Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

8 Cara Jualan di TikTok Shop Paling Ampuh Terbukti

Karena tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda perlu memahami cara jualan di TikTok shop yang benar. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan produk yang dijual menjadi laku keras dalam waktu singkat.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat langsung Anda lakukan. Pastikan Anda sudah mendaftar TikTok shop terlebih dahulu dan mengisi katalog produk.

Anda bisa memilih cara mana yang paling cocok dengan karakter toko ataupun mencobanya satu per satu sebagai eksperimen. Yang terpenting adalah teruslah mencari tahu agar bisa menemukan cara paling tepat mendatangkan banyak pembeli secara cepat.

Cara Jualan di TikTok Shop Paling Ampuh Terbukti

Cara Jualan di TikTok Shop Supaya Dapat Banyak Pembeli

Berikut ini akan dijelaskan cukup banyak cara jualan di TikTok shop agar bisa mendatangkan banyak pembeli. Jika memungkinkan, silakan coba semua cara agar hasilnya lebih maksimal.

1. Membuat akun TikTok Shop

Agar bisa berjualan di TikTok shop, tentu Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Buka browser di ponsel atau PC
  • Buka website https://seller-id.tiktok.com/account/welcome
  • Pilih Sign up with TikTok Account apabila sudah memiliki akun TikTok
  • Pilih Sign up with Phone and Email jika belum mempunyai akun
  • Ikuti instruksi yang diberikan
  • Isi formulir data diri terkait bisnis
  • Masukkan alamat serta kontak yang dapat dihubungi
  • Isi informasi toko seperti nama, jenis usaha, produk, dan lain-lain
  • Tunggu proses verifikasi dari pihak TikTok
  • Selesai

Setelah menjalankan cara di atas, silakan tunggu beberapa hari sampai mendapatkan pemberitahuan terkait status verifikasi. Apabila lolos, maka Anda sudah siap untuk berjualan.

2. Rajin membuat konten menarik

Ketika memutuskan terjun ke TikTok shop, artinya Anda sudah siap dengan konsekuensi yang akan dihadapi, yakni bersaing dengan jutaan konten di platform tersebut. Oleh karena itu, salah satu cara jualan di TikTok shop yang terbaik adalah rutin membuat konten menarik.

Setidaknya Anda perlu membuat minimal satu konten per hari jika ingin terus berada di persaingan. Akan tetapi, bisa jadi kompetitor Anda membuat konten lebih banyak dari itu.

Mengenai ide, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dijadikan konten. Anda dapat membuat video yang berkaitan dengan produk seperti review barang, tips membedakan barang asli dan palsu, rekomendasi produk pilihan, dan lain-lain.

Mungkin untuk di awal hal ini akan sangat menguras tenaga. Oleh karena itu, apabila memiliki uang lebih, Anda bisa merekrut orang untuk menjalankan tugas tersebut seperti pembuat konten freelance.

3. Konsisten promosi

Tujuan dari pembuatan konten adalah mendapatkan perhatian dari audiens atau target market dan juga follower. Setelah jumlah follower mulai meningkat, artinya Anda perlu membuat konten-konten promosi secara berkala.

Beberapa orang menganggap cara jualan di TikTok shop yang paling cepat mendatangkan pembelian adalah promosi yang menarik. Jadi, silakan siapkan konten-konten seperti promo hari raya, promo tahun baru, diskon khusus, dan lain-lain.

Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan live streaming, berkomentar di postingan orang lain, atau menggunakan fitur Ads. Namun, karena Ads membutuhkan biaya, sebaiknya gunakan cara organik atau gratis terlebih dahulu.

4. Kerjasama dengan influencer

Saat ini ada banyak sekali influencer yang berada di TikTok dengan berbagai niche mulai dari fashion, kuliner, kecantikan, kesehatan, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak ada salahnya untuk bekerja sama dengan mereka.

Cara jualan di TikTok shop dengan influencer adalah melakukan paid promote atau endorsement. Untuk paid promote, Anda perlu membuat konten sendiri dan influencer tersebut hanya memposting di akun mereka.

Sementara itu, untuk endorsement Anda bisa mengirimkan produk untuk mereka review dan dijadikan konten. Keduanya sama-sama akan mendatangkan awareness yang cukup besar ke banyak orang.

Karena dirasa bisa menghasilkan secara cepat, banyak pebisnis online menggunakan cara ini, terutama produk skincare yang memiliki banyak pesaing. Akan tetapi, Anda perlu memilih influencer sesuai niche produk Anda agar peluang terjadi konversi penjualan semakin besar.

5. Menggunakan TikTok Ads

Cara jualan di TikTok shop berikutnya adalah menggunakan fitur TikTok Ads. Seperti halnya tempat jualan yang lain, TikTok juga menyediakan fitur Ads di mana penjual bisa mendistribusikan ke orang-orang sesuai kriteria tertentu.

Untuk menggunakan cara ini, Anda memerlukan modal sejumlah uang setidaknya Rp500.000,00 agar bisa mendapatkan hasil yang baik. Selain itu, pahami juga beberapa jenis iklan yang terdapat di dalamnya, yakni sebagai berikut.

  • In Feed Ads, merupakan iklan yang muncul di feed pengguna TikTok
  • Promote Hashtag challenge, merupakan ajakan pengguna menggunakan hashtag tertentu
  • Branded filter, merupakan iklan berupa filter khusus suatu produk
  • Brand takeover, merupakan iklan eksklusif berupa video, gif, maupun gambar

Jadi, silakan sesuaikan jenis iklan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda salah memilih iklan karena uang yang dikeluarkan tidak akan membuahkan hasil maksimal.

6. Memaksimalkan hashtag

Meskipun efeknya tidak terlalu signifikan, namun cara jualan di TikTok shop menggunakan hashtag dapat membantu mendistribusikan konten ke banyak orang. Silakan lakukan riset mengenai hashtag terkait produk yang Anda jual.

Setidaknya kumpulkan minimal 30 hashtag berbeda dan gunakan 10 pada setiap postingan secara berbeda-beda. Jika hal ini dikombinasikan dengan rutin upload konten, maka jangkauan postingan Anda akan meningkat secara drastis dalam beberapa minggu saja.

7. Gunakan omnichannel

Omnichannel yang dimaksud di sini adalah memanfaatkan berbagai macam platform sekaligus. Meski membutuhkan tenaga yang ekstra, nyatanya cara jualan di TikTok shop dengan metode ini memiliki dampak luar biasa.

Alih-alih hanya berjualan di TikTok saja, Anda bisa menggunakan media lain seperti e-commerce, Instagram, Facebook, dan YouTube. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan pembeli lintas platform yang cukup banyak.

Meskipun menggunakan banyak channel, Anda perlu memonitor dan menganalisis channel mana yang paling banyak mendatangkan pembeli. Setelah itu, fokus pada tiga platform terbaik saja agar energi yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Cara ini biasanya dilakukan oleh brand-brand besar atau online shop yang sudah memiliki tim pemasaran dan pembuat konten. Biasanya satu topik konten akan dibuat menjadi beberapa jenis seperti gambar, infografik, video pendek, dan video panjang untuk diunggah ke platform berbeda.

8. Perbanyak interaksi dengan audiens

Apabila Anda sudah memiliki banyak pengikut, maka sangat penting untuk merawat kepercayaan mereka. Silakan perbanyak interaksi dengan audiens seperti membalas komentar mereka atau melakukan live secara rutin.

Jika perlu, berikan promo-promo menarik atau give away jika memiliki sumber daya yang mencukupi. Hal ini akan meningkatkan trust mereka dan kemungkinan akan senang hati berbelanja di toko online Anda.

Demikian beberapa cara jualan di TikTok shop yang sudah terbukti menghasilkan. Silakan praktikkan dan pelajari bagaimana hasilnya.

Apabila mendapatkan hasil yang bagus, maka maksimalkan cara tersebut dan terus melakukan perbaikan. Hal tersebut akan membuat toko Anda semakin laris.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar