Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

4 Cara Riset Produk Bisnis Online Shop, Agar Jualan Banjir Cuan

Menyusun strategi bisnis sangat penting guna menjamin kesuksesan suatu usaha, terlebih bisnis online. Salah satunya riset produk bisnis online shop, untuk mengetahui produk apa yang paling dibutuhkan masyarakat.

Mengapa riset produk sangat penting dilakukan sebagai strategi bisnis? Pasalnya dengan riset produk bisnis online shop, Anda dapat memahami kebutuhan pasar serta lebih memahami bagaimana cara bersaing dengan kompetitor.

Namun bagaimana cara melakukan riset produk bisnis online shop yang baik untuk keperluan bisnis toko online? Tak perlu bingung, di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan terkait riset produk.

Riset Produk Bisnis Online Shop dengan Mudah

Riset Produk Bisnis Online Shop dengan Mudah

Riset produk merupakan proses pencarian informasi terkait produk bisnis meliputi persaingan, kualitas, harga, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar dapat mengetahui produk mana yang paling cocok untuk dijual dan sesuai dengan tren pasar.

Hal ini juga dapat dilakukan untuk mencari informasi terkait kompetitor bisnis serupa, potensi disukai tidaknya produk atau jasa di pasaran, hingga mencari cara paling tepat untuk mengembangkan produk atau layanan yang ditawarkan.

Berkat riset produk bisnis online shop yang baik, pengusaha dapat terhindar dari kerugian karena telah menjual produk sesuai kebutuhan konsumen. Sehingga riset produk menjadi hal penting agar pengusaha dapat menyusun strategi penjualan paling efektif.

Karena pentingnya riset produk untuk bisnis olshop itulah, setiap pengusaha pemula wajib mengetahui bagaimana cara melakukan riset yang baik dan efektif. Simak penjelasannya di bawah ini.

Survei di Marketplace

Marketplace menjadi platform jualan online yang menghubungkan pembeli dan penjual dari berbagai brand, dan belakangan ini tengah menjadi tren di kalangan pebisnis olshop. Sebagai pengusaha pemula, lakukan survei produk paling laris di berbagai marketplace populer.

Contohnya riset produk bisnis online shop di Shopee. Pada halaman utama Shopee, cari kolom Produk Terlaris dan Pencarian Populer. Untuk Produk Terlaris, kaos polos dan kacamata menduduki peringkat teratas karena terjual lebih dari 170 ribu produk per bulan.

Untuk Pencarian Populer, produk seperti tas, sepatu, jam tangan, masker, hingga kemeja wanita menduduki peringkat teratas. Dengan survei singkat tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual kaos polos, kacamata, atau fashion wanita karena paling banyak dicari.

Hasil pencarian ini dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga perkembangannya harus terus diikuti dan dipertimbangkan kembali sebelum benar-benar memutuskan untuk menjual produk tersebut secara online.

Namun jika telah memiliki ide, riset produk bisnis online shop di marketplace dapat dilakukan dengan melihat produk terlaris dari niche tersebut. Contohnya produk yang dijual adalah kipas angin, ketik “kipas angin” di kolom pencarian lalu urutkan berdasarkan produk terlaris.

Manfaatkan Google Trend

Google Trend adalah layanan dari Google berupa grafik statistik pencarian web, dimana menampilkan popularitas topik pencarian di kurun waktu tertentu. Sehingga tool ini bisa menunjukkan seberapa sering sebuah topik dicari di mesin pencari Google.

Melakukan riset dengan memanfaatkan Google Trend layak dicoba, mengingat Google menjadi sebuah mesin pencari yang mendominasi lebih dari 92% pencarian di dunia. Lantas bagaimana riset produk bisnis online shop menggunakan tool ini?

  • Buka browser lalu ketik Google Trend, atau buka link berikut https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID
  • Masukkan kata kunci yang ingin diketahui, contohnya “fashion wanita”.
  • Nantinya akan muncul grafik pencarian dari kata kunci fashion Anda bisa membandingkan kata kunci tersebut dengan hal yang masih berkaitan dengan fashion, contohnya “pakaian wanita”.
  • Grafik akan menunjukkan perbandingan dari pencarian “fashion wanita” dan “pakaian wanita”.

Dari grafik perbandingan tersebut, Anda dapat menentukan kata kunci produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Pilih kata kunci dengan grafik yang cenderung meningkat, sehingga nantinya produk yang dijual benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Riset di Instagram

Instagram menjadi media sosial yang keberadaannya cukup populer di antara pengguna smartphone. Tak heran jika medsos ini kerap dijadikan platform jualan online, karena memiliki pengguna dalam jumlah fantastis.

Aplikasi ini juga dapat memperlihatkan produk apa saja yang kerap digunakan oleh masyarakat secara real-time. Untuk riset produk di platform IG dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui tagar dan halaman explore.

Tagar atau Hashtag

Tagar atau hashtag menjadi hal penting untuk mengetahui seberapa populer produk yang ingin Anda jual, serta dapat digunakan untuk melihat produk apa yang sedang hangat dipebincangkan di dunia maya.

Fitur hashtag ada di banyak media sosial salah satunya Instagram. Tagar di Instagram dapat digunakan untuk mengelompokkan konten atau postingan, sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan riset produk bisnis online shop.

Halaman Explore

Selain itu menelusuri halaman explore juga memungkinkan pengusaha pemula mendapatkan ide produk, karena di halaman ini pengguna disuguhkan dengan berbagai rekomendasi konten. Pilih menu Shop guna melihat produk apa yang sedang tren dan banyak dijual.

Lihat Ulasan Milik Kompetitor

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika riset produk bisnis online shop adalah melihat ulasan produk serupa milik kompetitor di media sosial atau marketplace. Karena umumnya, produk dengan tingkat penjualan tinggi atau trending banyak diulas oleh pembelinya.

Anda juga dapat memanfaatkan ulasan dari konsumen kompetitor untuk melihat kualitas dari produk tersebut. Contohnya produk yang dijual adalah pakaian wanita, perhatikan testimoni dari pembelinya.

Perhatikan apakah bahan yang digunakan baik, harga ramah di kantong, modelnya trendi, jahitan rapi, dan lain sebagainya. Dengan melihat testimoni tersebut, nantinya Anda dapat memodifikasi atau menjual barang yang kualitasnya lebih baik dari produk milik kompetitor tersebut.

Rekomendasi Produk untuk Jualan Online

Memilih produk untuk dijual secara online bukan hal mudah, karena terdapat beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk menjual produk tersebut. Tak perlu khawatir, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi produk yang dapat dijadikan referensi berjualan online.

  • Fashion pria dan wanita
  • Pakaian anak dan perlengkapan bayi
  • Aksesoris fashion seperti scarf, ikat pinggang, topi
  • Dompet
  • Tas wanita
  • Jam tangan
  • Kacamata
  • Sepatu
  • Produk kecantikan
  • Parfum
  • Busana muslim, hijab, dan aksesorisnya
  • Perlengkapan ibadah
  • Kuliner instan
  • Alat masak
  • Gadget dan aksesorisnya
  • Alat elektronik rumah seperti kipas angin, rice cooker, air fryer, dan lain-lain
  • Peralatan rumah tangga seperti sarung bantal, bed cover, gorden, dan lain sebagainya
  • Pengharum ruangan

Lakukan Uji Coba Produk

Tahapan ini kerap dilewatkan oleh para pengusaha online, yakni melakukan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan untuk memastikan produk yang ingin dijual telah sesuai dengan yang diharapkan, dengan melihat produk fisik secara langsung.

Contohnya ketika ingin menjual jam tangan wanita, namun Anda masih merasa kebingungan model dan jenis apa yang sedang tren di pasaran. Beli beberapa contoh produk dari distributor, kemudian perhatikan kualitas masing-masing barang.

Setelah itu pilih beberapa produk yang kualitasnya paling baik untuk dibuka sistem pre-order. Sehingga nantinya dari sistem pre-order tersebut, Anda dapat mengetahui produk mana yang paling banyak diminati dan produk mana yang kurang diminati pasar.

Itulah cara riset produk bisnis online shop agar jualan banjir cuan, mulai dari survei di marketplace, memanfaatkan Google Trend, riset di Instagram, hingga melihat ulasan milik kompetitor.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar