Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Cara Bisnis Kelapa Tua Online agar Sukses

Buah kelapa tua dikenal punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itulah, tidak sedikit orang yang mencoba bisnis kelapa tua online sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Namun, seperti halnya bisnis online lainnya, dalam menjual kelapa tua secara online ini tidak bisa asal-asalan. Jika sampai tidak disiapkan dengan baik, maka bisnis Anda dapat tutup dalam waktu singkat.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, dibutuhkan cara dan strategi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara yang wajib Anda ketahui jika ingin sukses pada bisnis kelapa tua.

Cara Bisnis Kelapa Tua Online agar Sukses

Cara Sukses Bisnis Kelapa Tua Online

Berkecimpung dalam dunia perdagangan kelapa tua tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda membutuhkan berbagai cara serta strategi matang agar bisnis dapat berjalan lancar.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan saat Anda menjalankan bisnis kelapa tua:

1. Niat dan Tekad Kuat

Langkah penting pertama yang harus dilakukan dalam bisnis kelapa tua online adalah Anda harus mempunyai tekad dan niat yang kuat. Dengan bermodalkan niat kuat tersebut seseorang dapat bertahan secara konsisten pada bisnisnya.

Seperti kita ketahui bersama, dalam berbisnis pasti ada saja masanya laris dan juga sepi pembeli. Nah, niat kuat tersebut dapat membuat Anda tetap bisa terus fokus berbisnis saat berada pada kondisi tersebut.

Secara sekilas, memang bisnis kelapa tua ini sangatlah menjanjikan keuntungan besar. Namun, seperti yang dikatakan sebelumnya, dalam bisnis pasang surut merupakan hal yang biasa terjadi.

Tidak jarang, banyak pebisnis yang memutuskan untuk gulung tikar pada saat usahanya sedang sepi. Nah, di situlah kekuatan tekan dan niat memegang peranan penting dalam berjalannya bisnis yang dijalankan.

2. Menjalin Mitra Dengan Para Petani Kelapa

Cara selanjutnya dalam bisnis kelapa tua online yang dapat digunakan adalah dengan menjalin kerja sama dengan para petani kelapa langsung. Hal ini bisa dipilih bagi Anda yang punya kekurangan dalam hal lahan dan modal usaha.

Dengan menjalin kerja sama langsung dengan para petani kelapa tua, Anda bisa mendapatkan bahan baku tanpa harus mempunyai lahan sendiri. Nah, seiring dengan bertambah suksesnya bisnis yang didapatkan, Anda bisa coba untuk memiliki lahan sendiri.

3. Mencari Tahu Target Pasar

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis kelapa tua online, Anda wajib untuk mengenali target pasar jualan Anda. Langkah seperti ini merupakan sebuah strategi tepat agar pemasaran produk Anda menjadi lebih mudah.

Anda bisa mulai dengan mencari tahu golongan orang seperti apa yang membutuhkan kelapa tua dan lain sebagainya. Selain itu, cari tahu juga harga pasaran dari produk kelapa tua yang dijual oleh para kompetitor Anda.

Dengan berbekal berbagai macam sumber data tersebut maka Anda dapat menemukan strategi penjualan yang tepat. Alhasil, kelapa tua Anda dapat bersaing dengan baik di pasaran.

4. Manfaatkan Semua Bagian Kelapa Tua

Dalam satu buah kelapa tua, terdapat cukup banyak bagian yang bisa dimanfaatkan. Hal itulah yang perlu dilihat lebih jeli agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dari bahan kelapa tua tersebut.

Sebagai contohnya, Anda bisa menjual kelapa tua dalam kondisi parutan, olahan (santan), atau bahkan bijian utuh. Selain itu, air kelapa tua juga punya berbagai khasiat yang menyehatkan sehingga juga punya nilai ekonomis.

Sementara pada bagian batok kelapa dan kulit serabut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kerajinan. Nah, melihat banyaknya potensi bisnis kelapa tua online tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk meraih lebih banyak keuntungan.

5. Menjual Produk Kelapa Tua Berkualitas

Salah satu hal yang dapat membuat para pelanggan puas adalah jika memang produk kelapa tua yang dijual berkualitas. Hal seperti itulah yang wajib untuk Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis seperti ini.

Pasalnya, jika sampai pembeli komplain terhadap kualitas kelapa yang dijual, maka sudah pasti bisa menurunkan kepercayaannya. Oleh karena itu, carilah kelapa tua yang memang punya kualitas terbaik untuk dijual.

Apabila memang kualitas kelapa tua yang Anda jual mempunyai kualitas unggul, pastinya para pembeli tidak akan terlalu keberatan membelinya dengan harga lebih tinggi. Jadi, selalu jagalah kualitas produk agar pembeli percaya pada toko Anda.

6. Belajar Dari Para Kompetitor

Tidak ada salahnya sebagai seorang pengusaha seperti Anda untuk belajar dari para kompetitor yang sudah sukses. Terkadang, ada banyak sekali ilmu serta tips yang bisa anda dapatkan untuk diterapkan ke toko Anda.

Anda dapat mencari informasi secara lengkap mulai dari tips sukses jualan, pemasaran, serta berbagai tips penting lainnya. Setelah mendapatkan informasi tersebut, mulailah untuk diterapkan kepada penjualan kelapa tua Anda.

7. Pintar Mencari Modal

Cara berikutnya yang bisa dilakukan agar bisnis kelapa tua Anda sukses adalah pintar-pintar dalam mengelola modal. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh para pebisnis yang masih merintis karirnya.

Dalam mencari modal usaha, Anda dapat menggunakan tabungan modal seadanya saja. Namun, jika memang membutuhkan modal yang besar, maka bisa dapat langsung mengajukan pinjaman ke bank.

Selain dari bank, Anda juga dapat mencari pinjaman modal dari para investor ataupun lembaga lain. Namun, saat memutuskan untuk meminjam, Anda harus benar-benar melakukan perhitungan bisnis yang matang.

8. Mencari Rekan Bisnis

Pada saat bisnis kelapa tua online Anda sudah semakin besar dan berkembang, maka sudah saatnya untuk membuat kerja sama dengan rekan bisnis lainnya. Anda dapat mencari rekan yang tepat untuk melakukan pengelolaan dalam operasional bisnis.

Selain itu, saat memang membutuhkan tambahan tenaga, Anda juga dapat mencoba untuk menggaet beberapa karyawan. Jumlah karyawan tersebut dapat disesuaikan dengan omzet dari bisnis yang dijalankan.

Untuk membuat semua pekerjaan lebih kondusif dan nyaman, Anda bisa mencoba untuk menjalin hubungan yang baik dengan para karyawan. Anggaplah mereka seperti keluarga sendiri sehingga saat bekerja bisa lebih optimal.

9. Menghargai Waktu

Bagi para pebisnis senior, waktu merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Bahkan, saking pentingnya dari waktu tersebut terkadang orang-orang dapat menghargainya sama seperti uang.

Pebisnis yang memang paham terhadap cara menghargai waktu pasti akan mampu menjalankan bisnisnya dengan baik. Salah satu contoh dari penerapan menghargai waktu ini adalah memberikan pelayanan terhadap klien dengan tepat waktu.

Hal itu akan membuat setiap kegiatan bisnis yang dijalankan menjadi lebih efektif. Saat semuanya sudah seperti itu, maka kesuksesan bisnis kelapa tua online Anda tidak lama lagi akan segera datang.

10. Mengelola Keuangan dengan Profesional

Cara terakhir yang penting diperhatikan dalam menjalankan bisnis kelapa tua online ini adalah dengan melakukan pengelolaan uang yang profesional. Hal ini sangat penting agar arus keuangan menjadi lebih terkontrol.

Selain itu, dasar pengelolaan keuangan yang baik dapat menjadi sebagai fondasi untuk berjalannya bisnis Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat melakukannya sendiri ataupun mempercayakan pada seorang profesional keuangan.

Itulah tadi beberapa cara sukses dalam bisnis kelapa tua online yang dapat diaplikasikan. Semoga semua informasi tersebut dapat membantu Anda untuk menjadi seorang pebisnis kelapa tua yang sukses.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar