Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Cara Memulai Bisnis Kerupuk Online Rumahan

Di zaman serba digital seperti sekarang, Anda dapat memulai bisnis kerupuk online dengan mudah. Hanya dengan berbekal HP dan kuota internet, produk kerupuk sudah dapat dijual kepada calon pembeli.

Meskipun sangat mudah dalam menjualnya secara online, tentunya bisnis seperti ini tetap harus dipersiapkan dengan matang. Jika tidak, maka siap-siap saja bisnis Anda hanya berumur pendek.

Nah, untuk mempersiapkan hal tersebut sebenarnya caranya cukup sederhana saja. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan saat hendak memulai usaha jual kerupuk secara online.

Cara Memulai Bisnis Kerupuk Online Rumahan

Peluang Bisnis Kerupuk Online

Sebelum lanjut ke bagaimana cara untuk mempersiapkan bisnis kerupuk secara online, tentunya perlu dipahami terlebih dahulu tentang peluang usaha ini. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Melihat keadaan pasar masyarakat Indonesia, kerupuk merupakan sebuah pelengkap makanan yang tidak boleh ketinggalan. Bahkan, ada juga cukup banyak orang yang akan merasa kurang saat makan tanpa adanya kerupuk ini.

Selain sebagai pelengkap makanan, biasanya masyarakat Indonesia juga gemar untuk menjadikan kerupuk sebagai camilan. Hal itu karena selain teksturnya yang renyah, rasa dari kerupuk juga cukup nikmat jika dinikmati sendiri.

Melihat hal tersebut, tentunya kebutuhan masyarakat akan kerupuk masih cukup tinggi. Itu artinya, peluang untuk menjalankan bisnis kerupuk masih terbilang punya peluang cukup besar untuk dicoba.

Apalagi perkembangan kuliner yang terjadi sekarang membuat berbagai macam varian kerupuk baru mulai bermunculan di pasaran. Oleh karena itu, Anda juga dapat membuat varian kerupuk versi usaha Anda sendiri untuk diluncurkan.

Cara Mulai Bisnis Kerupuk Online Rumahan

Seperti yang sudah dibahas di awal, dalam memulai bisnis kerupuk ini diperlukan berbagai macam persiapan agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan sukses. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis.

1. Menentukan Target Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam memulai bisnis kerupuk online ini adalah dengan menentukan target pasar Anda. Secara umum, makanan berupa kerupuk ini hampir disukai oleh semua masyarakat Indonesia.

Meskipun begitu, untuk membuat bisnis menjadi lebih tertata, Anda perlu menentukan target pasarnya. Hal itu karena meskipun sama-sama kerupuk, jenis kerupuk yang disukai oleh setiap orang tidaklah selalu sama jenisnya.

Berbagai jenis kerupuk yang ada tersebut punya cita rasanya masing-masing sehingga membuat beberapa segmen pasar. Jadi, pastikanlah terlebih dahulu target pasar seperti apa yang ingin dituju oleh produk kerupuk buatan Anda.

2. Melakukan Survey Market

Setelah target pasar sudah dapat ditentukan, selanjutnya Anda dapat mulai melakukan survei pasar. Hal semacam ini tentu sangat penting dilakukan saat Anda ingin memulai bisnis kerupuk ataupun jenis usaha lainnya.

Anda dapat mulai dengan mencari tahu jenis kerupuk apa yang banyak digemari oleh pasar. Dengan mencari tahu tentang kesukaan tersebut, Anda dapat mengelompokkan jenis kerupuk mana saja yang punya potensi minat lebih besar.

Selain melakukan survei terhadap produk kerupuk, survei harga pasar juga wajib dilakukan. Langkah ini dimaksudkan agar Anda dapat menemukan harga yang tepat untuk menjual produk kerupuk.

Untuk melakukan survei harga ini, Anda dapat mencoba untuk mencari tahu pada tempat-tempat umum seperti kantin, pasar, dan berbagai lokasi lainnya. Dengan begitu, nantinya harga dari produk kerupuk Anda bisa bersaing di pasaran.

3. Mencari Tahu Cara Membuat Kerupuk

Untuk memulai bisnis kerupuk online, pastinya Anda juga harus tahu tentang bagaimana cara pembuatan dari makanan tersebut. Jika tidak, bagaimana Anda dapat mengetahui apakah kerupuk buatan Anda sudah sesuai atau belum.

Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, disarankan bagi Anda untuk benar-benar memahami betul tentang bagaimana produk kerupuk jualan Anda dibuat. Hal seperti ini mungkin tidak mudah dan memerlukan waktu cukup banyak.

Namun, agar bisa mendapatkan produk kerupuk dengan rasa yang pas, Anda harus melakukan hal tersebut. Lakukanlah berbagai percobaan hingga menemukan resep terbaik untuk produk kerupuk jualan Anda.

4. Menyiapkan Peralatan Bisnis

Untuk pembuatan kerupuk, dibutuhkan peralatan yang memadai. Oleh karena itu, agar proses produksi bisnis kerupuk online bisa lancar, Anda harus menyiapkan segala peralatan produksi yang dibutuhkan.

Beberapa jenis peralatan yang wajib dipersiapkan tersebut antara lain adalah alat goreng kerupuk, mesin cetak kerupuk, pengaduk adonan, pengering kerupuk, dan lain sebagainya. Usahakan, pilih jenis peralatan tersebut yang berkualitas agar hasilnya maksimal.

5. Promosi Produk

Persiapan berikutnya yang harus dilakukan dalam bisnis kerupuk online adalah melakukan promosi produk. Dikarenakan Anda ingin menjual kerupuk ini secara online, maka promosi bisa dilakukan lewat sosial media.

Buatlah akun official dari produk usaha Anda dan mulai lakukan pengenalan brand kepada publik. Anda bisa menerapkan berbagai macam strategi agar akun sosial media dapat dengan cepat dikenal oleh khalayak ramai.

Lakukanlah berbagai promosi menarik agar masyarakat tertarik untuk mencoba produk kerupuk Anda. Bisa juga memberikan bonus ataupun paket menarik agar masyarakat lebih berminat berbelanja produk kerupuk Anda.

Jenis Kerupuk yang Dapat Dijual Online

kerupuk bawang

Setelah mengetahui cara memulai bisnis kerupuk online, Anda sebaiknya juga mencari tahu tentang jenis kerupuk apa saja yang bisa dijual ke publik. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis kerupuk yang biasa dijumpai dengan mudah di masyarakat.

1. Kerupuk Jagung

Jenis kerupuk pertama yang bisa dijadikan ide bisnis kerupuk online adalah kerupuk jagung. Sesuai dengan namanya, jenis kerupuk ini menggunakan bahan jagung sebagai komponen utama pembuatannya.

Kerupuk jagung dinilai cukup banyak digemari oleh masyarakat umum, mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa. Biasanya, jenis kerupuk ini bisa dikombinasikan dengan berbagai varian rasa seperti keju, balado, dan rasa lainnya.

2. Kerupuk Bawang

Berikutnya, Anda juga dapat menjual jenis kerupuk bawang untuk bisnis kerupuk secara online. Pasalnya, jenis kerupuk tersebut mungkin cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Selain itu, proses pembuatan kerupuk bawang ini bisa dibilang lebih mudah karena bahan-bahannya mudah didapatkan. Melihat hal tersebut, tentunya tidak salah jika Anda memasukkan kerupuk bawang ke salah satu produk jualan.

3. Kerupuk Tahu

Sesuai dengan namanya, kerupuk yang satu ini dibuat menggunakan bahan dasar dari kedelai. Untuk pembuatan jenis ini, memang diperlukan jumlah modal usaha yang termasuk besar.

Namun, modal besar tersebut tentu tidak akan mengecewakan karena kerupuk tahu banyak disukai oleh publik. Bahkan, beberapa orang lebih favorit pada jenis kerupuk ini dibandingkan jenis yang lainnya.

4. Kerupuk Udang

Jenis kerupuk yang terakhir adalah kerupuk udang. Mendengar nama kerupuk udang, tentunya Anda dan masyarakat Indonesia pada umumnya sudah tidak asing lagi dengan kudapan yang satu ini.

Bahkan, Anda bisa menemukan kerupuk udang ini hampir di setiap warung makan yang ada. Hal itu dapat terjadi karena memang pangsa dari kerupuk udang termasuk sangat luas.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai usaha berjualan kerupuk secara online, jenis kerupuk udang ini tidak boleh ditinggalkan. Selain rasanya yang enak dan gurih, proses pembuatan serta bahannya termasuk cukup mudah.

Itulah tadi informasi seputar bisnis kerupuk online yang perlu Anda ketahui. Terlepas dari berbagai ulasan yang disampaikan di atas, kunci sukses utama dari menjalankan sebuah bisnis adalah kerja keras dan selalu melakukan inovasi.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar