Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Paling Ampuh

Pada dasarnya, ada beberapa cara meningkatkan kepercayaan konsumen yang bisa dilakukan. Semua itu sangat penting karena kepercayaan merupakan salah satu faktor penting dalam terciptanya penjualan.

Tanpa adanya trust atau kepercayaan dari konsumen, mereka tidak akan mau membeli produk dari Anda meskipun dijual dengan harga murah. Jadi, jangan pernah menyepelekan hal yang satu ini.

Akan tetapi, jangan terlalu khawatir karena pada kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara yang langsung dapat Anda terapkan. Pastikan Anda menyimaknya baik-baik agar praktiknya jauh lebih maksimal.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Paling Ampuh

Cara Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Ada beberapa langkah atau cara yang bisa Anda lakukan. Silakan simak dan pahami terlebih dahulu beberapa tips berikut ini sebelum mulai menerapkannya.

1. Menampilkan testimoni

Sepertinya bukan rahasia umum lagi bahwa cara meningkatkan kepercayaan konsumen yang paling mudah adalah dengan memberikan testimoni. Testimoni akan menggambarkan bagaimana kualitas sebuah bisnis atau produk sehingga membuat konsumen lebih mudah mengenalnya.

Anda bisa meminta konsumen Anda sebelumnya untuk memberikan testimoni mengenai produk yang telah dibeli. Setelah itu, tampilkan testimoni tersebut di media sosial, website, atau landing page.

Akan tetapi, Anda juga harus meminta izin terlebih dahulu apakah testimoni mereka boleh ditampilkan atau menyamarkan namanya. Sebagai alternatif, Anda bisa memberikan tanda terima kasih berupa voucher diskon, merchandise, dan sebagainya.

Di satu sisi, jika masih mulai merintis tentu Anda belum memiliki pembeli sebelumnya. Oleh karena itu, Anda bisa membagikan sampel secara gratis atau menggunakan potongan harga.

Cara tersebut bertujuan agar orang bisa mencoba produk Anda dan memberikan testimoni. Tidak masalah jika harus mengeluarkan uang terlebih dahulu karena testimoni termasuk salah satu investasi yang cukup penting.

2. Melengkapi profil bisnis

Cara meningkatkan kepercayaan konsumen berikutnya adalah melengkapi profil bisnis selengkap mungkin. Hal ini sangat penting karena akan menjadi identitas sepanjang Anda menjalankan bisnis.

Siapkan beberapa hal mulai dari nama toko, deskripsi toko, gaya bahasa yang digunakan, logo, visi misi, alamat email, sosial media, nomor WhatsApp, dan lain-lain. Semakin lengkap informasi profil tersebut, maka akan semakin baik karena membantu konsumen percaya bahwa bisnis Anda bukan abal-abal.

Banyak orang yang melewatkan hal ini dan terkesan asal menjual saja. Mungkin mereka akan tetap mendapatkan penjualan, namun untuk jangka panjang tentu saja hal tersebut tidak akan bisa membangun branding dan kepercayaan konsumen.

Mungkin untuk membuat profil atau identitas ini akan cukup memakan waktu. Pasalnya, Anda harus memikirkan visi misi, membuat website, membuat akun sosial media, dan sebagainya.

Akan tetapi, seperti halnya pada poin pertama, semua itu akan terbayarkan karena Anda akan memiliki fondasi yang kuat dan lebih mudah dalam menjalankan bisnis nantinya. Jadi, silakan sempatkan waktu sekitar satu atau dua hari untuk memikirkan hal tersebut.

3. Bangun relasi dan komunikasi

Bisnis bukan hanya tentang menjual produk ke orang lain, melainkan bagaimana Anda bisa membantu seseorang menyelesaikan masalah mereka dengan produk Anda. Jadi, sangat penting untuk membangun komunikasi dan relasi dalam berbisnis.

Salah satu alasan kenapa relasi merupakan cara meningkatkan kepercayaan konsumen yang cukup ampuh adalah karena pada dasarnya orang membeli berdasarkan kepercayaan dan rasa nyaman. Semakin mereka nyaman, kemungkinan besar mereka akan memilih produk Anda dibandingkan kompetitor.

Anda harus rutin menjalin interaksi dengan calon konsumen agar bisa mendapatkan kepercayaan mereka. Hal ini bisa dilakukan baik menggunakan sosial media, email, WhatsApp, atau live streaming.

Silakan pilih metode mana yang paling nyaman untuk Anda. Tidak harus semuanya dilakukan, melainkan pilih satu terlebih dahulu dan mulai gunakan cara lainnya ketika sudah mendapatkan hasil.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangun relasi seperti membagikan konten yang bermanfaat, menanyakan kabar, mendoakan agar diberikan kelancaran urusan, berbagai cerita pengalaman Anda, dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan terus membuat postingan tentang jualan, tetapi perbanyak konten-konten seperti itu. Terlebih jika Anda masih tergolong baru dalam mulai berbisnis, maka ini adalah cara meningkatkan kepercayaan konsumen yang cukup efektif.

4. Memberikan garansi

Selain testimoni, ada satu lagi cara meningkatkan kepercayaan konsumen yang sangat ampuh, yakni memberikan garansi. Garansi dapat langsung menghilangkan keraguan konsumen ketika ingin membeli produk Anda.

Akan tetapi, Anda juga harus memastikan bahwa produk tersebut benar-benar berkualitas dan layak diberikan garansi. Hasilnya tentu percuma jika Anda memberikan garansi uang kembali, namun kualitas produk rendah sehingga malah meruntuhkan kepercayaan pembeli.

Beberapa jenis garansi yang bisa dicoba antara lain garansi uang kembali, garansi produk original, garansi barang sesuai deskripsi, dan sebagainya. Garansi juga bisa digunakan ketika Anda belum memiliki testimoni untuk ditayangkan.

5. Terbuka akan kritik dan saran

Cara meningkatkan kepercayaan konsumen yang terakhir adalah terbuka akan adanya kritik dan saran. Dalam menjalankan bisnis, tentu akan ada naik turun yang mungkin membuat orang lain merasa kurang nyaman.

Sebagai contoh, mungkin produk Anda memiliki kekurangan tertentu dan membuat pembeli merasa dirugikan. Ketika mendapatkan kritik mengenai hal tersebut, terima dengan lapang dada dan jadikan bahan untuk evaluasi ke depannya.

Contoh lain adalah mungkin ada partner bisnis Anda yang memberikan saran untuk lebih terbuka dalam menjalin interaksi dengan audiens. Hal tersebut justru bagus karena Anda sudah tahu mana yang harus diperbaiki.

Keterbukaan akan pendapat baik partner maupun pembeli akan membuat mereka menjadi lebih hormat kepada Anda. Jadi, tidak perlu ada rasa gengsi atau minder ketika mendapatkan masukan tersebut.

Ada salah satu cerita menarik dari salah satu pebisnis besar di Indonesia, yakni Bob Sadino. Beliau pernah berjualan telur dan memberikan garansi penggantian produk jika ada telur yang busuk.

Suatu waktu, ia benar-benar mengalami hal tersebut sehingga pembelinya marah dan komplain. Bukannya merasa tertekan, justru beliau terbuka dengan komplain tersebut dan langsung memberikan satu kotak penuh telur sebagai pengganti.

Hasilnya, pembeli tersebut merasa puas dan kepercayaan konsumen meningkat secara drastis. Dari cerita tersebut, bisa dibilang bahwa sangat penting untuk selalu terbuka akan masukan dari orang lain.

Pentingnya Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tips mendapatkan kepercayaan dari konsumen

Banyak pebisnis yang mengabaikan kepercayaan konsumen dan terlalu fokus untuk mendapatkan penjualan saja. Padahal, faktor tersebut cukup berpengaruh terutama untuk jangka panjang dan membentuk branding.

Jadi, sebelum mempelajari cara meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda perlu tahu juga mengenai pentingnya hal tersebut. Dengan demikian, Anda akan memiliki fondasi yang kuat dan lebih cepat mendapatkan hasilnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan pentingnya kepercayaan konsumen yang meningkat.

  • Menaikkan repeat order
  • Branding menjadi lebih kuat
  • Sangat bermanfaat untuk ketahanan bisnis jangka panjang
  • Dapat terhindar dari perang harga
  • Mendapatkan customer yang loyal
  • Menaikkan omzet

Dari beberapa poin di atas, sudah bisa dilihat bahwa ternyata membangun kepercayaan konsumen merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Anda perlu benar-benar mempelajarinya dengan sungguh-sungguh.

Demikian beberapa cara meningkatkan kepercayaan konsumen yang bisa langsung Anda terapkan. Mungkin hasilnya tidak instan, namun jika konsisten melakukannya, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan kepercayaan konsumen yang sangat tinggi.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar