Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Cek Online Shop Penipu Lewat HP, Wajib Tahu 

Pesatnya perkembangan teknologi membuat aksi penipuan di dunia maya marak terjadi belakangan ini. Karena itu cara cek online shop penipu harus diketahui, guna menghindari kasus penipuan berkedok olshop.

Tak heran karena kecanggihan teknologi memudahkan penipu untuk melancarkan aksi penipuan, contohnya membuka online shop dengan harga miring lalu memberikan nomor rekening untuk transfer uang.

Cara mengecek rekening penipu secara online dapat dilakukan dengan sangat mudah melalui website. Hal ini wajib diketahui guna melindungi diri dari penipu di dunia maya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara cek online shop penipu

Cara Cek Online Shop Penipu

Kasus penipuan online bisa terjadi kapan saja oleh siapa saja, bahkan meskipun ketahuan oknum tersebut masih akan membuat modus lain untuk menipu para korban barunya. Karena itu cara mengetahui online shop abal-abal berikut ini wajib diketahui.

Melalui Akun Instagram

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk melihat apakah online shop tersebut penipu atau tidak adalah melalui akun Instagram miliknya. Terdapat beberapa cara untuk mengetahuinya salah satunya dengan melihat testimoni di kolom komentar.

Online shop abal-abal umumnya akan menonaktifkan kolom komentar di setiap unggahannya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari ulasan atau komentar negatif dari pembeli lain yang tertipu.

Perhatikan apakah akun tersebut ditandai atau di-tag oleh konsumen sebelumnya. Umumnya akun asli memiliki banyak testimoni dari konsumen sebelumnya yang pernah membeli produk atau jasa olshop tersebut, jika tidak ada maka besar kemungkinan akun tersebut menipu.

Selain itu terdapat cara lain yakni dengan melihat apakah akun tersebut sering berganti nama akun. Pasalnya akun olshop palsu umumnya kerap bergonta-ganti nama, berikut cara mudah mengetahuinya :

  • Buka Instagram dan cari nama akun dari olshop
  • Klik pada ikon titik tiga di sisi kanan atas.
  • Pilih opsi menu Tentang Akun Ini atau About This Account.
  • Pilih Nama Pengguna Sebelumnya atau Former Usernames.

Melalui Website Kredibel

Kredibel merupakan situs atau forum publik yang digunakan untuk mengidentifikasi apakah seseorang melakukan penipuan, berdasarkan dari laporan serta keluhan.

Cara kerja Kredibel adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber, mengumpulkan laporan penipuan yang ditinjau setiap harinya, serta memproses data yang telah diterima untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai identifikasi apakah orang tersebut penipu atau bukan.

Untuk mengecek online shop yang dicurigai menipu melalui situs ini, Anda dapat mengakses website resminya di https://www.kredibel.co.id/ Untuk cara mengeceknya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka website Kredibel di https://www.kredibel.co.id/
  • Pada halaman utama di menu Cek Penipu Online, masukkan nomor rekening yang terindikasi penipu di kolom yang tersedia.
  • Klik Cari.
  • Jika ingin memasukkan nomor telepon, klik pada opsi menu Telepon.
  • Masukkan nomor telepon lalu klik Cari.
  • Nantinya akan tertera informasi apakah nomor rekening atau telfon tersebut benar digunakan sebagai penipuan atau tidak.

Selain itu Anda juga dapat menemukan berbagai ulasan yang ada di bagian bawah pencarian nomor rekening. Nantinya beragam komentar serta bintang akan muncul dengan nomor rekening, sehingga memudahkan untuk melakukan proses identifikasi.

Melalui Website Cek Rekening

Selain itu Anda juga dapat mengecek melalui website CekRekening.id. Merupakan situs resmi yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, CekRekening digunakan sebagai portal pengumpulan database dari rekening bank yang terindikasi tindak pidana.

Nomor rekening yang umumnya dilaporkan adalah terkait tindak pidana penipuan, investasi bodong, narkotika dan obat terlarang, terorisme, dan lain-lain. Untuk memeriksa rekening melalui website ini, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka website Cek Rekening di https://cekrekening.id/home
  • Di halaman utama, terdapat beberapa opsi menu mulai dari Periksa Rekening, Daftarkan Rekening, dan Laporkan Rekening.
  • Untuk memeriksa nomor rekening, klik pada menu Periksa Rekening di tombol Cek Sekarang.
  • Di halaman Cek Rekening tersebut Anda diminta untuk mengisi beberapa data seperti jenis akun (bank / e-wallet), nama bank, nomor rekening, serta kode captcha. Jika memilih e-wallet, maka tuliskan nomor virtual account serta nama e-wallet.
  • Setelah semua data terisi, klik tombol Cek Sekarang.

Selain itu situs ini juga dibekali dengan fitur lain yakni untuk mendaftarkan serta melaporkan rekening. Untuk fitur daftar rekening digunakan untuk memverifikasi rekening, sementara untuk fitur laporkan rekening digunakan ketika ada rekening yang terindikasi menipu.

Ciri Online Shop Abal-abal

Ciri online shop abal-abal

Selain itu tanpa disadari oleh pelaku, terdapat beberapa ciri yang umumnya terlihat di akun online shop palsu atau penipu. Berikut beberapa tanda yang perlu diperhatikan :

Menawarkan Harga Tidak Masuk Akal

Olshop palsu biasanya menawarkan harga produk yang sangat murah dan tidak masuk akal, dibandingkan dengan produk sejenis yang dijual di toko online lainnya. Karena itu rajin lakukan riset harga terkini dan bandingkan dengan toko pesaingnya.

Selain harga murah umumnya mereka melakukan penawaran yang tidak wajar, agar para korban tergiur untuk membeli tanpa pikir panjang contohnya bonus produk hingga diskon harga yang terlampau murah.

Kolom Komentar Tidak Aktif

Kolom komentar juga umumnya akan dinonaktifkan guna menghindari komentar buruk dari korban sebelumnya. Karena itu agar kedoknya tidak terbongkar, mereka memilih untuk menonaktifkan komentar di akun online shop.

Pengikut Palsu

Tak sedikit akun bodong yang rela membeli pengikut atau followers palsu demi menarik perhatian calon korbannya, karena akun dengan banyak pengikut terlihat lebih meyakinkan dibandingkan dengan jumlah pengikut yang sedikit.

Cara mudah untuk melihat apakah followers akun tersebut palsu adalah dengan melihat jumlah like dan komentar di setiap unggahannya. Karena jika pengikutnya mencapai ribuan, umumnya like yang didapatkan dari postingannya pun cukup banyak.

Selain itu perhatikan foto profil dari pengikut akun tersebut, karena followers palsu biasanya memajang foto profil yang mencolok seperti foto orang luar negeri. Nama followers palsu juga umumnya terlihat mencurigakan.

Testimoni Mencurigakan

Hal mencolok lainnya adalah testimoni pembeli yang terlihat tidak meyakinkan dan mencurigakan, dilihat dari bahasa serta kualitas foto testimoni tersebut. Perhatikan dengan baik setiap foto testimoni dari pembeli sebelumnya.

Umumnya foto testimoni menunjukkan isi chat dengan pembeli, yang menunjukkan jika pembeli merasa puas dengan produk yang ditawarkan toko tersebut. Tak jarang penjual yang juga menyertakan foto tumpukan barang pesanan konsumen yang siap untuk dikirim.

Namun tak jarang foto chat tersebut kualitasnya terlihat buruk bahkan pecah-pecah atau blur, karena mungkin saja foto tersebut adalah testimoni dari toko lain yang di-edit.

Selain itu perhatikan bahasa, background chat, dan rekening yang digunakan. Jika di setiap testimoni ketiga hal tersebut terlihat berbeda, maka besar kemungkinan akun tersebut hanya mencomot testimoni milik beberapa toko lain dan diklaim menjadi miliknya.

Foto Katalog Produk Palsu

Tak hanya foto testimoni yang di-edit, online shop bodong biasanya juga mencomot foto katalog produk milik toko online lainnya. Sehingga di foto tersebut mungkin terlihat watermark dari toko lain, atau foto tersebut terlihat familiar.

Itulah cara cek online shop penipu yang wajib diketahui guna menghindari tindak penipuan. Semoga bermanfaat.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar