Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Cara Jualan di Shopee Food dan Syarat serta Keuntungannya

Berbicara mengenai cara jualan di Shopee Food, tidak sedikit pebisnis yang masih merasa kesulitan untuk melakukannya. Hal tersebut karena Anda tidak bisa langsung mendapat pembeli hanya dengan mendaftar saja.

Melakukan pendaftaran hanya akan berdampak toko Anda dapat dilihat oleh pengguna Shopee Food. Tentu saja itu tidak akan cukup karena Anda tidak bisa berharap orang langsung berminat dengan produk Anda setelah mendaftar.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti pengaturan menu, penentuan harga, strategi marketing, dan lain-lain. Semua itu akan dijelaskan secara lengkap pada pembahasan kali ini dan bisa langsung Anda coba.

Cara Jualan di Shopee Food dan Syarat serta Keuntungannya

Syarat-Syarat Berjualan di Shopee Food

Anda tidak bisa mulai melakukan cara jualan di Shopee Food jika belum memenuhi persyaratan yang berlaku. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu untuk usaha individu.

  • Kartu Tanda Penduduk atau KITAS
  • SPPKP atau Surat Pengukuhan Penguasa Kena Pajak
  • Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Foto buku tabungan bagian depan

Sementara itu, apabila untuk usaha berbadan hukum, berikut ini adalah persyaratannya.

  • Kartu Tanda Penduduk atau KITAS
  • TDUP atau SIUP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak
  • NIB atau TDB
  • NPWP Daerah
  • Foto halaman awal buku tabungan
  • Surat keterangan domisili
  • Akta pendirian

Setelah memenuhi syarat dokumen di atas, maka Anda sudah bisa memulai mengikuti cara jualan di Shopee Food pada bagian berikutnya.

Cara Jualan di Shopee Food

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mulai berjualan menggunakan Shopee Food. Silakan pelajari dan lakukan sesuai urutan hingga akhir.

1. Mengisi formulir pendaftaran

Langkah pertama dalam cara jualan di Shopee Food adalah mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Silakan siapkan alamat email aktif sebelum melakukan pendaftaran.

Ketika mengklik link pendaftaran, Anda akan diarahkan menuju halaman pengisian formulir. Pastikan data-data yang diisikan sudah benar seperti nama toko, alamat, dan lain-lain.

2. Mengisi data diri

Data diri ini berisikan nama lengkap pemilik usaha sesuai Kartu Tanda Penduduk. Selain itu, beberapa data lain seperti nomor handphone dan alamat email juga perlu dimasukkan.

Setelah memastikan semua data benar, klik tombol Next. Kemudian, akan muncul halaman baru apakah sudah terdaftar di Merchant ShopeePay dan isikan Tidak jika belum punya.

3. Mengisi alamat usaha

Selanjutnya, isikan juga alamat di mana usaha Anda beroperasi. Tuliskan alamat dengan detail mulai dari RT, dusun, desa, hingga kabupaten.

Biasanya pada saat pengisian alamat akan muncul beberapa pilihan alamat kota-kota besar seperti Yogyakarta, Bali, Semarang, Surabaya, dan lain-lain. Namun, jika lokasi Anda tidak terdapat di dalamnya, silakan tuliskan secara manual.

4. Mengisi nama dan jenis usaha

Cara jualan di Shopee Food berikutnya adalah mengisi nama dan juga jenis usaha. Nama usaha bisa menggunakan brand jika sudah memiliki.

Akan tetapi, jika usaha masih baru dan belum mendaftarkan brand, maka Anda bisa menggunakan nama diri atau alternatif lain yang relevan dengan makanannya. Kemudian, pilih apakah usaha Anda merupakan perorangan atau PT.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi alamat kantor pusat serta kode pos. Pastikan ketika mengisi kolom ini perhatikan dengan teliti karena alamat ini sangat penting untuk driver nantinya akan mengambil makanan yang dipesan.

5. Upload foto outlet

Berikutnya, Anda akan diminta untuk mengunggah foto outlet. Silakan ambil gambar dengan pencahayaan yang baik sesuai dengan panduan yang diberikan oleh pihak Shopee.

Biasanya foto yang diminta adalah foto outlet tampak depan dan juga tempat produksi atau dapur. Anda dapat menambahkan foto dengan cara klik Add File kemudian klik tombol Next.

6. Melakukan konfirmasi pendaftaran

Setelah mengisi semua data di atas, maka Shopee akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi pendaftaran. Salah satu contoh yang akan ditanyakan adalah dari mana Anda tahu tentang pendaftaran merchant Shopee Food.

Akan muncul beberapa pilihan. Silakan pilih sesuai dengan kondisi sebenarnya lalu jangan lupa juga untuk memberikan konfirmasi bahwa seluruh data diri yang dimasukkan sudah benar.

7. Menunggu verifikasi

Ketika cara jualan di Shopee Food sudah dilakukan, Anda hanya tinggal menunggu proses verifikasi dilakukan oleh pihak Shopee. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email ataupun nomor handphone yang terdaftar.

8. Melengkapi berkas

Apabila pengajuan pendaftaran diterima, maka Anda perlu melengkapi beberapa berkas persyaratan. Silakan lengkapi formulir tersebut dan kirimkan melalui email ke pihak Shopee dan hardcopy ke kantor Shopee.

Dalam waktu maksimal 15 hari kerja, pihak Shopee Food akan mendatangi merchant untuk melakukan bimbingan kepada Anda. Setelah bimbingan selesai dilakukan, maka Anda sudah siap untuk mulai berjualan.

Keuntungan Berjualan Menggunakan Shopee Food

Sebenarnya Anda bisa berjualan makanan menggunakan cara lain seperti memanfaatkan media sosial, membagikan brosur, dan sebagainya. Akan tetapi, berjualan dengan Shopee Food memiliki beberapa keuntungan, yakni sebagai berikut.

1. Banyak promo menarik

Salah satu alasan kenapa banyak pengusaha ingin belajar cara jualan di Shopee Food adalah karena banyak sekali voucher yang ditawarkan. Voucher ini akan menarik banyak orang untuk berbelanja menggunakan Shopee Food.

Artinya, calon pembeli Anda pun nantinya akan jauh lebih banyak, bahkan yang sebelumnya belum pernah mengenal usaha Anda. Beberapa jenis voucher yang ditawarkan antara lain voucher gratis ongkir, voucher diskon 55%, voucher diskon 30%, hingga voucher diskon 60%.

2. Terintegrasi dengan Shopee

Seperti kita ketahui, jumlah pengguna Shopee saat ini sudah sangat banyak. Jadi, karena layanan ini terintegrasi dengan Shopee, maka layanannya pun sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pembeli bisa bertransaksi menggunakan uang cash maupun Shopee Pay sehingga lebih mudah dalam melakukan pemesanan. Hal tersebut juga akan membantu anda mendapatkan penjualan lebih mudah.

Ketentuan Menulis Menu di Shopee Food

Satu hal lagi yang perlu dipahami ketika melakukan cara jualan di Shopee Food adalah tentang ketentuan menulis menu. Ada beberapa peraturan yang harus ditaati agar tidak mendapatkan peringatan dari pihak Shopee, yakni sebagai berikut.

  • Gunakan nama makanan atau minuman sesuai dengan sebenarnya
  • Nama makanan dan minuman tidak boleh disingkat
  • Tidak menjual produk yang dilarang seperti anjing, kura-kura, kucing, ular, dan kelelawar
  • Tidak boleh memasukkan menu yang tidak siap dibawa pulang
  • Tidak boleh menggunakan kata yang mengandung umpatan, pornografi, dan kata tidak sopan lainnya
  • Dilarang memasukkan menu non-makanan/minuman seperti rokok
  • Dilarang menjual obat-obatan herbal
  • Tidak boleh menggunakan nama brand besar
  • Tidak boleh menggunakan emoji dalam menuliskan nama
  • Menggunakan huruf kapital di awal menu
  • Tidak lebih dari 100 karakter
  • Tidak boleh mencantumkan nomor telepon atau link tertentu
  • Untuk menu dengan ketentuan berat, sertakan berat rata-rata dan juga cantumkan harganya

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara jualan di Shopee Food dengan benar. Silakan pahami terlebih dahulu baik-baik baru kemudian mulai praktik.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar