Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Top Up Saldo OVO Lewat ATM Bank Muamalat

Bagi Anda yang memiliki rekening di Bank Muamalat, sekarang sudah transfer saldo OVO pakai rekening tersebut. Cara top up saldo OVO lewat ATM Bank Muamalat merupakan salah satu yang paling mudah untuk dicoba.

Bank Muamalat menyediakan fitur Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dimana pemilik rekening dibekali kartu ATM untuk bisa bertransaksi dimana saja. Baik itu langsung di mesin ATM atau transaksi di berbagai merchant. Dengan adanya kolaborasi dengan OVO, tentu kegunaan ATM tersebut menjadi lebih banyak.

Cara Top Up Saldo OVO Lewat ATM Bank Muamalat

Cara Top Up Saldo OVO Lewat ATM Bank Muamalat

Cara paling mudah dan standar, bisa dilakukan oleh siapapun yang punya akun OVO dan rekening Bank Muamalat. Mengingat penggunaan ATM sudah lama ada dan dipahami oleh berbagai kalangan.

  • Cek ATM Bank Muamalat Anda, pastikan masih aktif dan bisa digunakan
  • Pergilah ke ATM Bank Muamalat terdekat dari lokasi Anda saat ini
  • Masukkan kartu ke mesin ATM tersebut, lalu masukkan PIN ATM yang sudah terdaftar dan dipakai untuk berbagai transaksi melalui ATM bank Muamalat
  • Pada halaman menu utama pilih opsi “transaksi lain”
  • Lanjutkan dengan klik pada menu “top up/Isi Ulang dan pilih “OVO”
  • Ketik nomor ponsel Anda yang didaftarkan saat membuat akun OVO. Pastikan juga nomor telepon tersebut masih aktif
  • Ketik jumlah nominal transfer atau top up akan dilakukan, cek lagi apakah seluruh angka yang diketik sudah benar. Klik pada tombol “lanjut”
  • Pada informasi pemilik akun OVO yang muncul, Anda wajib cek nama pemilik akun dan nomor akunnya. Apakah sudah sama atau tidak, kemudian jangan lupa cek kembali nominal transfer yang akan dilakukan.
  • Klik “bayar” lalu tunggu sampai proses selesai dan muncul konfirmasi bahwa proses top up menggunakan sukses
  • Klik pada menu “keluar” dan ambil kembali ATM Anda

Jangan lupa mengambil struk transaksi yang keluar dari mesin tersebut, simpan untuk dokumentasi transaksi pribadi Anda. Siapa tahu saat nanti Anda memerlukannya.

Cara Top Up Saldo OVO Pakai DIN Bank Muamalat

Selain cara top up saldo OVO lewat ATM Bank Muamalat di atas, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh Bank Muamalat. Untuk bisa mengaksesnya, Anda juga perlu mendaftar terlebih dahulu supaya punya username dan password serta PIN transaksi.

  • Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi DIN, yang tersedia di platform Google Play Store untuk pengguna perangkat HP Android atau Apple Store untuk yang pakai iPhone.
  • Buka aplikasi yang sudah ada di menu ponsel, kemudian masukkan username dan PIN yang Anda punya
  • Pada halaman selanjutnya, pilih menu bayar atau top up yang muncul
  • Setelah itu, pilih “top up OVO” dan Anda akan dipandu untuk masuk ke halaman berikutnya
  • Ketik nomor HP yang didaftarkan untuk akun OVO Anda, dimulai dengan angka “0” bisa 10 digit angka, hingga 13 digit tergantung kartu dari provider manakah yang Anda pakai.
  • Ketik jumlah top up yang mau dilakukan untuk menambah saldo OVO Anda
  • Cek data yang muncul, kalau sudah benar klik “transfer”
  • Masukkan PIN transaksi Bank Muamalat, yang sudah Anda setting sebelumnya dan dipakai untuk semua jenis transaksi yang menggunakan mobile banking DIN.
  • Tidak perlu waktu lama, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa proses top up berhasil. Asalkan semua proses sudah dilakukan dengan tepat dan benar.

Tips Sukses Top Up Pakai Bank Muamalat

Untuk bisa sukses melakukan top up menggunakan ATM maupun mobile banking Bank Muamalat, sangat perlu menerapkan tips berikut ini. Supaya tidak ada masalah yang muncul dan saldo OVO segera bertambah dan Anda bisa lanjut bertransaksi menggunakan e-wallet tersebut.

Cek Saldo Rekening Bank Muamalat

Coba cek rekening Bank Muamalat Anda, apakah jumlah saldo yang ada didalamnya cukup untuk melakukan top up OVO. Kalau cukup, tentu tidak ada masalah untuk melakukan cara top up saldo OVO lewat ATM Bank Muamalat maupun menggunakan DIN.

Kalau tidak cukup, artinya Anda harus menabung dahulu atau mencari nomor rekening bank lain yang saldo di dalamnya cukup.

Cek Nomor Telepon Terdaftar di Akun OVO

Jangan sampai salah memasukkan nomor HP saat ingin melakukan top up, nomor tersebut merupakan identitas penting bagi para pemilik akun OVO. Dengan nomor tersebut bisa membuka akun sekaligus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang plus minus OVO dan lainnya.

Kalau Anda sudah ganti nomor, kemudian nomor lama tidak disimpan maka hal yang perlu dilakukan adalah mengganti terlebih dahulu nomor terdaftar di akun OVO sehingga tetap bisa tersinkronisasi pada ponsel.

Cek Koneksi Internet

Ada kalanya koneksi internet buruk, sehingga menyebabkan transaksi berhenti di tengah jalan. Sebelum hal itu terjadi, cek koneksi internet di ponsel Ada. Kalau memungkinkan, gunakan jaringan Wifi karena kualitas koneksi akan lebih baik dan stabil dalam waktu lama.

Pastikan Nominal Top Up

Jangan salah memasukkan nominal top up akan dilakukan, jangan sampai salah memasukkan. Dampaknya sangat besar. Misalnya, Anda mengetik nominal lebih besar dan saldo Bank Muamalat cukup maka tentunya tidak bisa ditarik kembali setelah proses top up dilakukan.

Contoh lagi kalau ternyata jumlah top up lebih kecil dari yang dibutuhkan, maka terpaksa melakukan top up dua kali sehingga harus siap dengan pemotongan biaya admin yang menjadi dua kali juga.

Pastikan Tidak Lupa Nomor PIN

Nomor PIN sangat sensitif dan dianjurkan untuk diganti berkala, sebagai cara menjaga privasi dan keamanan akun dan rekening. Jadi, jangan pernah lupa PIN karena Anda tidak akan bisa transaksi tanpa kode enam digit tersebut.

Simpan Bukti Transfer

Jangan lupa untuk menyimpan bukti top up saldo OVO lewat ATM Bank Muamalat yang dilakukan. Kalau melalui ATM, simpan struknya di tempat aman dan fotocopy terlebih dahulu karena biasanya tulisan pada struk akan memudar otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Kalau menggunakan DIN, maka Anda perlu screenshot hal detail dalam sebuah transaksi tersebut.

Kendala yang Sering Terjadi Saat Top Up dan Cara Mengatasinya

pakai ATM bank muamalat lebih mudah menambah saldo OVO

Beberapa kendala, pernah dialami pengguna akun OVO maupun rekening Bank Muamalat atau bank lain yang bekerjasama dengan OVO. Namun selama sistem aplikasinya memiliki cara untuk mengatasi kendala, maka Anda jangan kapok bertransaksi.

Sudah Top Up tapi Tidak Masuk

Ini merupakan kendala yang sering dikeluhkan, karena harus menunggu lama sampai saldo bertambah di akun OVO.

Solusinya adalah, tunggu sampai 2×24 jam biasanya akan masuk. Kalau belum masuk juga, maka Anda bisa konfirmasi langsung melalui nomor yang terdaftar.

Lupa PIN Transaksi

Lupa PIN merupakan hal yang lumrah dialami, cara mengatasinya adalah dengan mengganti PIN dengan yang baru. Melalui fitur reset Pin, memudahkan ganti PIN tanpa diketahui orang lain

Tertarik untuk mencoba cara top up saldo OVO lewat ATM Bank Muamalat atau pakai mobile banking yang disediakan. Sangat mudah dan jaminan berhasil.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar