Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Verifikasi Google Bisnisku dan Kenapa Harus Menggunakannya

Apakah Anda baru saja melakukan pendaftaran disini? Sudahkan mengetahui cara verifikasi Google Bisnisku? Sudah saatnya, Anda memang harus memahaminya dengan baik untuk meningkatkan kemajuan dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Bukan hanya dikenal mempunyai mesin pencari yang mutakhir, tetapi keberadaan Google ternyata mempunyai layanan lainnya dimana tidak kalah menariknya yakni Google My Business. Nah, buat Anda yang ingin memahaminya lebih lanjut maka sebaiknya simak penjelasannya berikut ini.

Cara Verifikasi Google Bisnisku Dengan Mudah

Sekilas Tentang Google My Business

Nama perusahaan Google pastinya sudah tidak asing lagi di telinga bukan? bahkan kemungkinan besar Anda juga sering menggunakannya setiap hari. Tercatat bahwa Google sudah memegang lebih dari 92% pangsa pasar dalam bidang search engine.

Kehadirannya sendiri juga dikenal mempunyai beberapa fitur canggih yang sangat berguna buat para pengguna setianya. Sebut saja Google Bisnisku atau Google My Business dimana mempunyai peran cukup penting.

Adapun ini merupakan tools yang disediakan oleh raksasa perusahaan teknologi untuk memberikan kemudahan calon klien dalam mengetahui informasi seputar bisnismu tersebut. Disinilah, Anda dapat menyematkan beberapa informasi penting.

Mulai dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telefon, alamat email, website perusahaan, jam operasional, foto kantor hingga adanya review klien. Oleh karena itulah kehadirannya akan membantu Anda dalam memperoleh calon pelanggan lebih banyak.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan layanan satu ini maka wajib buat melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Tenang saja, proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa dipungut biaya sekalipun.

Tetapi agar bisnismu tersebut dapat dimunculkan dalam Google Bisnisku, maka harus melakukan proses verifikasi dahulu melalui email. Memang untuk proses pendaftarannya sendiri cukup mudah tetapi sebagian besar dari pengguna justru kebingungan dalam proses verifikasi.

Cara Daftar Google Bisnisku

Sebelum Anda mengetahui bagaimana proses verifikasi dari layanan satu ini maka penting untuk memahami bagaimana proses pendaftarannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena masih banyak pengguna baru dimana kebingungan dalam melakukannya.

Berikut ini beberapa cara melakukan registrasi yang harus dipahami dengan baik oleh para pengguna

  • Silahkan akses halaman Google Bisnisku dan tab pada Mulai Sekarang
  • Masuk menggunakan Gmail
  • Input nama usaha
  • Pilih Ya apabila mempunyai kantor fisik untuk memilih titik lokasi pada Google Maps
  • Silahkan masukkan alamat kantor fisik
  • Tentukan lokasi pada Google Maps
  • Pilih Ya buat melakukan pelayanan ke tempat konsumen
  • Input area layanan jika hanya akan focus pada area tertentu saja
  • Silahkan tentukan kategori bisnis
  • Masukkan detail kontak
  • Kalau belum mempunyai website maka gunakan website dimana disediakan oleh pihak google
  • Tab Ya agar mendapatkan informasi terbaru mengenai fitur tersebut
  • Silahkan masukkan nama penerima kartu pos dimana nantinya akan berisi kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

Cara Verifikasi Google Bisnisku Dengan Mudah

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa agar usaha Anda dapat ditampilkan di dalam fitur tersebut maka perlu melakukan proses verifikasi dahulu. Adapun tujuan dari proses tersebut adalah supaya bisnis tersebut benar-benar terdaftar didalam platform dan ada secara nyata.

Semakin lengkap verifikasi data yang terdapat didalamnya itulah maka peluang usaha ditemukan dengan mudah di Google Maps juga akan semakin tinggi juga. Jangan khawatir berikut ini beberapa proses verifikasi yang harus dilewati.

  • Sign in ke halaman Google My Business
  • Tab pada masukkan kode verifikasi atau verifikasi lokasi
  • Silahkan masukkan kode yang telah terdapat pada kartu pos
  • Apabila kode tersebut benar, akan langsung ditampilkan list yang telah diverifikasi
  • Apabila lokasinya sudah terverifikasi maka Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada didalamnya tersebut.

Fitur Menarik Didalam Google Bisnisku

Menjadi salah satu fitur yang cukup penting untuk para pemilik bisnis, ternyata Google My Business inilah juga dilengkapi oleh berbagai macam fitur menarik. Adapun penjelasannya sudah kami siapkan dibawah sehingga Anda bisa lebih memahaminya.

Nama Bisnis

Pertama adalah nama bisnis dimana akan menjelaskan mengenai usaha yang Anda miliki tersebut. Saran dari kami adalah hindari penggunaan spam keyword pada nama usaha sehingga dapat terhindar dari namanya disable account.

Sebagai contohnya adalah Ahmad Service Kulkas Murah Semarang maka sebaiknya masukkan Ahmad Service Kulkas saja. Sebab pihak Google nantinya akan mengetahuinya secara sendirinya.

Deskripsi

Fitur lainnya adalah deskripsi dimana akan menjelaskan mengenai bisnis apa yang sedang Anda jalani tersebut. Pengguna diberikan kesempatan untuk memberikan deskripsi hingga 750 karakter sekaligus.

Alamat Website

Ini nantinya dapat diisi oleh alamat website dari bisnis Anda tersebut. Perlu diketahui bahwa ini juga dapat menjadi salah satu sumber trafik dimana dapat meningkatkan visibilitas dari usaha.

Ratings

Fitur lainnya yang terdapat didalamnya adalah rating bintang dimana fungsinya adalah buat memperlihatkan seberapa bagus layanan bisnis Anda tersebut. Namun perlu diingat bahwa rating akan diberikan secara langsung oleh pihak konsumen.

Foto

Bisa diisi oleh foto mengenai usaha dan pastikan foto juga harus sebagus mungkin. Sebab nantinya akan berpengaruh terhadap minat atau tidaknya seseorang dengan bisnismu tersebut.

Alamat, Maps, Jam Operasional, Telefon, Pertanyaan hingga Review

Masih ada lagi fitur-fitur yang disematkan didalam Google Bisnisku tersebut seperti alamat, maps, jam operasional, telefon hingga review. Untuk jam operasional, sebaiknya Anda memang harus menyediakan informasi yang jelas sehingga konsumen bisa paham kapan harus datang ke tempat usaha.

Pentingnya Menggunakan Google Bisnisku

Sekilas Tentang Google My Business

Sudah tahu bukan bahwa proses verifikasi dari layanan ini ternyata tidaklah sulit seperti yang di bayangan. Nah, dengan mendaftarkan bisnis Anda pada layanan tersebut tentu akan memberikan segudang keuntungan bukan.

Kalau Anda masih ragu dalam menggunakannya, maka beberapa keuntungan dibawah ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Mempermudah Calon Klien Buat Menemukan Informasi Mengenai Bisnis

Perlu diingat bahwa banyak orang atau calon konsumen dimana malas membuka website untuk mengetahui lokasi atau informasi seputar bisnis. Tetapi berkat adanya layanan dari Google inilah maka pengguna bisa dengan mudah dalam menemukan informasi mengenai usaha Anda tersebut.

Sebagai Media Komunikasi Calon Pelanggan

Adapun manfaat lainnya dari keberadaannya adalah dapat digunakan sebagai media komunikasi bagi calon klein atau pelanggan. Sebab nantinya mereka dapat menanyakan berbagai macam hal seputar bisnis dan pertanyaan itulah dapat dijawab oleh klien lainnya maupun pemiliknya sendiri.

Mendapatkan Review Langsung

Keberadaan review dari pelanggan secara langsung sebenarnya mempunyai peran cukup penting karena dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan ataupun evaluasi nantinya. Jangan khawatir karena berkat adanya layanan Google itulah, Anda bisa dengan mudah memperoleh review dari mereka.

Bisa Muncul Di Google Maps

Bisa muncul didalam Google Maps ternyata dapat menjadi keuntungan tersendiri buat para pemilik usaha. Sebab nantinya akan memberikan kemudahan buat seorang konsumen dalam menemukan lokasi dari usaha.

Ketika ingin usaha Anda dapat berjalan dengan baik, tentu ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Selain memahami cara verifikasi Google Bisnisku, anda juga tidak boleh lupa dalam menggunakan resimu.net.

Tinggalkan komentar