Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

6 Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop Paling Ampuh

Salah satu hal yang wajib dipelajari para pebisnis online adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan online shop mereka. Pasalnya, persaingan berjualan online memang sangat ketat karena berkompetisi dengan ribuan lainnya.

Namun, jangan khawatir, Anda bisa mempelajari beberapa cara yang akan dibahas pada artikel kali ini. Silakan pahami terlebih dahulu kemudian langsung praktikkan agar bisa mendapatkan hasil lebih maksimal.

Akan tetapi jika Anda masih pendatang baru, tentu cara meningkatkan penjualan online shop tidak akan memberikan hasil instan, melainkan membutuhkan cukup banyak waktu. Oleh karena itu, diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk melakukannya setiap hari.

cara meningkatkan penjualan online shop

Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk meningkatkan penjualan tergantung dari platform yang digunakan. Meningkatkan penjualan di marketplace tentu berbeda dibandingkan menggunakan social media atau website toko online.

Oleh sebab itu, silakan Anda menyesuaikan tips-tips berikut ini dengan bisnis yang sedang dijalankan. Apabila memungkinkan untuk diterapkan, maka langsung aplikasikan sesegera mungkin.

1. Memiliki website

Saat ini, website menjadi salah satu aset digital yang wajib dimiliki oleh setiap online shop karena memiliki banyak sekali manfaat. Jadi, cara meningkatkan penjualan online shop yang pertama adalah membuat website terlebih dahulu.

Website ini nantinya bisa Anda jadikan tempat untuk memajang produk, cara pemesanan, testimoni, pihak yang sudah bekerja sama, galeri, dan lain-lain. Anda bisa membagikan website tersebut ketika ingin memperkenalkan bisnis kepada orang lain.

Selain itu, website juga akan meningkatkan integritas Anda sebagai pebisnis. Online shop yang memiliki website akan terlihat jauh lebih profesional dibandingkan yang tidak menggunakannya.

Secara garis besar, berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan website.

  • Membeli hosting untuk menyimpan data
  • Membeli domain (bisa .com, .id, atau lainnya)
  • Memasang plugin toko online
  • Mengupload produk dan informasi lainnya
  • Promosi melalui channel lainnya

2. Menerapkan content marketing

Cara meningkatkan penjualan online shop yang berikutnya adalah menggunakan metode content marketing. Seperti kita ketahui, saat ini angka konsumsi konten sangat tinggi di berbagai platform media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, dan lain-lain.

Bahkan, banyak orang meyakini bahwa konten adalah raja. Artinya, jika bisnis Anda ingin diketahui banyak orang, satu-satunya cara terbaik adalah dengan membuat konten.

Konten ini bermacam-macam jenisnya, mulai dari tulisan, gambar, video, maupun audio seperti podcast. Jadi, silakan pilih jenis mana yang paling nyaman untuk Anda buat.

Akan tetapi, satu hal yang perlu diketahui adalah buatlah konten sesuai dengan niche bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda berjualan makanan, maka buatlah konten seputar review makanan, tips memasak, dan sebagainya.

Ketika rutin membuat konten yang unik dan menarik, maka Anda akan mendapatkan awareness dari audience, bisa berupa like, komentar, share, atau follow. Jika follower sudah banyak, maka Anda bisa mulai perlahan-lahan memperkenalkan produk yang dijual.

Cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan melakukan hard selling terus-menerus yang justru membuat audiens merasa tidak nyaman. Jadi, gunakan cara meningkatkan penjualan online shop ini semaksimal mungkin.

3. Memanfaatkan media sosial

Terkait dengan poin sebelumnya, konten yang Anda buat perlu disebarkan di berbagai media sosial karena platform tersebut merupakan tempat berkumpul calon pembeli Anda. Masing-masing media sosial memiliki karakter tersendiri sehingga perlu bijak memilih.

Facebook memiliki karakter dengan konten tulisan yang dominan. Sementara itu, Instagram lebih berfokus pada foto dan video, sedangkan TikTok merupakan platform berbagai video pendek.

Di sisi lain, YouTube memiliki karakter konten cukup berbeda, yakni video dengan durasi yang lebih lama sekitar 3 hingga 15 menit. Jadi, tentukan terlebih dahulu jenis konten yang ingin Anda buat.

Kemudian, pilih platform yang sesuai dengan konten tersebut. Jika Anda lebih suka membuat konten tulisan, maka gunakan platform Facebook atau Website karena sangat cocok untuk itu.

Memanfaatkan kombinasi antara media sosial dan konten menarik adalah cara meningkatkan penjualan online shop paling efektif untuk saat ini. Pasalnya, orang-orang akan lebih banyak menikmati konten ketika mengisi waktu luang atau mencari hiburan sesaat.

4. Melakukan networking

Cara meningkatkan penjualan online shop berikutnya adalah rajin melakukan networking atau memperbanyak jaringan pertemanan. Pertemanan ini bisa ke pebisnis online lain atau ke target pembeli Anda.

Dengan adanya media sosial online, kini Anda bisa jauh lebih mudah melakukan networking. Silakan cari akun-akun online shop lain dan jalin hubungan baik seperti saling mempromosikan produk atau sekadar mendoakan diberikan kelancaran bisnis.

Semakin banyak jaringan pertemanan yang Anda miliki, semakin besar pula kemungkinan produk bisa diketahui oleh banyak orang. Mungkin orang tersebut tidak akan membeli produk Anda, melainkan merekomendasikan ke teman-teman mereka.

Jadi, bisa dibilang melakukan networking memiliki fungsi yang sangat krusial, yakni bisa menjadi alat pemasaran gratis jika benar-benar dilakukan dengan baik. Pastikan bahwa dalam menjalin hubungan, kedua pihak saling mendapatkan keuntungan agar suasana positif tetap terjaga.

5. Mempermudah mekanisme pembelian

Memudahkan pembeli dalam berbelanja juga termasuk salah satu cara meningkatkan penjualan online shop. Seperti kita ketahui, alur dalam melakukan pembelian online cenderung lebih rumit dibandingkan berbelanja offline.

Jika berbelanja offline pembeli cukup datang ke toko, memilih barang, lalu melakukan pembayaran. Akan tetapi, untuk belanja online ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti cara pemesanan, cara pembayaran, metode pengiriman, dan lain-lain.

Oleh karena itu, pastikan fase-fase tersebut bisa dilalui calon pembeli dengan mudah. Misalnya, berikan mekanisme pemesanan yang sederhana seperti fitur add to cart seperti pada marketplace online di mana pembeli cukup klik satu tombol untuk memasukkan pesanan.

Selanjutnya, berikan berbagai macam metode pembayaran mulai dari bank transfer, transfer e-wallet, Indomaret, Alfamart, COD, dan sebagainya. Semakin banyak pilihan pembayaran, semakin mudah pembeli dalam melakukan transaksi.

Terakhir, gunakan ekspedisi yang lengkap. Hal tersebut cukup penting karena tidak semua daerah pembeli terjangkau oleh ekspedisi tertentu sehingga mungkin akan memperbesar ongkos kirim dan menyebabkan mereka tidak jadi membeli.

6. Membangun branding

Cara meningkatkan penjualan online shop yang terakhir adalah membangun branding. Langkah ini sangat powerful, akan tetapi juga membutuhkan waktu panjang untuk membentuknya.

Ada banyak penjual di luar sana, tetapi perlu satu alasan kenapa pembeli harus memilih produk Anda dibandingkan yang lain. Itulah fungsi dari branding, yakni membuat Anda terlihat unik dibandingkan penjual lainnya dengan produk sama.

Untuk membentuk branding, ada banyak sekali hal perlu diperhatikan, salah satunya adalah meningkatkan kualitas produk. Pastikan produk Anda benar-benar berkualitas dan jika perlu berikan jaminan uang kembali jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi.

Selain itu, branding juga bisa diciptakan dengan keunikan produk atau metode berjualan. Misalnya, Anda bisa menggunakan bahasa iklan yang friendly dan kekinian untuk menyasar generasi milenial.

Itulah tadi beberapa cara meningkatkan penjualan online shop yang bisa dicoba. Meskipun terlihat rumit, namun jika Anda tekun belajar, semua itu akan berbuah manis di akhir.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar