Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

6 Cara Mengatasi Takut Berbisnis Terbukti Ampuh dan Berhasil

Menjalankan bisnis memang satu hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasi takut berbisnis adalah sebuah kewajiban tersendiri, terutama bagi yang baru memulai pertama kali.

Bagaimana tidak, dalam dunia bisnis, kegagalan bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika dalam keadaan baik sekalipun. Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah memperkuat mindset, ilmu, dan mental agar lebih siap menghadapi hal tersebut.

Apabila Anda termasuk salah satu yang masih merasa takut, maka silakan simak beberapa tips berikut ini. Meskipun tidak menjamin kesuksesan, namun hal ini akan membantu agar Anda lebih yakin dalam melangkah.

Cara mengatasi takut berbisnis

Cara Mengatasi Takut Berbisnis Bagi Pemula

Satu hal yang paling ditakutkan oleh pebisnis pemula adalah kegagalan, yakni rugi besar atau terpaksa harus gulung tikar karena alasan lain. Untuk mengatasi perasaan tersebut, tips ini mungkin akan membantu.

1. Perbaiki mindset berbisnis

Cara mengatasi takut berbisnis yang pertama adalah memperbaiki mindset. Seperti sudah disebutkan di bagian sebelumnya, kebanyakan orang akan merasa takut berbisnis karena khawatir akan rugi.

Salah satu pebisnis besar, yakni Almarhum Bob Sadino pernah memberikan tamparan kepada para pebisnis yang masih takut memulai. Beliau mengajak orang untuk mengubah mindset dalam wirausaha.

Sebagai contoh, ada mindset mengatakan bahwa bisnis itu pasti untung, risikonya adalah rugi. Namun, dengan tegas Bob Sadino membalik mindset tersebut bahwa bisnis itu pasti rugi, risikonya adalah untung.

Artinya, ketika sudah memutuskan untuk berbisnis, orang tersebut harus siap untuk rugi dan pasti akan merugi. Hanya saja, ada kemungkinan mengalami untung ketika dikelola dengan benar.

Itulah salah satu cara mengatasi takut berbisnis yang cukup mendasar. Hanya bermodalkan memperbaiki mindset saja, pandangan tentang wirausaha akan menjadi berbeda seratus delapan puluh derajat.

Tidak heran jika beliau dinobatkan menjadi salah satu pengusaha paling sukses dengan pola pikir yang sangat luar biasa. Seharusnya ini menjadi fondasi dasar bagi setiap orang yang masih takut memulai berbisnis.

2. Berani melangkah dan mengambil keputusan

Cara mengatasi takut berbisnis berikutnya adalah berani melangkah maju. Jika Anda masih selalu merasa takut melangkah, maka sudah bisa dipastikan kesuksesan tidak akan bisa dicapai.

Akan tetapi, berani mengambil keputusan adalah sebuah modal yang sangat berharga, tentu saja harus siap dengan segala risiko yang dihadapi. Satu hal yang bisa dipastikan ketika terjun ke dunia bisnis adalah tidak ada zona nyaman.

Anda harus selalu belajar dan mengembangkan diri jika ingin meraih kesuksesan. Keberanian untuk melangkah dan mengambil keputusan adalah kunci dari semua itu.

Inilah masalah yang paling sering ditemui pada pengusaha pemula, yakni mereka terlalu takut dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Tidak masalah jika pilihan yang Anda ambil tidak membuahkan hasil yang baik karena bisa menjadi pelajaran untuk menjadi lebih baik di masa depan.

Ketika Anda sudah berani dan menerima segala risikonya, maka mau tidak mau tubuh Anda akan mulai beradaptasi sehingga nantinya lebih siap menghadapi masalah yang sama. Artinya, di sini kualitas Anda sudah menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

3. Mempelajari ilmu berbisnis

Salah satu kekhawatiran banyak orang ketika berbisnis adalah karena merasa tidak memiliki kemampuan atau pengetahuan yang cukup. Hal tersebut justru malah sangat baik karena Anda sudah mengetahui di mana letak masalahnya.

Artinya, dalam hal tersebut cara mengatasi takut berbisnis adalah mempelajari ilmu dan skill dalam bisnis. Saat ini ada banyak sekali ilmu bisnis tersebar secara gratis di Google maupun YouTube dan langsung dibawakan oleh praktisi langsung.

Anda hanya perlu menyisihkan setidaknya 2 jam setiap hari untuk menonton video atau membaca artikel. Jika dilakukan secara konsisten, dalam waktu satu bulan Anda akan memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk memulai sebuah usaha.

Apabila masih dirasa kurang, Anda bisa mengambil pelatihan atau mengikuti seminar berbayar terlebih dahulu. Selain menambah ilmu, mengikuti kegiatan tersebut juga berpeluang mendapatkan relasi yang mungkin akan menjadi partner bisnis Anda nanti.

Salah satu pengusaha sukses pernah berkata bahwa investasi terbaik adalah investasi leher ke atas atau ilmu. Jika kapasitas ilmu Anda sudah baik, maka menjalankan usaha akan jauh lebih mudah karena sudah tahu apa saja yang perlu dilakukan sehingga tidak akan merasa takut lagi.

4. Konsisten

Pemenang dalam bisnis bukanlah siapa yang memiliki omzet paling besar, melainkan siapa yang mampu bertahan dalam perubahan zaman. Itu artinya konsistensi benar-benar dibutuhkan.

Ketika Anda sudah bisa konsisten meskipun dalam langkah kecil, hal tersebut dapat menjadi modal cara mengatasi takut berbisnis karena sudah menguasai kuncinya. Jika merasa sudah stabil, maka Anda bisa meningkatkan langkah lebih besar seperti membuat terobosan baru.

Jika masih merasa takut, jangan memulai langsung dengan sesuatu hal yang besar. Sebagai contoh, apabila Anda takut rugi setelah mengeluarkan modal besar, maka mulailah berjualan menggunakan sistem dropship terlebih dahulu.

Bisnis dropship tidak membutuhkan modal terlalu besar sehingga tidak perlu takut akan rugi. Jalankan ini selama beberapa bulan secara konsisten hingga Anda menemukan pola menjalankan bisnis seperti mencari traffic, marketing, dan closing.

Setelah merasa sudah menguasai, Anda bisa beralih ke reseller, yakni membeli stok produk dalam jumlah banyak. Kemudian, barulah Anda mulai membuat produk sendiri jika benar-benar sudah mulai yakin dan tidak ada rasa takut lagi.

5. Mencari mentor

Mentor akan mengarahkan setiap langkah Anda ke jalan yang benar dan mengevaluasi apabila terdapat kesalahan. Jadi, ini merupakan cara mengatasi takut berbisnis yang paling efektif.

Di sisi lain, mentor juga memiliki pengalaman lebih banyak sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk sukses berbisnis. Anda hanya perlu mengikuti setiap saran dan masukan dari mereka.

Untuk mendapatkan mentor, Anda bisa meminta bimbingan kepada teman atau saudara yang sudah terbukti berhasil dalam menjalankan bisnis. Selain itu, beberapa pebisnis sukses juga sering membuka program mentorship.

Apabila memiliki budget yang cukup, manfaatkan program tersebut karena akan memberikan Anda cara paling cepat dan terbukti menghasilkan. Anda juga tidak akan takut dalam mengambil langkah karena bisa konsultasi terlebih dahulu.

6. Menguasai digital marketing

Karena saat ini adalah era digital, menguasai skill digital marketing menjadi salah satu cara mengatasi takut berbisnis yang cukup ampuh. Hal tersebut karena dengan skill tersebut, Anda hampir bisa dipastikan mampu menjual produk apapun.

Beberapa contoh skill digital marketing adalah sebagai berikut.

  • Email marketing
  • Search Engine Optimization
  • Search Engine Marketing
  • Copywriting
  • Social Media Marketing
  • Desain grafis
  • Traffic Marketing

Ketika Anda sudah menerapkan semua cara mengatasi takut berbisnis di atas, maka bisa dipastikan tidak akan ada lagi keraguan dalam memulai. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda akan meraih kesuksesan hanya dalam waktu yang singkat.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar