Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

7 Cara Bisnis Buket Bunga Online Bisa Sukses

Kebutuhan orang pada buket bunga memang semakin hari semakin meningkat. Hal itu jugalah yang membuat bisnis buket bunga online sampai sekarang masih termasuk menjanjikan untuk dijalankan.

Pasalnya, jika dulu buket hanya dikirimkan pada acara pernikahan, kini buket juga diberikan ke berbagai acara lainnya. Jadi, bisa dikatakan peluang bisnis ini masih bagus untuk Anda pilih.

Akan tetapi, seperti halnya dalam menjalankan berbagai macam usaha lainnya, dibutuhkan cara tepat agar bisnis ini dapat sukses. Untuk itu Anda bisa memperhatikan beberapa cara berikut ini.

Cara Bisnis Buket Bunga Online Bisa Sukses

Cara Tepat Bisnis Buket Bunga Online

Seperti dijelaskan sebelumnya, dalam menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa cara serta strategi yang tepat agar bisnis buket bunga Anda bisa mendapatkan kesuksesan.

1. Memilih Tempat Produksi Buket

Langkah pertama dalam menjalankan bisnis buket bunga online adalah menentukan tempat produksi buket yang benar. Meskipun dalam bisnis ini Anda akan menjualnya secara online, tetapi mencari tempat produksi juga tetap penting.

Pasalnya, mungkin Anda memang mempromosikan serta menjual buket secara online, tetapi jika ada yang memang ingin membeli langsung ke toko tentu tetap harus dilayani. Oleh karena itu, usahakanlah lokasi penjualan berada di tempat strategis.

Tujuannya tentu agar para pembeli dapat menemukan lokasi penjualan buket Anda dengan sangat mudah. Hal seperti itu meskipun terlihat sepele, namun sangat memengaruhi tingkat penjualan bisnis Anda.

Bayangkan saja, pastinya Anda juga malas bukan untuk pergi ke alamat toko yang lokasinya cukup sulit diakses oleh kendaraan? Nah, hal seperti itu jugalah yang akan dirasakan oleh para konsumen saat lokasi yang dipilih kurang tepat.

Anda bisa mencari lokasi bisnis buket bunga online di dekat dengan jalan utama. Selain itu, bisa juga memilih tempat yang cukup pada penduduk sehingga membuat peluang pembelian buket semakin tinggi.

Selain itu, bisa juga menggunakan ruko atau toko sewa yang terletak di daerah perkantoran, sekolahan, kampus, dan lain sebagainya. Apabila lokasi toko semakin strategis, pastinya para konsumen akan cenderung memilih beli buket di toko Anda.

2. Buat Kreasi Buket Menarik dan Unik

Cara sukses dalam terjun pada bisnis buket bunga online adalah pastikan bahwa buket yang Anda jual memang punya kualitas. Kualitas di sini bisa dilihat dari banyaknya kreasi buket yang ditawarkan kepada para konsumen.

Selain itu, cari terus inovasi buket yang memang sedang trend di masyarakat. Dalam hal ini, buket tidak hanya dibuat dari bahan bunga saja, tetap Anda bisa menggunakan bahan lain seperti uang, snack, dan lain sebagainya.

Untuk inovasi dan kreasi buket yang menarik tersebut, nantinya dapat menjadi pembeda antara toko buket bunga Anda dengan toko buket lainnya. Biasanya, para konsumen akan mencari produk buket yang menarik sebagai hadiah untuk orang tersayang.

Perlu diketahui, meskipun tidak terlalu banyak orang yang masuk ke dalam dunia bisnis buket bunga, namun persaingan yang terjadi juga terbilang sulit. Pasalnya, persaingan terjadi bukan dalam hal kuantitas saja tetapi juga kualitas.

Apabila saat memesan buket pada toko Anda hasilnya tidak memuaskan, maka siap-siap saja toko Anda jadi sepi. Sebaliknya, apabila hasil buket toko menarik dan memuaskan, maka para konsumen pasti akan datang lagi saat mencari buket.

3. Menentukan Arah Target Market

Menentukan ke mana target market penjualan juga menjadi langkah penting agar bisnis buket bunga online Anda sukses di pasaran. Beberapa contoh target pasar yang bisa Anda pilih adalah untuk pernikahan, wisuda, duka cita, dan syukuran.

Dengan menentukan target market yang ingin dicapai, Anda dapat membuat bisnis buket menjadi lebih terarah lagi dalam penjualan. Nantinya, seiring dengan semakin besarnya usaha, Anda bisa memperluas target market tersebut.

Mempunyai target pasar yang jelas, akan memudahkan Anda dalam membuat produk, promosi, serta pembuatan inovasi produk. Jadi tidak heran, jika menentukan target pasar dalam berbisnis adalah hal yang sangat krusial untuk dilakukan.

4. Mencari Mitra Supplier Bunga

Kaitannya dengan usaha atau bisnis buket bunga online, pastinya bahan baku yang wajib ada adalah bunga. Untuk mendapatkan bahan tersebut, Anda bisa mencari supplier bunga ataupun membuat kebun bunga sendiri.

Namun, bagi para pengusaha buket yang baru mulai, pastinya mencari supplier bunga adalah pilihan yang tepat. Oleh karena itu, carilah penyuplai bunga yang mempunyai kualitas bagus dan dapat dipercaya sebagai rekan bisnis.

Pada saat Anda berhasil mencari pemasok bunga yang berkualitas, maka sudah otomatis kualitas bunga yang diberikan juga bagus. Hal itu juga akan memengaruhi pada hasil buket bunga yang dibuat pada toko Anda.

Jenis bunga yang berkualitas dan fresh pastinya dapat menghasilkan kreasi buket bunga yang indah serta harum. Namun, jika pemasok tidak memberikan bunga kualitas bagus, maka hasil buket menjadi terlihat tidak segar.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda bekerja sama dengan para pemasok bunga yang memang terpercaya dan berkualitas. Dengan begitu, produk buket dari toko Anda akan senantiasa bisa memuaskan para konsumen.

5. Promosi Produk di Sosial Media

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila media sosial merupakan sebuah wadah promosi yang menjanjikan. Selain itu, proses promosi lewat platform tersebut juga terbilang gratis karena tidak membutuhkan biaya.

Untuk melakukannya, Anda dapat membuat akun official toko pada beberapa media sosial yang dikuasai. Setelah itu, mulailah memperkenalkan brand toko bunga Anda beserta produk buket apa saja yang ditawarkan.

Selain itu, Anda bisa juga memberikan informasi menarik seputar buket bunga agar para pengikut tidak merasa terkena spam. Lakukanlah komunikasi secara ramah dengan konsumen lewat sosial media ini agar terjalin kepercayaan satu sama lain.

6. Sediakan Layanan Antar Buket

Selanjutnya, Anda juga harus selalu mengutamakan kepuasan konsumen saat menjalankan bisnis buket bunga online. Salah satu caranya adalah dengan memberikan opsi pengantaran buket bunga ke lokasi tujuan.

Hal ini tentunya sangat penting mengingat tidak semua konsumen mempunyai banyak waktu luang untuk mengambil buket yang dipesannya. Oleh karena itu, sebagai toko yang peduli pada konsumen, sediakanlah jasa antar buket.

Dengan menggunakan jasa antar tersebut, para konsumen tidak perlu repot untuk bolak-balik datang ke toko untuk mengambil bucket. Nah, agar sama-sama memberikan keuntungan, Anda dapat memberikan tambahan tarif antar buket ini.

7. Menerima Buket Custom Konsumen

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan agar bisnis buket bunga online Anda laris adalah menyediakan fitur custom pesanan. Hal ini untuk membuat para konsumen mendapatkan jenis buket sesuai keinginan mereka.

Namun, dalam mengambil pesanan custom seperti ini harus benar-benar dilakukan secara tepat. Pasalnya, jika hasil dari pesanan tersebut tidak sesuai permintaan maka bisa membuat konsumen kehilangan kepercayaan pada toko Anda.

Begitulah tadi berbagai cara serta strategi yang bisa Anda gunakan dalam bisnis buket bunga online. Manfaatkan semua cara di atas untuk membuat toko buket bunga Anda laris manis dan sukses.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar