Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

8 Cara Membuat Iklan di Google dengan Mudah

Sebelum mempelajari cara membuat iklan di Google, ada banyak sekali hal yang perlu Anda ketahui. Pasalnya kegiatan ini tidak semudah yang dibayangkan karena membutuhkan proses cukup rumit.

Tanpa berbekal pengetahuan yang cukup, uang yang Anda keluarkan untuk beriklan akan terbuang sia-sia dengan hasil yang minimal. Tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Oleh karena itu, pada kali ini akan dibahas mengenai apa saja hal yang perlu diketahui sebelum mulai beriklan di Google dan bagaimana langkah demi langkah supaya mendapatkan hasil maksimal.

Cara Membuat Iklan di Google dengan Mudah

Cara Membuat Iklan di Google dengan Mudah

Meskipun terlihat rumit, asalkan Anda bisa mengikuti setiap langkah dengan teliti, maka semuanya akan berjalan secara lancar. Jadi, silakan perhatikan langkah-langkah membuat iklan di Google berikut ini.

1. Membuat akun Google Ads

Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara membuat iklan di Google adalah membuat akun Google Ads terlebih dahulu. Akun ini nantinya akan menjadi pegangan ketika menjalankan berbagai iklan di dalamnya.

Untuk membuat akun Google Ads sebenarnya sangat mudah. Jika Anda sudah memiliki akun Google sebelumnya, maka akun tersebut bisa digunakan untuk mendaftarkan Google Ads.

Pastikan Anda menggunakan akun Google yang sering Anda gunakan, sebagai contoh untuk ponsel maupun aktivitas di PC sehari-hari. Cara ini akan memudahkan ketika nantinya ingin mengoperasikan dan mendapatkan berbagai data pendukung.

2. Menentukan goal iklan

Cara membuat Iklan di Google berikutnya adalah mulai menentukan goal iklan. Anda perlu tahu bahwa ada beberapa tujuan dari sebuah iklan mulai dari untuk penjualan, mendapatkan traffic, dan lain-lain.

Silakan Anda pertimbangkan hal ini terlebih dahulu agar ketika melakukan eksekusi bisa lebih tepat sasaran. Jangan sampai Anda menggunakan goal website traffic, padahal yang sebenarnya dibutuhkan adalah leads.

Agar lebih jelas memahami apa saja goal iklan yang bisa dipilih, silakan perhatikan beberapa poin berikut ini.

  • Local store visits bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pada toko offline atau fisik
  • App promotion bertujuan untuk membuat promosi sebuah aplikasi untuk dipasang di gadget mereka
  • Brand awareness bertujuan untuk menjangkau orang baru dalam memperkenalkan brand
  • Product and brand consideration untuk mendorong orang lebih mengenal produk Anda
  • Website traffic bertujuan mendapatkan pengunjung atau traffic pada sebuah website
  • Leads bertujuan mendatangkan leads atau calon pelanggan
  • Sales bertujuan untuk mendapatkan penjualan dari produk online maupun offline

Poin-poin di atas sangat wajib untuk dipahami karena masing-masing goal memiliki strategi yang berbeda, terutama ketika nanti ingin membuat konten ads.

3. Memilih tipe campaign

Setelah menentukan goal dari iklan, maka cara membuat iklan di Google selanjutnya adalah memilih tipe campaign. Ada beberapa jenis campaign yang bisa dipilih, yakni sebagai berikut.

  • Search campaign, yaitu iklan akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian kata kunci tertentu
  • Display campaign, yaitu iklan berupa gambar atau teks yang muncul di website partner
  • Shopping campaign, yaitu iklan berupa informasi produk, gambar, dan harga yang menuju ke website tertentu
  • Video campaign, yaitu iklan berupa video pendek antara 8 hingga 15 detik
  • App campaign, yaitu iklan yang mempromosikan sebuah aplikasi

Silakan pilih jenis sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika produk Anda memiliki kekuatan dari segi visual, maka display campaign bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Melengkapi pengaturan dasar

Sebelum nantinya memulai untuk beriklan, Anda perlu melengkapi pengaturan dasar terlebih dahulu seperti nama iklan, jaringan, jenis iklan, dan lain-lain. Selain itu, tentukan juga durasi iklan yang akan dibuat.

Berikut ini adalah langkah yang perlu dilakukan.

  • Buka akun Google Ads
  • Klik Pengaturan
  • Klik Show more Settings
  • Tentukan durasi penayangan iklan
  • Selesai

Perlu diketahui bahwa keberhasilan cara membuat iklan di Google bisa tergantung dari langkah ini. Selain itu, pastikan durasi yang dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

5. Menentukan target audiens

Langkah ini bisa dibilang menjadi faktor penentu keberhasilan iklan yang akan dibuat. Pasalnya, sebesar apapun budget yang digunakan, jika iklan menyasar orang yang salah, maka hasilnya akan sia-sia.

Petakan target audiens Anda terlebih dahulu mulai dari usia, jenis kelamin, penghasilan, hobi, minat, pekerjaan, tempat tinggal, dan lain-lain. Jika semua itu sudah jelas, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan hasil yang maksimal.

Inilah salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh banyak orang mengenai cara membuat iklan di Google. Banyak yang beranggapan bahwa iklan hanya sekadar memasang sebuah gambar atau video ke sebanyak-banyaknya orang secara acak dan berharap langsung mendapat hasil.

Padahal, hasil yang optimal hanya bisa didapatkan ketika sudah menentukan target audiens yang spesifik dan tepat sasaran. Sebagai contoh, jika produk Anda merupakan pemutih wajah, maka akan lebih baik menyasar wanita dengan usia 15 hingga 35 tahun.

Langkah tersebut akan mempermudah Anda mendapatkan hasil yang positif dibandingkan menargetkan semua orang secara acak. Jadi, lakukan langkah ini dengan sangat teliti dan detail.

6. Mengatur budget harian

Jika masih pemula, sebaiknya jangan memasang budget terlalu besar terlebih dahulu. Apabila sudah merasa mendapatkan hasil positif, maka perlahan-lahan tingkatkan nominal tersebut.

Selanjutnya, tentukan juga bidding iklan untuk setiap tujuan. Sebagai contoh, Anda bisa berfokus pada tujuan klik apabila ingin berfokus pada jumlah klik dibandingkan tayangan.

7. Mengatur keyword

Cara membuat iklan di Google berikutnya adalah mengatur keyword. Keyword ini sangat penting karena akan menentukan keberhasilan iklan, terutama jika menggunakan search campaign.

Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan dengan apa yang Anda iklankan. Jika masih merasa bingung, Anda dapat menggunakan bantuan tool Google Keyword Planner.

Dengan alat tersebut, Anda cukup memasukkan sebuah topik tertentu dan akan muncul banyak sekali rekomendasi keyword. Tidak hanya itu, akan muncul juga data-data seperti jumlah pencarian bulanan hingga tren pencarian.

8. Membuat iklan

Apabila semua itu sudah dilakukan, maka saatnya untuk mulai membuat iklan. Buatlah kalimat yang singkat namun memancing orang untuk mengeklik iklan tersebut.

Setelah naskah iklan sudah selesai, sempurnakan cara membuat iklan di Google dengan melakukan review lalu melengkapi pembayaran. Periksa apakah iklan tersebut sudah cukup bisa menarik perhatian atau belum.

Untuk masalah pembayaran, Anda perlu mengisi beberapa pengaturan terlebih dahulu seperti zona waktu, billing country, metode pembayaran, dan lain-lain. Pastikan semua data tersebut diisi dengan benar.

Ada berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih mulai dari transfer bank, debit, atau GoPay. Setelah semua pengaturan terisi dengan lengkap, beri tanda centang di bagian persetujuan lalu klik Submit.

Jadi, itulah tadi cara membuat iklan di Google dengan mudah. Mengingat potensinya masih sangat besar untuk memasarkan produk atau menjangkau traffic lebih luas, cara iklan ini masih layak untuk digunakan dan tidak ada salahnya untuk mempelajarinya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar

x