Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Cara Membuat Toko Online di Bukalapak agar Banyak Pembeli

Jika Anda tertarik ingin berjualan online, sepertinya cara membuat toko online di Bukalapak ini mungkin sangat membantu. Pasalnya, akan dijelaskan langkah demi langkah hingga bagaimana mendapatkan pembeli.

Seperti kita ketahui, Bukalapak merupakan salah satu platform marketplace online yang populer di Indonesia. Sudah ratusan ribu lebih transaksi jual beli terjadi di dalamnya.

Jadi, memiliki toko online di Bukalapak bisa menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan. Agar lebih jelas, silakan simak pembahasan berikut ini.

Cara Membuat Toko Online di Bukalapak agar Banyak Pembeli

Cara Membuat Toko Online di Bukalapak dengan Mudah

Untuk membuat toko, sebenarnya caranya sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja, mengisi data diri yang dibutuhkan, kemudian tunggu konfirmasi dari pihak Bukalapak.

Berikut ini adalah langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Membuat akun

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat toko adalah membuat akun terlebih dahulu. Namun, jangan khawatir karena proses pendaftaran akun sangat mudah dilakukan.

Silakan siapkan data diri yang dibutuhkan seperti alamat email dan nomor handphone. Kemudian, ikuti panduan berikut ini.

  • Buka aplikasi Bukalapak
  • Klik Daftar di bagian kanan atas
  • Isi formulir data diri berupa nama lengkap, nomor handphone, jenis kelamin, username, dan password
  • Masukkan kode referral jika ada
  • Klik Daftar
  • Akan ada email konfirmasi berisi tautan
  • Klik tautan tersebut
  • Anda akan dibawa menuju halaman login
  • Masukkan email dan password sesuai yang didaftarkan
  • Selesai

Di langkah, ini Anda sudah resmi memiliki akun Bukalapak. Selain bisa digunakan untuk membuat toko, Anda juga bisa mengatur alamat apabila ingin berbelanja ke toko lain.

2. Melengkapi profil

Cara membuat toko online di Bukalapak selanjutnya adalah mulai melengkapi profil toko. Hal ini sangat penting untuk kelancaran transaksi nantinya.

Beberapa poin yang perlu dilengkapi antara lain nomor telepon, metode pembayaran, syarat pengiriman, tampilan lapak, dan sebagainya. Cara mengaturnya juga cukup mudah, yakni sebagai berikut.

  • Buka halaman Profil
  • Pilih Pengaturan
  • Pilih Lapak
  • Atur profil toko sesuai kebutuhan
  • Selesai

Ketika mengatur profil, akan lebih baik jika Anda menggunakan logo khusus agar toko terlihat lebih profesional. Gunakan tools pembuat logo gratis seperti Canva apabila belum memiliki cukup dana.

Canva bisa diakses melalui aplikasi maupun situs web www.canva.com. Caranya lihat dibawah ini.

  • Silakan login menggunakan akun Facebook atau Google.
  • Setelah itu, ketikkan pada kolom pencarian dengan kata kunci “Logo”. Akan muncul berbagai jenis logo.
  • Pilih yang paling sesuai dengan tema toko Anda. Ketika diklik, maka akan terbuka halaman editing.
  • Ganti tulisan yang terdapat pada template logo tersebut dengan toko online Anda.
  • Selanjutnya, klik Download pada menu bagian kanan atas.
  • Selesai.

3. Mengunggah produk

Setelah profil toko sudah lengkap, maka silakan tambahkan produk di toko tersebut lengkap dengan spesifikasi, berat, warna, dimensi, dan lain-lain.

Akan tetapi, pertama-tama Anda perlu menentukan jenis produk terlebih dahulu. Beberapa produk memang diperbolehkan untuk dijual, tetapi jenis-jenis tertentu juga dilarang.

Beberapa jenis produk yang dilarang untuk dijual adalah obat-obatan ilegal, benda terkait dengan pornografi, produk bajakan, binatang, properti, sepeda motor, dan mobil. Jadi, pastikan produk Anda tidak termasuk dalam kategori tersebut.

Untuk meningkatkan kemungkinan produk terjual, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengunggah produk, yakni sebagai berikut.

  • Gunakan foto yang jelas dan tidak blur
  • Berikan logo diskon atau free ongkir untuk menarik perhatian
  • Berikan deskripsi produk secara jelas
  • Tambahkan varian agar pembeli memiliki banyak pilihan

Begitulah cara membuat toko online di Bukalapak. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan beberapa optimasi agar produk bisa dilihat oleh banyak orang dan akan dijelaskan di bagian berikutnya.

Kelebihan Berjualan di Bukalapak

Kelebihan Berjualan di Bukalapak

Dibandingkan berjualan di platform marketplace lainnya, Bukalapak memiliki beberapa kelebihan. Lalu, apa saja kelebihan tersebut?

1. Mendapat notifikasi pemesanan

Salah satu kelebihan yang mungkin cukup membantu penjual adalah adanya fitur notifikasi. Ketika Anda mendapatkan pembeli, maka pemberitahuan akan dikirim melalui SMS ke nomor yang terdaftar.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat mengingat pembeli tentu saja ingin segera mendapatkan respons ketika ingin memesan. Sementara itu, sebagai penjual Anda tidak bisa selalu online membuka aplikasi Bukalapak.

Memanfaatkan fitur ini merupakan salah satu cara membuat toko online di Bukalapak menjadi lebih mungkin mendatangkan pembeli. Saat orderan datang, maka Anda langsung bisa menindaklanjuti baik itu membalas pesan maupun mengurus pesanan.

2. Mendapat jaminan keamanan

Demi menunjukkan kepedulian terhadap kenyamanan penjual dan pembeli, Bukalapak memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Dengan cara ini, kedua belah pihak akan sama-sama terhindar dari berbagai risiko.

Sebagai penjual, Anda akan terhindar dari pembeli yang nakal. Sementara itu, bagi pembeli mereka juga akan mendapatkan jaminan atas produk yang dibeli.

Hal ini akan membuat lebih banyak transaksi jual beli terjadi di Bukalapak dan tentu saja kemungkinan toko Anda dilirik juga semakin besar. Jadi, tidak ada salahnya belajar mengenai cara membuat toko online di Bukalapak untuk saat ini.

3. Berbagai program menarik

Bukalapak memiliki cukup banyak program yang akan menarik minat pembeli untuk berbelanja, salah satunya adalah Super Seller. Dengan fitur ini toko Anda akan lebih mudah mendapatkan pembeli.

Beberapa kentungan ketika mengikuti program ini adalah gratis ongkir, campaign besar, voucher khusus, statistik penjualan, kata kunci populer, dan masih banyak lagi. Silakan manfaatkan semua fitur tersebut agar penjualan semakin meningkat.

Tips Berjualan di Bukalapak

Setelah mengetahui cara membuat toko online di Bukalapak, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips dalam melakukan pemasaran. Hal ini dikarenakan Anda tidak akan langsung mendapat pembeli hanya dengan sekadar membuka toko saja.

1. Pasang foto produk terbaik

Hindari menggunakan foto yang buram, gelap, dan tidak jelas. Hal tersebut tentu akan membuat minat pembeli langsung hilang dan memilih toko lainnya.

Lakukan editing sederhana terlebih dahulu seperti menyesuaikan kecerahan, mengambil gambar dengan resolusi tinggi, dan memberikan bingkai jika perlu.

Meskipun memakan waktu, namun hal ini merupakan salah satu cara membuat toko online di Bukalapak menjadi lebih menarik.

2. Maksimalkan kata kunci

Metode pencarian di marketplace online adalah menggunakan kata kunci. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memahami kata kunci terkait produk yang ingin dijual.

Sebagai contoh, apabila Anda menjual produk herbal peninggi badan, maka cari kata kunci yang relevan seperti “Peninggi Badan Alami”, “Peninggi Badan Murah”, “Obat Peninggi Badan”, dan lain-lain.

Setelah itu, gunakan kata kunci tersebut sebagai judul atau masukkan ke dalam deskripsi. Langkah ini akan membuat produk Anda akan lebih sering muncul ketika pengguna melakukan pencarian barang.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat toko online di Bukalapak dengan mudah. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda akan berkompetisi dengan ratusan hingga ribuan pedagang lainnya sehingga hasil tidak akan bisa diraih secara instan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar