Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Sukses Bisnis Aksesoris Online dengan Modal Kecil

Kebutuhan aksesoris wanita di kalangan masyarakat Indonesia tiap hari semakin meningkat. Hal itulah juga yang membuat bisnis aksesoris online mulai banyak dipilih oleh para pengusaha baru.

Biasanya aksesoris tersebut banyak diminati oleh masyarakat dari kalangan remaja wanita hingga dewasa. Peminat dari aksesoris tersebut dapat terus ada karena semakin banyaknya variasi aksesoris yang ada.

Nah bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan dalam memulai usaha aksesoris online ini, diperlukan strategi yang tepat. Berikut ini adalah berbagai tips penting yang bisa digunakan dalam bisnis aksesoris.

bisnis aksesoris online

Jenis Aksesoris Wanita Paling Populer

Sebelum Anda mulai terjun dan menjalankan bisnis aksesoris online, ada baiknya terlebih dahulu mencari tahu jenis aksesoris yang populer. Hal ini karena memang untuk jenis aksesoris ada cukup banyak yang diperjualbelikan.

Dengan mengetahui jenis aksesoris populer tersebut, Anda dapat lebih mudah dalam menentukan barang seperti apa yang akan dijual. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis aksesoris wanita yang populer dan banyak diminati.

1. Anting

Jenis aksesoris populer yang pertama adalah anting atau giwang. Beberapa tipe anting yang punya banyak peminat antara lain adalah anting tusuk, anting hope, tassel, dan beberapa jenis lainnya.

Untuk aksesoris seperti anting ini termasuk cukup banyak modifikasinya. Anda dapat menemukan anting dengan modifikasi tema klasik, modern, kombinasi, dan berbagai macam kombinasi menarik lainnya.

Selain itu, kebutuhan para wanita terhadap aksesoris anting ini juga tidak pernah surut. Pasalnya, hampir 99% wanita di Indonesia, pasti menggunakan jenis perhiasan seperti ini untuk kegiatan sehari-hari.

2. Bando/Bandana

Selanjutnya, aksesori bando atau bandana juga masih mendapatkan minat yang tinggi di kalangan wanita. Pasalnya, bentuk dari aksesoris tersebut termasuk sangat sederhana namun tetap dapat membuat wanita tambah menarik.

Penjualan bandana seperti ini juga ada banyak sekali tema yang bisa dipilih. Anda dapat menjual jenis bandana dengan warna mencolok pastel, motif bunga, bandana motif klasik, dan berbagai kreasi bandana menarik lainnya.

3. Tote Bag

Pada fashion wanita saat ini, penggunaan tote bag mulai dipilih sebagai salah satu aksesoris wajib saat bepergian. Jenis tote bag yang banyak diminati adalah yang berukuran besar sehingga dapat menyimpan cukup banyak barang.

Penggunaan tote bag dengan ukuran besar seperti ini juga sering dijadikan sebagai pengganti kantong plastik saat sedang berbelanja. Hal tersebut tentu senada dengan program lingkungan saat ini untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

4. Topi

Jenis aksesori yang cukup populer di kalangan wanita berikutnya adalah topi. Permintaan akan topi tersebut selain sebagai penambah cantik penampilan juga bisa melindungi wajah dari terik matahari.

Selain itu, biasanya topi juga dibutuhkan orang saat sedang berlibur ke tempat wisata. Untuk modelnya, topi punya cukup banyak varian dari mulai motif, bahan, serta desain yang digunakan.

Cara Menjalankan Bisnis Aksesoris Online Wanita

Setelah mencari tahu tentang berbagai produk aksesoris yang digemari oleh para wanita, berikutnya akan diberikan beberapa cara dalam mulai bisnis aksesoris ini. Berikut adalah beberapa cara dalam menjalankan bisnis aksesoris wanita.

1. Persiapkan Modal Bisnis

Cara pertama yang perlu dilakukan dalam memulai bisnis aksesoris online adalah mempersiapkan budget modal usaha. Hal ini wajib dilakukan terlepas dari seberapa besar usaha yang akan Anda jalankan tersebut.

Apabila Anda berencana ingin menjual produk aksesoris dari supplier, maka modal yang dibutuhkan hanya untuk belanja produk saja. Sementara, tidak ada modal yang dibutuhkan untuk proses produksi barang sendiri.

Sementara, jika anda berencana ingin membuat jenis aksesoris buatan sendiri, maka harus mempersiapkan modal untuk keperluan belanja bahan pembuatan aksesoris juga. Selain itu, modal juga digunakan untuk membayar tenaga kerja.

2. Menganalisis Pasar

Berikutnya, Anda juga wajib untuk melakukan analisis pasar sebelum memulai bisnis aksesoris online. Mulailah dengan mengenali target pasar, analisis para pesaing, harga, sampai dengan analisis lokasi berjualan.

Meskipun nantinya Anda akan menjual produk aksesoris ini secara online, terkadang lokasi juga menjadi salah satu alasan orang memesan. Jarak yang dekat dengan lokasi pembeli juga akan mempercepat dalam proses pengiriman barang.

Melakukan berbagai analisis terhadap berbagai faktor penjualan produk ini sangat penting dilakukan. Pasalnya, tidak jarang banyak pengusaha yang cukup cepat gulung tikar saat mengabaikan langkah tersebut.

3. Jalankan Bisnis Dengan Telaten

Dalam menjalankan berbagai macam bisnis, tentunya Anda harus melakukannya dengan telaten dan ulet. Apalagi jika memang usaha yang dijalankan masih termasuk baru serta skala penjualannya masih kecil.

Hal itu juga berlaku saat Anda memilih untuk terjun dalam bisnis aksesoris online untuk wanita. Pasalnya, untuk jenis usaha seperti ini, biasanya keuntungan yang bisa diperoleh per item tidaklah terlalu besar.

Jenis usaha dengan keuntungan kecil seperti aksesoris wanita ini secara umum memang tidak mengandalkan selisih keuntungan yang besar. Biasanya, sistem yang digunakan adalah menjual barang sebanyak-banyaknya.

Jadi, karena penjualan yang dilakukan memang dalam skala besar, maka Anda harus dengan teliti betul saat menghitung keuntungan. Jangan sampai terdapat kesalahan hitung yang nantinya malah dapat mengacaukan laporan bulanan.

 4. Lakukan Promosi Produk

Cara berikutnya dalam menjalankan bisnis aksesoris online untuk wanita adalah dengan melakukan promosi. Hal ini merupakan langkah umum yang dilakukan pebisnis agar produk jualannya dikenal oleh para konsumen.

Untuk melakukan promosi, Anda dapat menggunakan berbagai cara menarik agar para pembeli tertarik. Anda bisa menggunakan media sosial ataupun chat personal dalam melakukan promosi produk.

Supaya bisa mendapatkan perhatian yang banyak dari konsumen, Anda dapat mencoba menggunakan konten promo yang interaktif. Bisa saja Anda menggunakan cara seperti kuis, memberikan tips, ataupun berbagai informasi bermanfaat lainnya.

Apabila bisnis aksesoris online sudah bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak, Anda juga dapat memberikan give away atau diskon kepada pembeli. Namun, dalam pemberian tersebut tetap harus diperhitungkan secara matang agar tidak rugi.

5. Manfaatkan E-Commerce dan Marketplace

Dikarenakan Anda ingin melakukan bisnis aksesoris online, maka dalam proses penjualannya harus dilakukan secara online juga. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam platform ecommerce serta marketplace untuk berjualan.

Berjualan di marketplace atau ecommerce ini sekarang bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Hanya berbekal HP dan kuota internet saja, Anda sudah dapat membuat toko online pada platform tersebut untuk berjualan.

Mengapa harus menjual produk aksesoris Anda di marketplace serta ecommerce? Alasannya tentu karena saat ini pengguna dari aplikasi platform belanja online tersebut jumlahnya sangat banyak sekali.

Dengan menggunakan strategi penjualan yang tepat di marketplace, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dengan cukup mudah. Selain itu, untuk memaksimalkan promosi, Anda dapat memanfaatkan fitur ads yang terdapat di marketplace tersebut.

Begitulah tadi ulasan tentang cara memulai bisnis aksesoris online wanita. Manfaatkan berbagai cara di atas agar bisnis yang dijalankan dapat sukses di tengah ketatnya persaingan bisnis online saat ini.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar