Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Keuntungan dan Cara Menjadi Reseller Online Shop yang Sukses

Banyak orang mulai mencari cara menjadi reseller online shop karena dinilai lebih praktis. Bagaimana tidak, sebagai reseller, Anda tidak perlu memproduksi barang dengan biaya mahal.

Akan tetapi menjadi reseller juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena akan bersaing dengan reseller online shop lainnya seperti bagaimana membentuk branding, mencari traffic, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk menjadi seorang reseller, silakan pelajari beberapa tips berikut ini dengan saksama. Setelah memiliki bekal ilmu yang cukup, Anda akan lebih mudah menjalani nantinya.

Keuntungan dan Cara Menjadi Reseller Online Shop yang Sukses

Keuntungan Menjadi Reseller Online Shop

Sebelum memahami cara menjadi reseller online shop yang baik, ada pentingnya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa keuntungan dari sistem bisnis ini. Berikut adalah keuntungan tersebut.

1. Modal relatif kecil

Dibandingkan harus memproduksi barang sendiri yang memerlukan ongkos cukup besar, menjadi reseller jauh membutuhkan modal lebih kecil. Anda hanya perlu membeli produk dengan jumlah tertentu untuk mendapatkan potongan harga reseller.

Hal inilah yang membuat banyak orang lebih suka menjadi reseller terlebih dahulu ketika mulai menjalankan bisnis. Anda pun bisa memilih jalan yang sama jika tidak ingin menghadapi risiko yang terlalu besar.

2. Produk siap jual

Selanjutnya, dengan menjadi reseller, artinya Anda hanya cukup memasarkan produk yang sudah benar-benar siap jual. Jadi, Anda tidak perlu mengurus banyak hal seperti pendaftaran merek, pengemasan produk, pengolahan bahan baku, dan lain-lain.

Akan tetapi, Anda juga perlu teliti dalam memilih barang. Oleh karena itu, salah satu cara menjadi reseller online shop adalah menemukan supplier yang memiliki produk berkualitas.

Sayangnya, banyak orang masih sering mengabaikan hal tersebut dan asal memilih supplier saja. Akibatnya sudah bisa ditebak, yakni jualan tidak laku karena memang barang yang dijual kurang berkualitas.

3. Bisa dijalankan siapa saja

Saat ini, hampir semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan bisnis reseller. Pasalnya, kegiatan yang dilakukan sangat sederhana, yakni cukup memasarkan sebuah produk ke target market yang tepat.

Lagipula, semua ilmu untuk berjualan juga sangat mudah didapatkan di era teknologi seperti ini. Anda bisa mencari video mengenai tutorial cara menjadi reseller online shop di YouTube, Google, maupun Instagram.

4. Mendapatkan harga reseller

Biasanya supplier akan memberikan harga khusus untuk supplier berupa potongan sekitar 15% hingga 50%, tergantung jenis produk yang dijual. Itu artinya potongan tersebut akan menjadi keuntungan Anda apabila menjual kembali dengan harga normal.

Meski begitu, bukan tidak mungkin untuk meningkatkan harga jual dengan beberapa strategi tertentu seperti bundling, upselling, cross selling, dan lain-lain. Sekali lagi, kunci menjadi reseller sukses adalah menguasai cara marketing sebuah produk.

5. Mendapatkan relasi

Hal ini juga cukup menguntungkan, yakni Anda bisa memperoleh relasi yang banyak. Biasanya setiap supplier akan memiliki grup reseller untuk melakukan bimbingan dan pengarahan.

Di grup tersebut, Anda bisa bertanya atau saling berbagai pengalaman ketika berjualan. Apabila mampu membina hubungan baik, Anda akan mendapatkan banyak sekali teman dari sini.

6. Mendapatkan ilmu

Terakhir, mungkin ini adalah yang paling berharga untuk perkembangan diri Anda ke depan. Banyak sekali supplier yang membuka program reseller dengan memberikan edukasi seputar marketing secara gratis.

Jadi, Anda bisa sekaligus belajar bagaimana cara menjadi reseller online shop yang sukses. Bahkan, ilmu yang dibagikan kepada reseller ini mungkin bernilai jutaan rupiah yang biasanya hanya didapat di seminar atau workshop tersendiri.

Kekurangan Menjadi Reseller

Di samping kelebihannya, namun ada juga beberapa kelemahan yang tidak boleh diabaikan. Lantas, apa saja kekurangan tersebut?

  • Modal cukup besar untuk kuantitas banyak
  • Risiko rugi jika tidak berhasil menjual produk
  • Butuh biaya perawatan dan operasional
  • Packing harus dilakukan sendiri
  • Memerlukan tempat atau gudang untuk penyimpanan barang

Cara Menjadi Reseller Online Shop Sukses

Untuk bisa sukses menjadi seorang reseller, Anda harus mengikuti langkah demi langkah secara tepat. Apabila terdapat satu aspek saja yang kurang, hal tersebut akan mempengaruhi proses penjualan nantinya.

1. Menentukan niche produk

Langkah pertama adalah dimulai dengan menentukan niche produk atau biasa juga disebut ceruk pasar. Pilihlah satu kategori produk yang paling Anda sukai, apakah itu mainan anak, perlengkapan rumah tangga, baju anak-anak, baju muslim, dan sebagainya.

Jangan pernah memilih banyak kategori sekaligus karena itu justru akan menyulitkan Anda ketika mencari pembeli nantinya. Semakin spesifik produk tersebut maka hasilnya akan semakin baik.

2. Memilih supplier yang tepat

Cara menjadi reseller online shop berikutnya adalah memilih supplier yang tepat. Seperti sudah disebutkan di bagian sebelumnya, tidak semua supplier memiliki kualitas yang baik.

Jika Anda sampai salah pilih dan telanjur membeli dalam jumlah banyak, tentu saja ini akan menjadi kerugian tersendiri. Mau tidak mau Anda harus jual rugi agar barang tersebut bisa segera laku.

Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk memilih supplier. Untuk membantu menemukan supplier yang tepat, berikut ini adalah beberapa kriteria yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

  • Memiliki website profesional
  • Mempunyai barang yang terbukti bagus
  • Mempunyai testimoni positif
  • Memiliki banyak varian produk
  • Terdapat customer service yang tanggap

3. Membuat toko online

Jika Anda sudah memiliki sejumlah stok barang, langkah selanjutnya adalah membuat toko online. Anda bisa membuat toko di marketplace online, akun Facebook, Instagram, TikTok, atau aplikasi handphone seperti Tokoko dan sebagainya.

Setelah itu, silakan tambahkan produk yang sudah Anda stok dengan foto yang berkualitas tinggi. Jangan lupa berikan deskripsi produk yang lengkap dan mampu menarik perhatian siapa pun pembacanya.

Pembuatan toko online merupakan salah satu cara menjadi reseller online shop yang sukses karena akan digunakan dalam waktu yang panjang. Jadi, pastikan Anda membuat toko tersebut sebaik-baiknya, mulai dari desain toko hingga kualitas pelayanan.

4. Memasarkan produk

Cara menjadi reseller online shop yang terakhir adalah mulai memasarkan produk. Ada banyak sekali cara untuk mempromosikan produk seperti lewat sosial media, marketplace, YouTube, dan lain-lain.

Untuk saat ini, menggunakan media sosial masih menjadi cara terbaik jika ingin mendapatkan pembeli dengan cara organik. Akan tetapi, jika Anda memiliki dana lebih, maka sangat disarankan menggunakan fitur iklan seperti Facebook Ads, TikTok Ads, Shopee Ads, atau Google Ads.

Apabila ingin menggunakan cara organik, Anda tidak boleh terus-menerus upload konten foto produk karena media sosial sejatinya bukan katalog produk. Anda harus membuat konten-konten menarik seputar produk yang Anda jual.

Setelah mendapatkan perhatian, audiens Anda akan mencari tahu lebih jauh mengenai akun Anda. Di sinilah pentingnya meletakkan link toko online Anda di profil akun sosial media agar dikunjungi oleh orang tersebut.

Jadi, itulah beberapa keuntungan serta cara menjadi reseller online shop yang sukses. Meskipun menjual produk buatan orang lain, Anda tetap harus memegang mindset bahwa produk tersebut adalah tanggung jawab Anda.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar