Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Membuat Value Proposition dan Isinya Lengkap

Pada sebuah perusahaan, melakukan value proposition adalah kegiatan penting agar pelanggan mempunyai ketertarikan membeli atau menggunakan jasa. Dengan begitu, ini merupakan elemen pada proses pemasaran.

Mempunyai usaha pada bidang apapun tentu saja tidak akan terlepas dari kompetitor. Supaya dapat menarik calon pelanggan lebih besar, harus menerapkan strategi pada produk agar terlihat unik dan punya daya tarik tersendiri.

Melalui Value Proposition, calon pelanggan akan diberikan keyakinan supaya tidak ragu dan menyesal memilih suatu produk usaha Anda. Ini adalah strategi bagus dalam menarik perhatian customer serta meningkatkan nilai penjualan.

Pelajari Value Proposition untuk Menarik Pelanggan Lebih Banyak

Mengenal Value Proposition Pada Bisnis

Value Proposition merupakan sebuah informasi yang berisikan penjelasan mengenai suatu produk atau jasa kepada para pelanggan. Pembuatan informasi ini harus dilakukan dengan baik agar menarik dan meninggalkan kesan.

Memilih kata-kata harus benar-benar dipikirkan mencangkup informasi lengkap tentang produk maupun layanan, kelebihannya, kegunaannya, sampai alasan mengapa harus membeli atau menggunakannya. Dengan begitu, pelanggan dapat mengetahui secara detail, tapi singkat.

Ini merupakan sebuah strategi pada perusahaan dalam proses pemasaran untuk meyakinkan calon pelanggan agar membeli atau menggunakan jasanya. Dalam menyusun proporsi nilai tersebut, harus sesuai kebutuhan target pasar.

Cara Membuat Value Proposition

Dengan mengetahui tujuan dari pembuatan Value Proposition ini, maka Anda bisa melakukan penerapan strategi tersebut. Ikuti beberapa cara pembuatannya seperti berikut.

Mengetahui Visi dan Misi Perusahaan dengan Baik

Langkah pertama adalah memahami visi dan perusahaan Anda dengan baik. Melalui pemahaman hal tersebut, maka bisa menentukan pembuatan informasi produk sesuai tujuan.

Menciptakan informasi produk maupun layanan dengan menyesuaikan dengan tujuan perusahaan akan menunjukkan identitas yang kuat. Oleh sebab itu, pelanggan bisa mengenali secara baik serta melihat keunikan dari bisnis Anda.

Riset Calon Pelanggan

Menerapkan strategi satu ini juga harus mengenali calon pelanggan dengan baik. Anda bisa melakukan riset untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh calon pelanggan tersebut agar dapat menentukan produk dengan baik dan tepat.

Proses riset atau penelitian perlu dilakukan dengan beberapa metode, mulai dari survei sampai wawancara. Ketahui secara mendetail tentang kebutuhan konsumen secara lebih dekat sehingga mampu membuat kesimpulan terbaik dan tepat.

Ketahui Kompetitor

Lakukan analisis terhadap kompetitor bisnis Anda sebelum membuat informasi atau keterangan produk maupun layanan. Melihat taktik kompetitor bukanlah cara curang melainkan sebagai bentuk pertimbangan agar bisa mengimbanginya.

Meskipun bersaing, dengan adanya kompetitor dapat membantu melakukan analisa bisnis sendiri dengan melihat apa yang harus diperbaiki atau diupgrade. Ketahui apa saja kelebihan dari produk atau jasa perusahaan lain untuk menentukan Unique Selling Proposition.

Membuat Informasi Produk/Jasa dengan Menerapkan Beberapa Poin Penting

Membuat penjualan terasa lebih menarik dibandingkan lainnya tentu harus memperhatikan beberapa poin penting. Tonjolkan keunggulan jualan Anda sehingga calon pelanggan dapat tertarik serta melihat ‘sesuatu’ yang worth it.

Terdapat sejumlah poin dimana harus ada dalam pembuatan Value ini antara lain:

  • Kelebihan dari produk/jasa yang ditawarkan
  • Kegunaan atau manfaat yang bisa diperoleh pelanggan dengan membeli atau memakai layanan
  • Alasan membeli atau memakai layanan serta perbedaan dari perusahaan lainnya

Hal-Hal yang Harus Ada Pada Value Proposition

Dalam menjalankan sebuah bisnis terlebih di era digital ini persaingan menjadi semakin ketat. Supaya bisa memberikan hasil keuntungan optimal maka membuat Value Selling Proposition dengan memperhatikan sejumlah hal.

Berikut ulasannya.

Newness

Sebuah informasi produk atau jasa yang bagus dan menarik harus memuat newness atau kebaruan. Dalam hal tersebut, elemen satu ini mempunyai kaitan dengan pembaharuan/inovasi apa yang perusahaan ciptakan untuk customer.

Dengan membuat inovasi, maka dapat langsung terlihat keunikan dan keunggulan usaha Anda dibandingkan para kompetitor lainnya. Di era modern, konsep newness berkaitan dengan penggunaan teknologi canggih.

Customization

Elemen berikutnya adalah customization atau mempunyai sifat fleksibel dimana sebuah produk harus mampu disesuaikan dengan fitur-fitur yang ada. Ini bertujuan supaya dapat sesuai pada apa yang pelanggan butuhkan.

Melakukan customization merupakan langkah penting bagi perusahaan dalam mengetahui minat target pasar saat ini. Lakukan dengan merencanakan kegiatan survei serta bertanya tentang aspirasi atau pendapat para pelanggan.

Performance

Performance berkaitan dengan kinerja suatu produk maupun layanan dari sebuah perusahaan. Jika kinerjanya bagus, kualitas juga mendukung, maka tentu saja pelanggan akan selalu setia bahkan memberikan rekomendasi kepada orang terdekat.

Produk-produk yang Anda tawarkan harus memikat dan menarik dalam segi performance. Ini bisa dilihat dengan penggunaan teknologi, seperti situs/website resmi, komputer, perangkat lunak, dan masih banyak lagi.

Solve the Problem

Konsumen membutuhkan suatu barang maupun sebuah layanan, tentu karena berangkat dari masalah akan kebutuhan mereka. Dari hal ini, Anda harus mampu menciptakan produk atau jasa yang bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan tepat.

Produk yang bisa menjadi solusi atas masalah pelanggan adalah sangat bagus. Sebaliknya, jika tidak dapat memberikan solusi, produk dianggap kurang fungsional.

Design

Elemen desain juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebab ini akan membentuk impresi pertama para calon pelanggan nantinya. Buat rancangan pembuatan produk secara matang serta mendetail sesuai jenisnya.

Dengan melihat pada perkembangan zaman yang semakin modern, perencanaan desain produk dapat mengacu pada konsep modern, trendi, minimalist, simple, serta fungsional. Lakukan riset terlebih dahulu tentang apa yang disukai target pasar dari sebuah desain produk.

Harga

Harga menentukan kualitas dari sebuah produk. Tetapi, dengan menentukan harga murah bukan berarti kualitasnya jelek, melainkan ini adalah sebuah strategi yang dapat Anda lakukan agar mampu menarik perhatian pasar lebih besar.

Perlu diingat, meskipun sudah membandrol harga murah, tidak selamanya customer akan selalu tertarik. Tetap utamakan kualitas dan pelayanan terbaik sehingga mereka tetap nyaman berbelanja atau menggunakan jasa dari usaha Anda.

Brand

Semakin besar nama sebuah brand, maka rasa kebanggaan dari para pembeli/pengguna layanan juga semakin tinggi. Inilah pentingnya membuat sebuah brand yang dapat terus berkembang karena selalu mengedepankan kualitas serta eksklusifitas.

Elemen satu ini perlu Anda perhatikan agar pelanggan merasa puas dan tidak menyesal. Berikan layanan ramah serta tidak membeda-bedakan customer sehingga semua dilayani secara adil.

Accessibility

Kemudahan akses juga penting diperhatikan dalam membuat nilai penjualan usaha Anda. Pastikan barang atau layanan dapat diakses oleh semua orang dengan cakupan wilayah yang sudah ditentukan alias target pasarnya.

Jika dapat dijangkau banyak orang secara mudah, tidak dibatasi usia, jenis kelamin, dan wilayah, tentu akan memberikan kesenangan pada calon customer. Dengan begitu, mereka tidak kesulitan menemukan barang-barang hingga layanan yang sedang dibutuhkan.

Itu dia ulasan mengenai apa itu value proposition serta cara-cara dalam membuatnya sehingga dapat menarik perhatian pelanggan. Teknik dalam sebuah bisnis ini mengandung beberapa elemen penting dimana harus Anda sertakan agar menaikkan nilai penjualan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar