Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Cara Jualan di OLX Hingga Mendapat Banyak Pembeli

Banyak orang yang belum mengetahui cara jualan di OLX dengan tepat. Pasalnya, untuk bertransaksi di platform jual beli ini memang tidak boleh sembarangan karena memiliki karakter unik tersendiri.

Sebagai contoh, sistem penayangan iklan di OLX adalah diurutkan berdasarkan waktu postingan. Dengan begitu, Anda tidak bisa berharap dalam sekali posting bisa mendapatkan banyak pembeli.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena selama memperhatikan cara berjualan serta menerapkan beberapa tips pada artikel ini maka mendapatkan pembeli akan lebih mudah. Jadi, silakan simak pembahasan lengkap berikut.

Cara Jualan di OLX Hingga Mendapat Banyak Pembeli

Kelebihan Berjualan di OLX

Untuk berjualan online, sebenarnya ada cukup banyak platform yang lebih baik karena terdapat berbagai macam promo untuk konsumen. Namun, di sisi lain OLX juga memiliki beberapa kelebihan yang mungkin tidak dimiliki platform jualan lainnya seperti di bawah ini.

  • Sangat mendukung untuk berjualan barang bekas
  • Lokasi bisa disesuaikan dengan bebas
  • Memiliki fitur tawar menawar harga
  • Pencarian menggunakan kata kunci
  • Memiliki fitur iklan agar barang selalu di halaman atas
  • Proses posting barang sangat mudah
  • Terdapat banyak kategori produk bisa dijual belikan

Tutorial Lengkap Cara Jualan di OLX

Untuk bisa mulai beriklan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Silakan ikuti langkah berikut ini secara berurutan agar semua proses berjalan lancar.

1. Download aplikasi OLX

Sebenarnya Anda bisa mengakses OLX melalui web browser. Akan tetapi, akan lebih efektif jika menggunakan versi aplikasinya karena praktis untuk dibuka sewaktu-waktu.

Aplikasi OLX bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah download dan pemasangan aplikasinya.

  • Buka Google Play Store
  • Ketikkan OLX pada kolom pencarian
  • Klik tombol Instal
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai
  • Selesai

Setelah berhasil mengunduh aplikasinya, Anda tidak bisa langsung melakukan cara jualan di OLX karena perlu membuat akun terlebih dahulu. Untuk pendaftarannya pun juga sangat mudah, yakni hanya membutuhkan nomor handphone atau email saja.

Selain itu, Anda juga bisa login langsung menggunakan akun Google maupun Facebook. Silakan pilih metode mana yang paling nyaman untuk digunakan.

2. Mulai pasang iklan

Setelah mengunduh aplikasi dan membuat akun, cara jualan di OLX berikutnya adalah mulai memasang iklan. Jangan khawatir karena proses pasang iklan di OLX sangat mudah, yakni sebagai berikut.

  • Buka aplikasi OLX
  • Pilih menu Jual
  • Pilih kategori produk
  • Pilih kondisi barang
  • Isikan judul produk
  • Tulis deskripsi produk
  • Tambahkan harga
  • Upload foto produk
  • Pilih lokasi iklan
  • Klik Buat Iklan
  • Selesai

Mengenai detail kondisi barang, Anda bisa memilih apakah barang tersebut baru atau bekas. Pastikan pilih kondisi secara jujur agar nantinya calon pembeli bisa lebih mudah memutuskan.

Dalam cara jualan di OLX, pengisian judul dan deskripsi produk sangat penting. Untuk judul, pastikan Anda menggunakan kalimat yang menarik dan terdapat kata kunci terkait produk yang dijual.

Sebagai contoh, Anda ingin berjualan meja laptop, maka gunakan keyword terkait seperti “meja laptop murah”, “meja laptop bekas”, dan lain-lain. Kemudian, agar hasilnya lebih optimal gunakan judul terdiri dari 5 hingga 10 kata.

Selanjutnya, di bagian kolom deskripsi, sebisa mungkin berikan penjelasan selengkap-lengkapnya mengenai produk yang dijual mulai dari berat, varian, kondisi, minus (jika barang bekas), kelengkapan, harga net, harga nego, lokasi, dan sebagainya.

Semakin jelas penjelasan mengenai produk, maka kemungkinan besar calon pembeli akan semakin percaya untuk melakukan transfer, COD, atau PCB. Jika Anda menjual barang bekas, maka usahakan untuk melakukan PCB agar kedua pihak bisa saling diuntungkan.

3. Upload foto produk

Di platform ini, Anda bisa mengunggah hingga 10 foto produk. Jadi, silakan manfaatkan slot tersebut semaksimal mungkin, entah itu menggunakan foto berbagai sudut atau disisipkan banner promosi dan testimoni.

Dalam menjalankan cara jualan di OLX, pastikan foto yang Anda gunakan memiliki resolusi yang tinggi, terutama jika barang yang dijual sangat membutuhkannya seperti sepatu, baju, handphone, dan sebagainya. Foto bisa diambil langsung atau upload dari galeri.

Akan tetapi, dalam memasang foto produk ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidak melanggar ketentuan dari OLX. Salah satu contohnya adalah jika berjualan pakaian usahakan untuk menggunakan model manekin daripada manusia.

Setelah memposting iklan, biasanya pihak OLX akan melakukan review terlebih dahulu dan akan memberikan peringatan jika melanggar ketentuan. Akan tetapi, apabila semua sudah sesuai, iklan akan langsung ditayangkan.

4. Menentukan harga

Cara jualan di OLX berikutnya adalah menentukan dan mencantumkan harga produk. Meski terlihat sepele, cukup banyak orang melakukan kesalahan di bagian ini.

Pastikan Anda menuliskan harga dengan benar sesuai harga jual produk. Kesalahan yang kerap dilakukan banyak orang adalah asal menuliskan harga seperti Rp123.456,00 atau Rp222.222,00.

Penggunaan angka sembarangan tersebut akan menurunkan kepercayaan calon pembeli dan mereka akan menganggap Anda tidak serius dalam berjualan. Jika sudah demikian, maka kemungkinan terjadi transaksi akan semakin kecil.

Cara Jualan di OLX Agar Laku Keras

Cara Jualan di OLX Agar Laku Keras

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa memasang iklan di OLX. Akan tetapi, silakan terapkan tips berikut ini jika ingin mendapatkan pembelian lebih banyak.

1. Pastikan iklan berada di urutan pertama

Seperti sudah disebutkan di bagian awal, ada ratusan iklan dibuat setiap harinya di platform ini. Artinya, apabila Anda upload produk hari ini, kemungkinan dua atau tiga hari ke depan produk Anda akan tertimbun iklan baru.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat iklan Anda selalu di halaman pertama. Cara pertama adalah memposting iklan setiap hari dengan foto dan judul yang berbeda-beda.

Kedua, Anda bisa menggunakan cara jualan di OLX berupa fitur promosi. Anda akan diminta melakukan pembayaran dengan jumlah tertentu dan produk akan berada di halaman atas produk selama beberapa hari.

2. Deskripsi lengkap dan apa adanya

Kebanyakan barang yang dijual di OLX adalah kondisi bekas. Jika Anda menjual barang bekas, maka berikan deskripsi produk selengkap mungkin seperti minus dan harga jual akhir.

Tidak masalah untuk mengungkapkan kekurangan jika memang ada. Hal tersebut akan mencegah terjadinya masalah setelah transaksi terjadi seperti perselisihan atau pengajuan pengembalian barang.

3. Maksimalkan keyword

Untuk mensiasati jika iklan Anda tertimbun iklan penjual lain, sebaiknya gunakan keyword yang kebanyakan dicari oleh calon pembeli Anda. Dengan cara ini, postingan Anda kemungkinan akan muncul melalui fitur pencarian.

Carilah minimal tiga kata kunci yang relevan dengan produk Anda seperti menambahkan kata ‘murah’ setelah nama produk. Sebagai contoh, jika Anda berjualan mainan anak, maka gunakan kata kunci ‘mainan anak murah’.

Bisa disimpulkan bahwa cara jualan di OLX cenderung lebih mudah dibandingkan melalui marketplace online. Asalkan tidak melanggar ketentuan, hampir bisa dipastikan iklan akan selalu dapat ditayangkan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar