Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Cara Jualan Live di Shopee Beserta Syarat dan Kelebihannya

Akhir-akhir ini banyak pebisnis online mencari tahu cara jualan live di Shopee. Pasalnya, metode tersebut dinilai sangat efektif untuk mendapatkan hasil penjualan di marketplace online.

Anda pun juga bisa menggunakan metode tersebut apabila ingin meningkatkan penjualan yang mungkin sebelumnya kurang maksimal. Mengenai caranya akan dijelaskan secara lengkap pada pembahasan kali ini.

Setelah mempelajari cara berjualan melalui fitur live Shopee ini, diharapkan omzet Anda akan naik atau setidaknya memiliki calon pembeli jauh lebih banyak. Jadi, silakan simak pembahasan lengkap berikut.

Cara Jualan Live di Shopee Beserta Syarat dan Kelebihannya

Mengenal Tentang Shopee Live

Sebelum mulai mempelajari cara jualan live di Shopee, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dan konsep dasar fitur tersebut. Semua itu bertujuan agar nantinya semua langkah-langkah bisa dilakukan dengan baik.

Sesuai namanya, Shopee Live merupakan salah satu fitur Shopee untuk melakukan live streaming. Tayangan live ini bisa disaksikan baik followers maupun non-followers dan biasa digunakan untuk melakukan flash sale.

Metode berjualan menggunakan fitur live memang dirasa cukup efektif akhir-akhir ini mengingat pembeli bisa menanyakan produk secara langsung kepada penjual. Dengan demikian, tidak ada indikasi penipuan seperti barang tidak sesuai deskripsi dan lain-lain.

Bagi pembeli, hal tersebut juga cukup menguntungkan karena biasanya penjual yang melakukan live akan memberikan promo-promo menarik seperti gratis ongkir, potongan harga, dan lain-lain.

Jadi jika ingin meningkatkan penjualan, sepertinya Anda perlu mempelajari fitur tersebut. Secara umum berikut ini adalah beberapa kelebihan jika menggunakan cara jualan live di Shopee.

  • Interaksi dengan calon pembeli secara langsung
  • Mendapatkan masukan langsung dari penonton
  • Menemukan produk yang paling dicari saat ini
  • Sangat bagus untuk melakukan branding
  • Membantu membangun citra positif
  • Dapat menjelaskan barang secara detail
  • Terdapat fitur beli langsung
  • Mendapatkan follower baru
  • Berlatih public speaking
  • Lebih mudah mendapatkan kepercayaan calon pembeli

Syarat-Syarat Berjualan Live di Shopee

Anda tidak bisa langsung melakukan cara jualan live di Shopee jika belum memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan beberapa syarat berikut ini.

  • Mempunyai smartphone dengan kamera berkualitas tinggi
  • Memiliki koneksi internet stabil
  • Menggunakan tripod agar gambar stabil
  • Memakai pencahayaan yang baik
  • Persiapkan seluruh produk untuk dipromosikan melalui live
  • Menyiapkan promo berupa voucher atau koin
  • Membuat metode pemesanan

Untuk poin terakhir, ada tiga metode pemesanan yang bisa digunakan, yakni tautan produk, list produk, dan komentar fix. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Tautan produk

Sesuai namanya, cara jualan live di Shopee ini menggunakan link atau tautan menuju sebuah produk ataupun toko sehingga mempermudah pembeli melakukan pemesanan. Silakan ikuti langkah-langkah ini.

  • Buka aplikasi Shopee
  • Buka halaman Saya
  • Pilih Toko Saya
  • Scroll ke bagian Lihat Toko Saya
  • Klik Salin Link Tautan
  • Paste ke bagian Deskripsi Live Streaming

2. List produk

Metode yang kedua adalah menggunakan list produk. Untuk melakukannya, Anda perlu mendaftar beberapa produk yang ingin dijual dengan melakukan klik ikon tas orange pada kanan bawah.

Meskipun termasuk metode paling konvensional, namun kenyataannya masih banyak pembeli merasa dimudahkan dalam memilih produk menggunakan cara ini. Jadi, saat ini metode list produk masih bisa digunakan.

3. Komentar fix

Pada dasarnya, metode pemesanan ini adalah mencatat orang yang berkomentar ketika live dilakukan. Artinya, Anda akan membutuhkan bantuan orang lain untuk menghubungi orang tersebut saat melakukan checkout.

Cara Jualan Live di Shopee

Ketika sudah memahami hal-hal di atas, artinya Anda sudah siap untuk mulai berjualan live di Shopee. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

1. Membuka menu live stream via aplikasi

Sebenarnya, Anda juga bisa melakukan live menggunakan PC atau laptop, hanya saja membutuhkan beberapa tool seperti OBS. Akan tetapi, di bagian ini hanya akan dijelaskan live menggunakan aplikasi.

Caranya silakan Anda membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu. Setelah itu, klik menu Saya kemudian pilih menu Live Streaming dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Melengkapi data

Berikutnya, cara jualan live di Shopee adalah melengkapi beberapa data pendukung seperti judul, deskripsi, produk, dan juga cover foto. Untuk mendapatkan banyak perhatian penonton, buatlah judul live streaming yang menarik seperti menggunakan promo atau sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bahwa judul maksimal hanya 35 karakter saja. Jadi, pikirkan matang-matang agar karakter tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menarik perhatian penonton.

Untuk foto cover, Anda tidak diperbolehkan menggunakan gambar dengan ukuran file di atas 200 kb. Silakan kompres gambar terlebih dahulu apabila ukuran file masih di atas angka tersebut.

Kemudian, deskripsi live maksimal menggunakan 200 karakter. Di bagian deskripsi Anda bisa menjelaskan garis besar live tersebut, seperti promo, flash sale, cuci gudang, dan lain-lain.

Pastikan semua data tersebut diisi secara lengkap. Apabila ada salah satu yang kosong atau tidak sesuai ketentuan, maka live tidak akan bisa dilakukan.

3. Memulai live streaming

Cara jualan live di Shopee yang terakhir adalah mulai melakukan siaran langsung. Silakan klik tombol Mulai Live Streaming lalu siaran langsung akan segera dimulai.

Ketika melakukan langkah di atas, maka followers Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda sedan melakukan livestreaming. Silakan maksimalkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk dan berinteraksi dengan penonton.

Jika ingin mengakhiri tayangan langsung, silakan tekan tombol X di bagian kanan atas. Akan tetapi, pastikan jangan keluar aplikasi sebelum benar-benar menekan tombol tersebut karena live akan terus berjalan.

Tips Saat Melakukan Cara Jualan Live di Shopee

Cara berjualan live di Shopee

Agar tidak merasa kebingungan ketika melakukan live, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini. Tujuannya adalah supaya siaran langsung bisa mendapatkan hasil lebih maksimal.

1. Deskripsikan produk secara jelas

Kelebihan dari live adalah Anda bisa menjelaskan produk secara detail. Jadi, manfaatkan waktu ini untuk memberikan gambaran kepada penonton seperti dimensi, varian, kelebihan, dan sebagainya.

Selain itu, mendeskripsikan produk ini juga akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang Anda jual. Pastikan bahwa barang tersebut benar-benar berkualitas baik dan layak untuk dibeli.

2. Berinteraksi

Saat melakukan siaran langsung, Anda juga harus sering-sering berinteraksi dengan penonton karena ini bukan presentasi satu arah. Sesekali perhatikan di kolom komentar apakah ada pertanyaan seputar produk seperti cara pengiriman, pilihan warna, atau sebagainya.

Jangan lupa untuk terus menyapa penonton layaknya Anda sedang bertemu langsung di hadapan mereka. Cara ini akan membuat live Anda semakin interaktif dan membuat penonton lebih betah mengikutinya.

3. Hadirkan promo

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan promo kepada penonton Anda seperti gratis ongkir atau diskon. Tujuannya adalah agar mereka segera membeli produk saat itu juga tanpa menunda-nunda.

Jadi, itulah tadi beberapa cara jualan live di Shopee yang langsung bisa Anda coba. Mungkin pertama kali akan merasa gugup, namun lama-kelamaan Anda akan mulai terbiasa melakukannya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar