Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Cek Nomor GoPay Terdaftar Untuk Mempermudah Transaksi

Saat ini Gopay sudah menjadi salah satu alternatif e-wallet yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi. Satu poin yang penting untuk diketahui adalah nomor Gopay yang Anda punya, apalagi jika ada orang yang mau kirim saldo ke akun tersebut.

Lantas bagaimana cara cek nomor GoPay terdaftar? Banyak cara bisa dicoba!

Gojek meluncurkan fitur Gopay sejak beberapa tahun lalu. Awalnya hanya bisa dipakai untuk transaksi internal di aplikasi Gojek saja. Tapi, sekarang sudah semakin berkembang dan bisa dipakai untuk membeli pulsa hingga membayar berbagai tagihan.

Cara Cek Nomor GoPay Terdaftar, Untuk Mempermudah Berbagai Transaksi

Apa Fungsi Penting Dari Nomor GoPay

Mungkin menurut Anda, nomor GoPay itu hanya sebagai nomor identitas pengguna saja. Padahal fungsi dri nomor tersebut sangat banyak. Diantaranya adalah:

Transfer Saldo

Jika seseorang mau mengirimkan saldo GoPay untuk Anda, maka perlu nomor tersebut sebagai identitas penerima saldo. Karena pada halaman kirim saldo, wajib memasukkan nomor GoPay penerima. Kalau Anda tidak tahu, maka impian dapat saldo gratis hanya tinggal impian.

Menerima Kode OTP

Saat akan melakukan transaksi atau login pada aplikasi Gojek, nomor tersebut juga harus diketahui. Misalnya, saat Anda lupa password akun maka kode OTP akan dikirim sebagai verifikasi pemilik akun ke nomor tersebut.

Begitu juga ketika Anda baru ingin membuka akun GoPay pada perangkat HP lain, tentu harus diketahui nomor GoPay supaya akun bisa dibuka dan digunakan untuk berbagai jenis transaksi.

Virtual Account

Ketika Anda ingin menambah saldo melalui rekening sendiri, maka akan dibutuhkan virtual account yang berisi nomor GoPay yang sudah terdaftar tersebut. Sehingga proses transfer berjalan lancar dan saldo bisa diisi sesuai keinginan.

Syarat Penting Sebelum Cek Nomor GoPay Anda

Sebelum mencoba mengecek nomor GoPay yang sudah didaftarkan sebelumnya, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Pertama adalah, memastikan bahwa Anda sudah memiliki aplikasi Gojek pada perangkat HP yang akan digunakan sebagai media pengecekan nomor tersebut.

Aplikasi tersebut haruslah dengan versi terbaru, agar semua fitur terbaru bisa digunakan dan mengecek nomor GoPay menjadi lebih mudah.

Kedua, Anda juga harus memastikan perangkat HP tersebut harus terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Disarankan untuk menggunakan koneksi Wifi karena lebih lancar dan prosesnya menjadi lebih cepat. Tapi, kalau memang hanya memiliki jaringan internet pribadi juga tak masalah.

Ketiga, pastikan bahwa HP Anda memang mendukung aplikasi Gojek. Sebab saat ini ada beberapa versi sistem operasi ponsel yang sudah tidak mendukung instalasi platform tersebut.

Bagaimana Cara Cek Nomor GoPay Terdaftar?

Sebenarnya caranya sangatlah mudah, terutama ketika Anda sudah mengunduh dan instal aplikasi Gojek pada HP. Cukup dengan lima langkah berikut saja, nomor tersebut sudah dapat diketahui.

  • Buka aplikasi Gojek yang ada di ponsel Anda
  • Login menggunakan username dan password yang sudah biasa dipakai untuk login sebelumnya
  • Di halaman utama yang muncul pilih menu explore yang berada pada kolom biru di tengah halaman
  • Pilih menu profil di sisi atas, dengan menekan panah kanan di sisi paling kanan menu
  • Akan muncul informasi tentang pemilik akun tersebut, termasuk nomor GoPay yang ingin disalin atau dipakai bertransaksi.

Nomor GoPay yang muncul, akan disertai dengan kode negara. Namun untuk menggunakannya cukup mengganti kode negara dengan angka “0” karena nomor tersebut biasanya identik dengan nomor HP yang Anda daftarkan sebagai identitas akun Gojek.

Cara Transaksi Menggunakan Nomor GoPay

Setelah Anda tahu bagaimana cara cek nomor GoPay terdaftar, tentunya sudah tidak sabar untuk bisa langsung menggunakannya untuk transaksi. Ternyata, langkahnya juga sangat mudah yaitu:

Transaksi Langsung Melalui Gojek

Gojek sudah punya banyak fitur transaksi internal yang bisa digunakan. Contohnya saja, order Goride atau Gocar. Kemudian Gofood, Goshop, dan masih banyak lagi. Semua bisa dibayar pakai saldo GoPay. Caranya adalah:

  • Buka aplikasi Gojek di perangkat Anda
  • Pilih fitur yang mau digunakan, contohnya adalah GoFood
  • Buka fitur Gofood, kemudian pilih resto tempat Anda ingin membeli makanan atau minuman
  • Pilih menu yang mau dibeli kemudian klik tombol beli
  • Pada pilihan sistem bayar, pilih GoPay sebagai media pembayaran. Tapi, pastikan dulu saldo GoPay Anda cukup untuk membayar transaksi tersebut
  • Klik tombol bayar dan transaksi akan diproses secara Lalu pihak Gojek akan mengkonfirmasi ke pihak resto dan mencarikan driver untuk membelikan pesanan dan mengantarkannya kepada Anda. Cara ini, juga berlaku untuk fitur lain yang ada pada aplikasi Gojek.

Transaksi Melalui Platform Marketplace

Beberapa marketplace juga sudah bekerjasama dengan Gojek, dimana untuk membayar pesanan bisa menggunakan saldo GoPay Anda. Berikut ini step by step nya.

  • Buka platform belanja yang memiliki sistem bayar menggunakan GoPay
  • Pilih produk yang akan dibeli, kemudian klik pada tombol beli
  • Cek informasi produk apakah sudah benar atau belum
  • Kalau sudah, pilih metode pembayaran dan klik pada tulisan GoPay
  • Di halaman berikutnya muncul detail transaksi yang akan dibayar menggunakan GoPay
  • Konfirmasi pembayaran dan masukkan PIN bayar GoPay Anda
  • Transaksi akan diproses, barang siap untuk diantar penjual sesuai alamat pengiriman yang sudah Anda informasikan melalui platform

Transaksi Langsung di Tempat Belanja

Beberapa mitra usaha Gojek, juga sudah menyediakan sistem pembayaran menggunakan GoPay. Namun memang untuk cara bayar satu ini, akun GoPay Anda sudah harus menjadi akun premium sesuai syarat dan ketentuan dari Gojek.

  • Jika sudah tahu total belanja di toko mitra usaha Gojek tersebut, buka aplikasi Gojek di HP Anda
  • Klik pembayaran dan pilih QR yang tersedia di halaman pembayaran tersebut
  • Sinkronisasikan QR code dengan QR yang terdapat pada struk belanja Anda
  • Akan muncul detail nama mitra kerja dan masukkan jumlah nominal yang harus dibayar
  • Masukkan PIN transaksi GoPay Anda, dan tunggu proses selesai
  • Sistem transaksi dari penjual akan otomatis menginformasikan adanya pembayaran melalui GoPay

Keuntungan Bayar Transaksi Menggunakan GoPay

GoPay sudah bisa dipakai untuk transaksi di mitra kerja dengan sistem QR Code

Ada banyak keuntungan bisa didapat jika melakukan transaksi pembayaran pakai GoPay, setelah Anda tahu berapa nomornya menggunakan cara cek nomor GoPay terdaftar. Beberapa keuntungan terbaiknya adalah:

Aman

Aman karena sistem transaksinya sudah menggunakan sistem canggih, sehingga data pribadi yang ada selama proses transaksi tidak akan bocor.

Memudahkan Transaksi

Daripada belanja langsung, dengan menggunakan uang cash di toko offline atau pakai rekening tabungan yang identitasnya lebih banyak. Lebih mudah pakai GoPay saja.

Bisa Pakai HP maupun Komputer

Kalau dulu menggunakan GoPay hanya melalui HP saja, sekarang sudah bisa pakai komputer asalkan koneksi internetnya lancar.

Tips Aman Pakai GoPay

Biar lebih aman menggunakan GoPay sebagai cara transaksi, Anda harus rajin mengganti PIN GoPay supaya tidak rentan diketahui oleh orang lain. Selain itu, jangan melakukan transaksi selain melalui aplikasi Gojek karena keamanannya tentu tidak menjadi jaminan dari pihak Gojek.

Selain itu, Anda juga harus memastikan akun GoPay ada di satu perangkat yang hanya Anda bisa mengaksesnya. Sehingga kemungkinan data GoPay dan saldo tidak digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Ayo ketahui lebih cepat nomor GoPay Anda dengan menggunakan salah satu cara cek nomor GoPay terdaftar paling mudah. Agar top up saldo dan transaksi apapun menjadi lebih mudah dan aman.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar