Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

8 Cara Bisnis Skincare Online Untuk Pemula

Banyaknya produk skincare di pasaran tidak jarang membuat orang penasaran tentang bisnis skincare online. Pasalnya, tidak jarang para pebisnis skincare yang memamerkan penghasilannya dari bisnis tersebut.

Namun, sama seperti berbagai macam usaha lainnya, sebenarnya bisnis di bidang skincare ini tidak semudah yang dibayangkan. Anda tetap memerlukan ketekunan, kerja keras, dan strategi yang tepat.

Selain itu, Anda juga perlu untuk memahami bagaimana cara untuk memulai bisnis tersebut dengan benar. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba usaha tersebut, silakan simak cara sukses berikut ini dahulu.

Cara Bisnis Skincare Online Untuk Pemula

Cara Bisnis Skincare Online Bagi Pemula

Kesadaran dari masyarakat terhadap perawatan dan kesehatan penampilan membuat produk skincare kini semakin diburu. Melihat hal seperti itu, tidak mengherankan jika pebisnis skincare sekarang mulai menjamur di Indonesia.

Fakta tersebut tentu secara terang mengatakan bahwa bisnis skincare online ini memang punya potensi yang sangat besar. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba menggeluti bisnis tersebut, sebaiknya perhatikan cara berikut ini.

1. Mencari Model Usaha yang Tepat

Cara pertama untuk Anda lakukan dalam menjalankan bisnis skincare online adalah dengan mencari model usaha yang tempat. Untuk modelnya, Anda bisa menyesuaikan dengan budget dan kemampuan yang dimiliki.

Apabila memang Anda ingin membuka usaha tanpa harus mengeluarkan uang, maka model jualan dropship atau jasa beli titip bisa jadi pilihan tepat. Kedua model bisnis tersebut semuanya dilakukan secara online tanpa harus menggunakan modal besar.

Sementara jika Anda memang mempunyai modal dalam jumlah terbatas, maka dapat mencoba untuk menjadi seorang reseller produk. Cara ini membuat Anda bisa membeli beberapa produk terlebih dahulu untuk dijual.

Nantinya, jika keuntungan sebagai reseller sudah semakin besar, maka Anda dapat mencoba untuk stok barang dalam jumlah lebih banyak lagi. Dengan begitu, perlahan-lahan usaha Anda dapat berkembang menjadi lebih besar lagi.

Nah, khusus bagi Anda yang memang mempunyai modal usaha yang besar, maka disarankan untuk mencoba membuat brand skincare sendiri. Cara ini memang membutuhkan modal besar, namun apabila berhasil tentu keuntungan yang didapat juga besar.

2. Research Kondisi Pasar

Melakukan research terhadap kondisi pasar adalah landasan dasar sebelum Anda terjun ke dalam bisnis skincare online. Pasalnya, tanpa mengetahui kondisi pasar saat ini, Anda pasti akan kesulitan dalam menentukan strategi pemasaran.

Selain itu, riset tersebut juga berfungsi agar Anda dapat mencari produk seperti apa yang saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak ketinggalan, riset juga tentang harga jual produk skincare, strategi para kompetitor, dan lain sebagainya.

Semakin detail riset yang Anda lakukan terhadap pasar, maka nantinya dapat memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Apalagi di sini posisi Anda adalah sebagai pengusaha pendatang baru di bidang skincare sehingga perlu persiapan matang.

3. Pengembangan Produk

Bagi Anda yang memilih untuk terjun dengan brand bisnis skincare online sendiri, maka perlu melakukan pengembangan produk. Cara ini dilakukan agar produk buatan Anda dapat mempunyai kualitas bagus sesuai keinginan konsumen.

Untuk melakukan pengembangan tersebut, Anda dapat memilih dua macam cara yang bisa digunakan. Pertama, Anda dapat membangun laboratorium pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan produksi pabrik sendiri.

Sementara pilihan kedua, Anda juga bisa untuk menyewa jasa dari pabrik maklon kosmetik. Dengan adanya lab tersebut, nantinya akan membuat Anda dapat menghasilkan produk skincare yang sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, agar dapat menghasilkan produk yang terbaik, Anda dapat melakukan konsultasi ke maklon. Jelaskanlah kepada mereka tentang jenis produk seperti apa yang ingin Anda hasilkan untuk dijual ke konsumen.

4. Fokus Pada Target Market

Cara selanjutnya untuk membuat bisnis skincare online sendiri adalah dengan menentukan target market. Hal ini juga menjadi salah satu dasar penting saat Anda ingin memulai sebuah bisnis sendiri.

Untuk skincare sendiri, di pasaran kita bisa menemukan banyak sekali produk untuk diperjualbelikan. Perbedaan jenis tersebut biasanya disesuaikan dengan masalah yang dihadapi oleh para konsumen.

Ada skincare untuk wajah, untuk kulit kaki, mengatasi kulit kusam, dan lain sebagainya. Selain itu, produk skincare biasanya juga dikategorikan berdasarkan gender serta usia dari si pemakai produk.

Melihat begitu luasnya target pasar yang terdapat pada bisnis skincare ini, tentu Anda sebagai pemula harus menentukan target market lebih spesifik dulu. Selain itu, tentukan juga range keuntungan yang ingin diperoleh dari produk tersebut.

5. Menentukan Nama Brand Kosmetik

Cara berikutnya yang penting untuk diperhatikan dalam bisnis skincare online adalah mencari nama brand yang digunakan. Hal ini tentu sangatlah penting terutama bagi Anda yang berniat ingin produksi skincare dengan brand sendiri.

Jika Anda menggunakan model jualan dropship atau reseller, maka hal soal nama tersebut tidak harus dipikirkan. Meskipun begitu, terlepas dari nama produk, Anda sebagai dropship tetap membutuhkan branding untuk toko.

Nah, sementara untuk yang ingin punya brand kosmetik sendiri, maka Anda harus memikirkan sebuah nama brand yang tepat. Pastikan bahwa nama yang dipilih nantinya akan mudah dikenal serta dapat menggambarkan produk Anda.

Pada saat nama brand skincare sudah berhasil didapatkan dan sesuai dengan keinginan, berikutnya Anda tidak boleh lupa untuk mendaftarkan nama tersebut. Hal tersebut dilakukan supaya nama tersebut tidak dipakai orang lain.

6. Gunakan Kemasan Menarik

Salah satu hal pertama yang dapat menarik perhatikan dari produk skincare ini adalah kemasannya. Pada umumnya, sebuah brand yang sudah profesional akan menggunakan packaging atau kemasan produk yang menarik.

Bagi sebagian pebisnis, mungkin packaging hanya digunakan untuk membuat produk terjaga kondisinya. Namun, jika Anda ingin bisnis bisa melangkah lebih jauh, maka jangan meremehkan soal packaging ini.

Sebagai saran, Anda bisa menggunakan logo dari brand pada bagian muka kemasan. Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih bahan kemasan yang ramah lingkungan serta berkualitas agar produk terjaga sampai tujuan.

7. Buat Katalog

Dalam hal ini, bisnis skincare yang dijalankan menggunakan sistem penjualan secara online. Oleh karena itu, adanya katalog produk hukumnya adalah wajib agar konsumen bisa dengan mudah melihat produk Anda.

Pada pembuatan katalog, sebaiknya menggunakan foto produk yang baik dan jelas. Selain itu, berikan juga info detail tentang produk yang dijual pada kolom deskripsi agar pembeli bisa mengenal produk lebih jelas.

8. Promosi

Terakhir, promosi merupakan aspek penting jika Anda ingin bisnis skincare online dikenal oleh banyak orang. Untuk promosinya, Anda bisa menggunakan berbagai cara seperti gunakan ads ataupun promo di media sosial.

Sebaiknya, sebelum produk skincare diluncurkan, Anda sudah membuat beberapa akun media sosial official. Lakukanlah pengenalan produk skincare sedikit demi sedikit kepada para pengikut di sosial media.

Cara seperti ini, bisa menjadi salah satu langkah promosi yang hemat karena tidak memerlukan biaya besar. Nah, agar konsumen tertarik untuk mengikuti toko online Anda, pastikan konten yang dibagikan menarik dan informatif.

Itu tadi berbagai cara bisnis skincare online yang wajib untuk dilakukan. Dengan memperhatikan cara-cara di atas, diharapkan Anda dapat menjalankan usaha skincare tersebut hingga meraih kesuksesan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar