Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Jualan di Bukalapak Agar Laris Manis dan Cepat Untung

Marketplace menjadi platform yang dipilih penjual untuk menawarkan dagangannya secara online, tak terkecuali Bukalapak. Cara jualan di Bukalapak terbilang mudah, terlebih bagi pemula yang baru mulai terjun ke dunia online.

Menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, terdapat berbagai kategori produk yang dijual oleh ratusan toko online di Bukalapak. Tak heran jika menggelar lapak disini dapat menjadi sumber pendapatan menguntungkan.

Untuk memudahkan seller pemula yang ingin mencoba peruntungan berjualan di Bukalapak, berikut informasi lengkap seputar persyaratan hingga bagaimana memulai jualan di marketplace terkenal di Indonesia ini.

Cara jualan di Bukalapak

Cara Jualan di Bukalapak Membuat Akun

Tak jauh berbeda dengan e-commerce lainnya, Bukalapak juga memberi kesempatan bagi para pebisnis yang ingin bergabung di situs jual beli miliknya. Proses dan prosedur pendaftarannya pun terbilang sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

Daftarkan Diri

Langkah pertama dalam cara jualan di Bukalapak adalah mengunjungi website resmi https://www.bukalapak.com/ untuk mendaftarkan diri sebagai seller. Setelah berhasil masuk ke halaman utama, mulai proses pendaftaran dengan mengklik tombol Daftar di sisi kanan atas layar.

Isi Formulir

Setelah mengklik tombol Daftar, Anda akan dialihkan ke formulir pendaftaran. Isi formulir tersebut secara lengkap mulai dari nama lengkap, email atau nomor HP, jenis kelamin, username yang diinginkan, kata sandi, dan kode referral jika ada.

  • Isi nama lengkap pemilik toko online sesuai dengan KTP.
  • Isi email atau nomor HP yang masih aktif, karena nantinya akan digunakan untuk proses verifikasi.
  • Buat nama toko yang unik, mudah diingat konsumen, dan merepresentasikan toko Anda sehingga calon pembeli bisa lebih mudah untuk mengenalnya.

Apabila tidak ingin mendaftar dengan mengisi formulir tersebut, dapat menggunakan akun Facebook atau akun Google. Caranya dengan mengklik di kolom tersebut, maka akun Bukalapak akan terdaftar secara otomatis.

Pahami Syarat dan Ketentuan

Memahami syarat dan ketentuan yang berlaku dan ditetapkan juga menjadi salah satu cara jualan di Bukalapak, sebelum nantinya Anda mengisi check list di kolom Setuju sebagai tanda persetujuan terkait perjanjian penjualan dengan pihak Bukalapak.

Klik Daftar

Baca kembali data yang telah diisi, apakah telah benar dan sesuai atau belum. Jika sudah dipastikan benar, selanjutnya klik tombol Daftar yang terletak di bagian bawah formulir.

Tunggu Konfirmasi

Selanjutnya penjual diminta menunggu hingga menerima bukti konfirmasi melalui e-mail yang dicantumkan. Setelah menerima email berisi link, segera klik link tersebut untuk mengonfirmasi akun Bukalapak dan setelah terkonfirmasi maka bisa langsung digunakan untuk berjualan.

Cara Jualan di Bukalapak dengan Mengunggah Produk

Setelah akun berhasil terkonfirmasi, maka penjual sudah dapat mulai jualan dengan mengunggah produk di etalase toko online-nya. Sebelum itu persiapkan terlebih dahulu produk yang akan dijual, lalu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka website Bukalapak dan log in menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.
  • Masuk ke menu Seller Center.
  • Klik pada menu Jual Barang, lalu pilih opsi menu Jual Satu Barang.
  • Nantinya akan muncul tampilan data barang yang wajib diisi mulai dari nama barang, kategori barang, detail barang, harga barang, stok barang, pembelian minimum dan maksimum, hingga kondisi barang.
  • Jika memiliki varian barang, klik pada menu Aktifkan Varian.
  • Unggah foto barang yang diinginkan, pilih 5 hingga 9 foto untuk 1 SKU.
  • Setelah memilih beberapa foto produk, klik pada tombol Upload
  • Masukkan deskripsi barang serta video jika ada.
  • Lakukan pengaturan pengiriman mulai dari perkiraan berat, ukuran kemasan, jasa pengiriman, waktu proses pesanan, gratis ongkir dari pelapak, hingga asuransi pengiriman.

Cara jualan di Bukalapak selanjutnya adalah penjual dapat mengunggah banyak produk sekaligus dengan spesifikasi berbeda. Bagi pelapak baru yang belum memiliki badge, dapat berjualan maksimal 250 produk dan jual banyak barang sekaligus dengan cara berikut :

  • Buka situs Bukalapak.
  • Log in melalui Seller Center.
  • Klik menu Jual Barang, lalu pilih opsi Jual Banyak Barang Sekaligus.
  • Di bagian Download Template, klik tombol Pilih Template. Penjual bisa memilih dari dua template yang disediakan yakni template dasar dan template kategori spesifik.
  • Klik pada tombol Download Template.
  • Isi dan lengkapi data barang yang ingin di-upload, pastikan data barang yang diisi telah sesuai dengan Panduan Pengisian Template yang tertera di artikel Jual Banyak Barang Sekaligus.
  • Simpan dokumen dengan ekstensi .xlsx, .xls, atau .cs dan pastikan nama dokumen sama ketika saat mengunduh.
  • Unggah file Excel yang telah terisi data lengkap dengan mengklik tombol Pilih & Upload File.
  • Selanjutnya di cara jualan di Bukalapak adalah penjual dapat melihat riwayat upload, apabila terdapat kendala ketika mengunggah file maka dapat mengklik pada informasi Detail guna melihat detail error.
  • Penjual juga bisa melihat detail barang yang ingin diperbaiki kembali, lakukan perbaikan data dengan mengklik tombol Perbaiki Dengan Template. Setelah perbaikan data selesai, unggah kembali file baru dengan klik Upload File.

Keuntungan Menjadi Penjual di Bukalapak

Tips jualan di Bukalapak

Terdapat berbagai keuntungan yang bisa dirasakan para seller yang memilih berjualan di Bukalapak dibandingkan dengan marketplace lainnya. Apa saja? Berikut penjelasan lengkap terkait keuntungan penjual :

Banyak Pembeli Potensial

Berjualan di Bukalapak berarti membuka kesempatan produk Anda untuk dilihat oleh banyak calon pembeli pontesial, yang berasal dari berbagai kalangan tanpa batasan jarak dan waktu. Dagangan pun berpotensi semakin laris manis diserbu pembeli.

Prioritas di Mesin Pencari

Selain mengetahui cara jualan di Bukalapak, penjual juga perlu mengetahui jika setiap halaman seller telah melalui proses SEO sehingga dapat tampil lebih unggul di mesin pencari.

Banyak Pilihan Jasa Logistik

Ketika berjualan online secara mandiri, Anda harus memikirkan jasa pengiriman yang terpercaya, cepat, namun terjangkau, belum lagi harus menghitung ongkos kirim dan mengantarkan barang pesanan.

Namun berbeda ketika berjualan di Bukalapak, karena penjual dapat mengatur pengiriman barang dengan lebih mudah berkat banyaknya pilihan jasa ekspedisi logistik. Selain itu penjual juga tak perlu repot menghitung ongkir secara manual.

Tips Cara Jualan di Bukalapak Agar Laris

Hal yang tak kalah penting adalah tips bagaimana agar jualan laris dan menghasilkan keuntungan berlipat. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan agar menjadi seller sukses di Bukalapak :

Unggah Produk Sebanyak Mungkin

Salah satu kunci toko online dikunjungi banyak calon pembeli adalah  memiliki banyak produk di etalasenya. Semakin banyak produk yang ada, maka semakin besar pula peluang pembeli untuk memilih dan men-check out barang.

Deskripsi Lengkap

Pastikan mengisi deskripsi secara lengkap dan jelas, agar calon pembeli dapat memahami dengan baik spesifikasi barang serta syarat dan ketentuan yang ada di toko online Anda.

Gunakan Fitur Push

Manfaatkan fitur Push untuk mempromosikan produk jualan agar berada di halaman pertama Bukalapak. Meskipun tidak gratis karena penjual harus membayar seharga Rp 2 ribu tiap push-nya, namun efek yang dirasakan dari fitur ini cukup signifikan.

Demikianlah cara jualan di Bukalapak yang bisa diikuti para seller pemula, agar dagangan cepat balik modal dan untung berlipat.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar