkan dengan Upgrade ke GoPay Plus adalah limit saldo yang semakin besar. Jika menggunakan akun basic tanpa proses verify, limit top up hanya sampai Rp2.000.000 saja.

Apabila Anda sudah memverifikasi akun, maka limit saldo mencapai Rp10.000.000. Ini tentu sangat menguntungkan dan memudahkan dimana tidak perlu melakukan top up berkali-kali dengan kebutuhan transaksi yang banyak serta nilai besar.

2. Transfer Saldo ke Sesama Pengguna Gojek

Teman sedang membutuhkan dana pinjaman dan Anda hanya mempunyai sisa uang di Gojek? Tenang saja, kirimkan saldo menuju akun Gojek teman secara mudah dengan hanya mengisi nomor hp aktif yang sudah terdaftar GoPay.

Akun yang telah terverifikasi dapat digunakan untuk mengirimkan uang ke sesama pengguna Gojek hanya dalam waktu singkat. Dengan demikian, momen mendesak atau sekedar berbagi menjadi semakin mudah dan praktis.

3. Fitur Chat Patungan

Sering makan bersama teman, tapi bingung siapa yang harus bayar? Lebih baik gunakan fitur chat patungan di Gojek agar bisa membagi total makan sehingga menjadi adil tanpa ada yang berat sebelah.

Rundingkan besarnya biaya masing-masing anggota untuk membayar bill. Anda juga dapat meminta dan mengirimkan saldo melalui chat patungan ini.

4. Fitur Paylater

Membeli Sekarang dan Membayar Nanti merupakan fitur selanjutnya yang akan mempermudah hidup Anda. Fitur ini hanya dapat digunakan pada akun yang sudah melakukan verify identitas diri secara lengkap dan berhasil.

Dengan sistem seperti kartu kredit, pengguna harus membayar tagihan setiap bulannya dengan maksimal pemberian dana sebesar Rp500.000. Layanan ini bisa untuk Go-ride, Go-food, dan masih banyak lagi tanpa biaya tambahan.

5. Tarik Tunai Saldo ke Rekening Bank

Keuntungan berikutnya adalah pengguna bisa menarik saldo ke rekening bank. Ini tidak dapat dilakukan apabila akun Anda masih reguler atau belum upgrade menjadi Plus.

Melalui fitur ini, maka bisa menggunakan uang secara lebih bijak untuk berbagai keperluan. Terdapat biaya admin untuk setiap transaksi yaitu sebesar Rp2.500.

6. Banyak Promo

Anda bisa menikmati banyak promo di akun Plus. Diskon atau potongan harga hingga cashback baik untuk Go-ride atau Go-food sangat sayang untuk dilewatkan.

Dengan menggunakan promo ini, akan memberikan keuntungan berupa lebih hemat. Segera ikuti cara verifikasi gopay sekarang juga.

Kenapa Verifikasi Gopay Gagal?

Dalam mengikuti cara verifikasi gopay seperti sebelumnya, banyak pengguna mengalami kegagalan. Kenapa verifikasi gopay gagal? Ketahui penyebabnya seperti kemungkinan di bawah.

1. Kartu Identitas yang Diunggah Rusak

Penyebab pertama adalah kartu identitas Anda mengalami kerusakan. Dengan begitu, informasi data diri, foto, dan tanda tangan menjadi tidak terbaca secara jelas.

2. Foto Identitas Diri Tidak Jelas

Jangan mengambil gambar dengan buru-buru sehingga hasilnya tidak jelas atau blur. Ini menyebabkan verifikasi Anda tidak berhasil.

3. Pengambilan Foto Identitas Diri Tidak Tepat di Dalam Frame

Dalam proses verify, pengguna diminta mengambil gambar identitas diri dan selfie secara langsung dengan kamera hp. Jika gambar tidak pas dengan frame yang sudah ditentukan, maka menjadi tidak terbaca informasi keseluruhannya.

4. Identitas Diri Tidak Sesuai Ketentuan

Pastikan identitas diri Anda sesuai dengan ketentuan dari Gojek, yaitu merupakan dokumen asli baik KTP maupun paspor, foto selfie memegang KTP atau paspor milik sendiri bukan orang lain, dan gambar wajah harus original, tanpa editing.

5. Bagian dari Foto Identitas Tertutup Bayangan atau Terkena Flash Kamera

Saat pengambilan gambar identitas, lebih baik mematikan flash kamera karena akan menutupi data di dalamnya. Selain itu, pastikan memilih lokasi pencahayaan bagus sehingga tidak menghasilkan bayangan pada foto.

6. Ada Perbedaan Tipe Identitas Diri yang Dipilih dengan yang Diunggah

Dalam verify akun Gopay, pengguna dapat memilih menggunakan KTP atau paspor. Jika gagal, bisa jadi yang Anda pilih dan upload berbeda sehingga tentu saja tidak akan sinkron.

7. Foto Tidak Diambil Langsung oleh Kamera Hp

Ketika mengunggah gambar berupa identitas diri, baik KTP atau paspor, harus langsung menggunakan kamere hp saat itu juga. Apabila bukan merupakan dokumen original, seperti hasil fotografi atau editing, maka akan terjadi penolakan sehingga mengalami kegagalan.

8. Identitas Telah Digunakan untuk Akun Gopay

Identitas yang sudah pernah digunakan untuk verify akun Gopay tidak akan bisa digunakan lagi. Maka dari itu, cara verifikasi gopay hanya untuk satu identitas diri, baik KTP maupun paspor.

Itu dia informasi mengenai cara verifikasi gopay yang mudah dan praktis agar akun Anda menjadi Plus. Dengan demikian, bisa menikmati layanan dan fitur lebih menguntungkan sehingga belanja semakin hemat.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar