Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Membuat TikTok Shop dan Tips Banjir Pembeli

Saat ini informasi mengenai cara membuat TikTok shop sedang banyak dicari. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki dibandingkan tempat jualan online lainnya.

Salah satu yang membuat TikTok shop sangat digemari adalah mudahnya menjangkau banyak orang meskipun akun masih baru. Jika Anda ingin berjualan online melalui TikTok shop, maka artikel ini adalah jawaban yang tepat.

Setelah membaca pembahasan di bawah ini, silakan langsung praktikkan agar segera mendapatkan hasil yang maksimal. Tentu saja semua itu tidak akan bisa dicapai dengan instan sehingga perlu beberapa waktu untuk mencapai hasil tersebut.

Cara membuat TikTok shop

Sekilas Tentang TikTok Shop

Sebelum membahas mengenai cara membuat TikTok shop, akan lebih baik jika memahami fitur tersebut terlebih dahulu. Sesuai namanya, TikTok shop merupakan fitur jual beli yang terdapat pada aplikasi TikTok.

Pada awalnya, TikTok hanya sekadar platform media sosial yang menjadi tempat berbagi konten berupa video singkat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, terdapat pengembangan yang cukup signifikan hingga muncul fitur shop.

Kelebihan menggunakan TikTok adalah kemudahannya dalam menjangkau banyak penonton, bahkan meskipun akun tersebut masih baru. Inilah yang menyebabkan TikTok shop sangat digemari dan efektif untuk menjangkau lebih banyak orang.

Karena mayoritas pengguna TikTok adalah anak muda, maka Anda juga perlu tahu bahwa produk yang dijual di platform ini harus menyasar usia tersebut. Meski begitu, tidak sedikit pula orang dewasa yang juga menggunakan media sosial tersebut.

Jenis-Jenis Iklan di TikTok Shop

Anda perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa jenis iklan di platform ini. Setelah memahami hal tersebut, Anda bisa melakukan cara membuat TikTok shop menjadi lebih cepat.

Seperti kita ketahui, iklan akan membuat jangkauan pembeli semakin tertarget layaknya ads atau iklan di platform lainnya seperti Facebook, Instagram, dan Google. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan berikut.

1. Lead generation

Jenis yang pertama adalah leads generation. Leads bisa dikatakan sebagai calon pembeli yang berpotensi menjadi customer karena memiliki kebutuhan atas produk yang dijual.

Jadi, tujuan utama lead generation adalah mengumpulkan orang maupun informasi dari pengguna TikTok menggunakan formulir online. Cara ini dinilai lebih cocok dilakukan jika siklus penjualan cenderung lebih lama seperti bidang jasa.

2. Collection ads

Collection ads merupakan fitur iklan yang memungkinkan penjual dapat menampilkan slide produk. Slide ini nantinya dapat digeser dan setiap slide menampilkan produk yang berbeda.

Saat slide tersebut diklik oleh pengunjung, maka mereka akan langsung diarahkan ke halaman galeri. Metode ini sangat cocok jika ingin mendapatkan traffic website atau melakukan penjualan musiman.

Syarat dan Ketentuan Membuat TikTok Shop

Agar seluruh prosedur cara membuat TikTok shop berjalan lancar tanpa kendala, Anda perlu memahami beberapa syarat dan ketentuan dari pihak TikTok. Ketentuan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Negara harus sudah layak menggunakan TikTok shop
  • Membuat nama toko yang tidak melanggar ketentuan
  • Memasukkan alamat toko secara lengkap dan akurat
  • Melakukan verifikasi identitas diri
  • Memasukkan data rekening bank

Jika Anda sudah merasa memenuhi ketentuan di atas, maka proses pembuatan TikTok shop bisa dilanjutkan.

Cara Membuat TikTok Shop dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mulai membuka toko di platform ini. Silakan simak langkah-langkah berikut.

1. Membuka website TikTok shop

Pertama, silakan kunjungi website https://seller-id.tiktok.com/account/welcome. Anda dapat mengaksesnya melalui PC maupun menggunakan browser di handphone.

2. Melakukan sign up

Selanjutnya, jika belum memiliki akun, silakan klik tombol Sign Up dan mendaftar menggunakan akun TikTok Anda ataupun memakai data lainnya seperti email dan nomor handphone. Setelah itu, Anda akan menuju ke halaman otorisasi.

Baca dan perhatikan seluruh syarat dan ketentuan yang ditampilkan. Jika sudah paham, silakan klik tombol Otorisasikan.

3. Verifikasi email

Setelah menjalankan langkah di atas, maka Anda akan mendapatkan kode yang dikirimkan melalui email. Cek email tersebut untuk melakukan verifikasi pendaftaran.

4. Pembuatan akun berhasil

Ketika sudah melakukan verifikasi email, artinya langkah cara membuat TikTok shop sudah selesai. Selanjutnya, Anda tinggal mengatur profil toko dan memasarkannya saja.

5. Mengisi formulir

Anda akan diminta untuk mendaftarkan toko saat pendaftaran pada langkah sebelumnya sudah berhasil. Agar proses verifikasi berjalan lebih cepat, usahakan untuk mengisi informasi secara detail mulai dari alamat toko, jenis bisnis, dan lain-lain.

6. Selesai

Apabila verifikasi sudah berhasil dilakukan oleh pihak TikTok, maka Anda sudah bisa mulai berjualan. Ingat, karena ini adalah platform media sosial, maka ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar jangkauan pembeli bisa lebih luas dan akan dibahas di bagian berikutnya.

Cara Membuat TikTok Shop Ramai Pembeli

Seperti sudah disinggung di bagian sebelumnya, Anda perlu mengetahui beberapa tips agar perkembangan TikTok shop Anda semakin pesat. Berikut adalah cara yang bisa digunakan.

1. Mengoptimalkan katalog produk

Sebelum melakukan berbagai trik pemasaran, pastikan bahwa produk Anda benar-benar sudah tertata dengan rapi. Oleh karena itu, hal penting yang harus dilakukan adalah mengoptimalkan katalog produk.

Pertama, pastikan Anda menggunakan foto produk dengan kualitas terbaik. Jangan sampai foto produk terlihat blur atau kurang jelas.

Selanjutnya, gunakan nama produk yang menarik dan tidak lebih dari 34 karakter. Usahakan juga judul tersebut sudah mencakup informasi penting terkait produk.

2. Rutin membuat konten

Hal ini merupakan cara membuat TikTok shop ramai pengunjung yang paling penting. Karena masih berada dalam sebuah platform media sosial, artinya konten tetap menjadi prioritas utama.

Oleh karena itu, pelajari berbagai macam cara untuk membuat konten yang menarik dan upload secara konsisten minimal satu per hari. Cara tersebut akan membuat jangkauan postingan Anda menjadi semakin luas dan berpotensi meningkatkan kemungkinan toko online dikunjungi banyak orang.

Buatlah konten seputar produk yang ingin dijual. Misalnya, apabila Anda menjual produk hijab, maka konten yang dibuat bisa tentang tutorial menggunakan hijab, review hijab, dan lain-lain.

3. Kerja sama dengan influencer

Cara membuat TikTok shop ramai pembeli yang terakhir adalah bekerja sama dengan influencer. Meskipun membutuhkan modal biaya, namun hasilnya pun juga akan lebih maksimal.

Di mana pun platform yang digunakan, bekerja sama dengan influencer masih menjadi cara terbaik untuk mendatangkan lebih banyak pembeli. Pasalnya, mereka memang memiliki pengikut yang banyak dan bisa mengajak membeli produk tertentu, termasuk produk Anda.

Akan tetapi, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan jasa influencer. Pastikan bahwa follower atau pengikut mereka merupakan target pasar Anda.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual produk skincare, maka pilihlah influencer di bidang kecantikan atau make up. Cara ini dinilai lebih efektif mendatangkan pembeli.

Jadi bisa dikatakan bahwa cara membuat TikTok shop sangat mudah dan sederhana. Anda hanya perlu ketekunan dalam membuat konten, maka penghasilan jutaan rupiah per bulan bisa segera tercapai.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar