Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Buat Website Toko Online dengan Mudah untuk Pemula

Di era kemudahan teknologi seperti saat ini, sangat mudah untuk buat website toko online dengan berbagai cara. Jika Anda penasaran, maka silakan simak artikel ini hingga selesai.

Seperti kita ketahui, website toko online bisa menjadi salah satu aset yang sangat penting bagi para pemilik online shop. Selain digunakan untuk memajang produk, website juga akan menambah kepercayaan dari pembeli.

Sayangnya, banyak orang merasa kesulitan ketika ingin buat website toko online dengan alasan tidak paham teknologi. Padahal, jika tekun mempelajari caranya sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Cara Buat Website Toko Online dengan Mudah untuk Pemula

Manfaat Buat Website Toko Online

Di bagian sebelumnya sudah disinggung mengenai beberapa kelebihan jika memiliki website toko online seperti meningkatkan kepercayaan atau sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut.

1. Sebagai katalog online

Jika di bisnis offline kita biasanya menggunakan etalase atau sejenisnya untuk memajang produk di sebuah toko, maka di dunia online website adalah penggantinya. Anda dapat memajang seluruh produk beserta cara pembeliannya.

Hal ini akan mempermudah pembeli ketika ingin berbelanja karena mereka bisa leluasa memilih barang tanpa harus mengontak Anda terlebih dahulu. Apabila sudah merasa mantap dengan pilihan mereka, maka Anda akan mendapat pemberitahuan pesanan dan bisa langsung memprosesnya.

2. Meningkatkan penjualan

Untuk meningkatkan angka penjualan online sebenarnya ada banyak sekali cara bisa dilakukan, salah satunya adalah buat website toko online. Alasan kenapa website bisa meningkatkan penjualan adalah karena membuat pembeli lebih percaya kepada toko Anda.

Coba bayangkan jika Anda berada dalam posisi pembeli dan ingin membeli sebuah produk tertentu. Kemudian, ada dua toko yang menjual produk dengan harga dan kualitas sama.

Akan tetapi, satu-satunya yang membedakan keduanya adalah salah satu dari mereka memiliki website toko online, sementara lainnya hanya sekadar memajang produk di media sosial saja. Dalam keadaan tersebut, mana toko yang ingin Anda pilih?

Sebagian besar akan memilih toko yang memiliki website karena lebih terpercaya. Hal itu juga dialami oleh calon pembeli Anda nantinya ketika sudah memiliki website toko online.

3. Hemat waktu dan tenaga

Keuntungan yang terakhir adalah dapat menghemat waktu serta tenaga. Dengan buat website toko online, Anda tidak harus repot-repot membalas chat satu per satu yang menanyakan ketersediaan produk.

Anda cukup mengatur daftar stok di website tersebut sehingga jumlah stok yang tersedia akan selalu update secara otomatis. Selain itu, jika Anda sudah menerapkan SEO, maka website ini bisa menjadi salah satu sales online yang mendatangkan pembeli meskipun Anda tidak bekerja.

Langkah-Langkah untuk Buat Website Toko Online

Sebenarnya langkah-langkah untuk membuatnya cukup sederhana. Hanya saja, Anda perlu teliti dan tekun dalam menjalankan satu per satu seperti berikut ini.

1. Membeli hosting dan domain

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk buat website toko online adalah membeli hosting dan domain. Sebenarnya untuk website apapun, dua hal ini memang harus dibeli terlebih dahulu.

Hosting berfungsi untuk menyimpan data yang diupload di website Anda. Sementara itu, domain akan membuat nama website Anda menjadi terlihat lebih profesional.

Saat ini ada banyak sekali penyedia hosting dan domain dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp100.000,00 hingga Rp1.000.000,00 per tahun. Silakan pilih mana yang paling sesuai dengan budget Anda agar nantinya tidak mengganggu masalah finansial.

2. Memasang CMS

CMS merupakan singkatan dari Content Management System. Pada dasarnya, CMS memiliki fungsi membuat konten serta tampilan website Anda menjadi lebih menarik dan nyaman diakses oleh pengguna.

Semakin nyaman pengunjung berada di website Anda, maka semakin besar pula kemungkinan mereka akan melakukan pembelian. Jadi, jangan lewatkan langkah penting ini.

3. Memasang plugin toko online

Agar toko online terlihat lebih profesional, Anda bisa menggunakan plugin khusus untuk pembuatan toko online. Salah satu yang paling sering digunakan adalah Woo Commerce.

Dengan plugin tersebut, toko online yang Anda buat akan terlihat lebih profesional karena terdapat berbagai fitur terkait keperluan jual beli. Akan tetapi, ketika ingin memasang, Anda perlu mengisi beberapa identitas terlebih dahulu seperti nama toko, mata uang, jenis produk, dan sebagainya.

4. Mengisi dengan konten menarik

Sebenarnya ketiga langkah di atas sudah cukup untuk buat website toko online. Namun, Anda tidak ingin website tersebut sepi pengunjung bukan?

Oleh sebab itu, setelah toko online sudah jadi, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mulai mengisi dengan konten berupa artikel yang bermanfaat. Usahakan artikel tersebut relevan dengan produk yang Anda jual.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual produk kecantikan, buatlah artikel seputar hal tersebut seperti tips merawat kulit, tips mencerahkan kulit wajah, cara mengatasi kulit lembap, dan lain-lain. Kemudian, di akhir artikel gunakan soft selling untuk merekomendasikan produk Anda.

Untuk langkah awal, Anda dapat membuat artikel sederhana terlebih dahulu sebagai bahan latihan. Jika merasa sudah cukup nyaman untuk menulis, maka gunakan Search Engine Optimization atau SEO.

SEO akan membuat website Anda muncul di halaman awal pencarian ketika ada seseorang yang mengetikkan kata kunci tertentu. Semakin banyak kata kunci yang Anda gunakan di artikel website, semakin besar pula kemungkinan website Anda akan muncul di halaman awal.

Berapa Biaya untuk Buat Website Toko Online?

Berapa Biaya untuk Buat Website Toko Online

Dengan cara yang sudah disebutkan di atas, lalu berapa kira-kira budget yang dibutuhkan untuk membuat satu website toko online? Agar lebih jelas, perhatikan rincian berikut ini.

  • Domain .com seharga Rp125.000,00 per tahun
  • Hosting seharga Rp1.000.000,00 per tahun
  • CMS WordPress template premium Rp350.000,00

Jadi, idealnya untuk membuat website yang sudah bagus dengan fitur lengkap dan domain .com, Anda memerlukan budget sekitar Rp1.500.000,00. Tentu saja harga tersebut bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung dari kualitas penyedianya.

Tips Buat Website Toko Online Ramai Pembeli

Selain menggunakan teknik Search Engine Optimization, Anda juga bisa menggunakan cara lain agar pengunjung website ramai berdatangan. Salah satu yang cukup direkomendasikan adalah menggunakan media sosial.

Anda bisa membuat konten menarik di Instagram atau Facebook untuk mendapatkan awareness dari target market. Setelah itu, arahkan mereka untuk mengunjungi website Anda jika ingin melakukan pembelian.

Akan lebih baik jika Anda memasang alamat website di Bio Instagram, Profil Facebook, maupun profil WhatsApp agar orang lebih mudah mengunjungi toko online Anda. Lakukan ini secara konsisten maka perlahan-lahan pengunjung toko online akan semakin meningkat.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa cara buat website toko online sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah biaya dan web bisa langsung diakses hanya dalam beberapa jam saja.

Apabila masih bingung dalam membeli hosting, domain, melakukan pemasangan di WordPress, dan sebagainya, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang juga sangat mudah dicari. Mungkin biaya yang dibutuhkan akan lebih banyak, namun itu sangat sebanding dengan waktu tenaga yang Anda hemat.

Tinggalkan komentar