Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

2 Cara Menghapus Penilaian di Shopee dengan Mudah

Sebagai seorang seller di Shopee, pastinya Anda penasaran apakah ada cara menghapus penilaian di Shopee. Hal itu karena memang terkadang ada saja pembeli yang memberikan rating sangat rendah.

Padahal, pemberian rating dari pembeli merupakan sebuah syarat agar toko Anda dapat naik menjadi star seller. Jadi, kalau sampai ada ulasan jelek yang cukup banyak, tentu toko akan sulit berkembang.

Lalu, mungkinkah ulasan serta penilaian buruk yang diberikan oleh para pembeli tersebut dihapus? Nah, untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa melihat penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

2 Cara Menghapus Penilaian di Shopee dengan Mudah

Apakah Ada Cara Menghapus Penilaian di Shopee?

Menjawab pertanyaan tentang apakah bisa penilaian di aplikasi Shopee di hapus, jawabannya adalah tidak. Secara official, pihak Shopee tidak memberikan fitur penghapusan penilaian tersebut kepada para penggunanya.

Namun, untuk mengantisipasi akan hal semacam itu, pihak Shopee memberikan saran untuk menghubungi Seller center. Apabila memang penilaian buruk yang diberikan tidak sesuai kenyataan, maka bisa saja penilaian tersebut dihapus.

Akan tetapi, untuk melakukan hal itu, penghapusan serta perbaikan penilaian hanya akan dilakukan dari pihak pembeli. Selain itu, untuk melakukan perubahan tersebut, hanya dapat digunakan sekali saja dalam 30 hari setelah pesanan sampai.

Lalu, bagaimanakah jika ada penilaian buruk yang secara sengaja diberikan oleh oknum? Dan bagaimana apabila penilaian yang diberikan oleh si pembeli tidak sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan?

Nah, untuk masalah seperti itu, sebenarnya masih dapat dipertimbangkan lagi baik dari pihak pembeli ataupun customer service. Nantinya, jika memang penilaian tersebut tidak fair, maka customer service bisa menghapusnya.

Sebenarnya, alasan utama dari pihak Shopee untuk tidak memberikan fitur hapus penilaian dari pembeli adalah agar rating yang diberikan bisa lebih fair. Penilaian tersebut nantinya dapat digunakan sebagai pertimbangan calon pembeli di toko tersebut.

Selain itu, jika fitur hapus nilai memang benar diberikan, maka ditakutkan akan dimanfaatkan penjual nakal untuk tidak memperdulikan kualitas barangnya. Jadi, para pembeli tidak akan tahu tentang transaksi pembelian yang sudah dilakukan sebelumnya.

Cara Menghapus Penilaian di Shopee

Menurut yang disebutkan di awal, pihak Shopee memang tidak memberikan tambahan fitur untuk menghapus rating. Namun, Anda sebagai seller masih dapat melakukan upaya untuk menghapus penilaian tersebut menggunakan cara berikut:

1. Cara Menghapus Penilaian di Shopee Lewat Pembeli

Caranya yang pertama adalah dengan meminta bantuan dari si pembeli yang memberikan rating buruk pada toko Anda. Hal ini sampai sekarang merupakan satu-satunya cara menghapus penilaian di Shopee yang paling ampuh untuk dilakukan.

Anda dapat mencoba untuk mengajak pembeli tersebut untuk mengubah pikirannya dalam memberikan penilaian. Tanyakanlah juga hal apa yang membuat si pembeli tersebut memberikan penilaian buruk terhadap toko Anda.

Apabila informasi sudah didapatkan, maka Anda dapat mencoba untuk memberikan solusi atas keluhan dari pembeli tersebut. Jika pada akhirnya pembeli tersebut setuju untuk mengubah nilai, maka penilaian yang dulu bisa diubah.

Nah, untuk cara menghapus penilaian di Shopee oleh pembeli, Anda bisa memberikan langkah-langkah berikut ini kepada si pembeli:

  • Pertama, bukalah aplikasi Shopee
  • Kemudian, carilah komentar atau penilaian yang akan dihapus
  • Setelah itu, pilihlah menu titik tiga di bagian kanan atas komentar
  • Jika sudah, pilih hapus.

Untuk membuat pembeli mau mengubah penilaiannya, Anda tidak harus memberikan janji ataupun imbalan seperti voucher ataupun sejumlah uang. Hal itu karena jika memang tidak bersedia, Anda masih dapat coba minta bantuan dari CS.

2. Cara Menghapus Penilaian di Shopee dengan Bantuan CS

Apabila saat Anda sudah meminta baik-baik kepada pembeli untuk menghapus rating, tetapi tidak mau, maka Anda bisa meminta bantuan CS. Cara ini bisa digunakan jika memang komentar tersebut tidak sesuai dengan kenyataan.

Untuk melakukan pengajuan ke pihak CS, Anda terlebih dahulu harus menyediakan berbagai bukti. Pastikan bukti tersebut lengkap dan memang dapat menunjukkan bahwa kesalahan yang terjadi ada pada si pembeli.

Sebagai bahan pertimbangan tambahan, Anda dapat juga menambahkan screenshot dari pelanggan lain yang memang puas membeli di toko. Jika semua bukti sudah siap, Anda dapat menggunakan cara menghapus penilaian di Shopee berikut ini.

  • Pertama, bukalah aplikasi Shopee
  • Pilih ke menu “saya”
  • Selanjutnya scroll down dan pilihlah menu “Pusat Bantuan”
  • Pada menu bantuan, terdapat 3 cara untuk menghubungi CS, yakni telepon, chat, dan email. Dalam kasus ini, pilih saja “Email”
  • Pihak Shopee akan mengirimkan form untuk mengajukan komplain.
  • Isilah formulir tersebut dan sertakan juga berbagai bukti serta lampiran penilaian pembeli yang ingin Anda hapus.
  • Jangan lupa berikan juga screenshot isi percakapan yang menunjukkan bahwa pembeli tidak mau mengganti rating yang diberikan.
  • Cantumkan juga nomor pesanan untuk melihat produk mana yang diberikan rating buruk oleh pembeli.
  • Jika semua sudah dilampirkan, maka langsung saja kirim email tersebut.
  • Tunggulah beberapa saat sampai mendapatkan balasan.

Apabila memang setelah proses verifikasi ternyata permintaan Anda di setujui, maka akan ada email balasan dari Shopee. Pada email tersebut berisi tentang informasi bahwa penilaian yang diajukan telah disetujui dilakukan penghapusan.

Selanjutnya, Anda tinggal cek saja apakah penilaian yang dimaksud sudah dihapus dari toko Anda atau belum. Jika memang sudah hilang, maka selamat, pengajuan Anda tentang penghapusan penilaian buruk pembeli sudah berhasil.

Cara Menghapus Komentar Tidak Sesuai di Shopee

Selain karena masalah rating yang buruk, biasanya seller juga kerap dipusingkan dengan adanya pembeli yang memberikan komentar tidak sesuai. Jika hal tersebut terjadi, sebenarnya Anda juga dapat melakukan penghapusan.

Untuk caranya, kurang lebih sama seperti untuk menghapus penilaian buruk dari pembeli yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hanya saja, bukti yang dilampirkan harus memuat foto dari komentar tidak sesuai yang dimaksud.

Lantas, seperti apakah komentar yang dianggap tidak sesuai di Shopee? Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang berbagai macam komentar yang dianggap tidak sesuai oleh pihak Shopee.

  • Komentar tidak sopan yang berisi kalimat kasar, gambar buruk, membahas SARA
  • Komentar memuat hal-hal pornografi baik dalam bentuk kata-kata maupun gambar
  • Komentar yang bersifat spam seperti tulisan asal-asalan ataupun memberikan full emoticon di komentar
  • Komentar berisi tentang informasi pribadi seperti foto orang, alamat rumah, nomor HP, dan hal lain yang bersifat privasi
  • Komentar melampirkan iklan yang tidak mempunyai izin
  • Komentar tidak sesuai dengan produk yang diterima oleh pembeli

Melihat banyaknya pembahasan tentang penilaian pembeli tersebut, tentu bisa disimpulkan bahwa rating serta komentar merupakan hal penting bagi seller. Pasalnya, kualitas toko di Shopee bisa dilihat dari penilaian tersebut.

Jadi, tidak heran apabila banyak seller yang berusaha mati-matian mencari cara menghapus penilaian di Shopee. Apalagi jika memang toko tersebut termasuk masih baru sehingga membutuhkan penilaian tersebut untuk meningkatkan level toko.

Itulah tadi berbagai penjelasan tentang cara menghapus penilaian di Shopee. Meskipun tidak disediakan fitur hapus dari Shopee, tetapi untuk jenis penilaian dan komentar tidak sesuai hal itu masih bisa dihapus dengan syarat tertentu.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi J&T dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar