Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

11 Cara Beriklan dengan Instagram Ads untuk Pemula

Apakah Anda sedang mempelajari cara beriklan dengan Instagram Ads? Jika iya, maka sepertinya artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bahkan untuk pemula sekalipun.

Seperti kita ketahui, Instagram Ads kerap digunakan para pebisnis online untuk menjangkau lebih banyak orang tertarget. Dengan demikian, hasil yang didapatkan pun akan jauh lebih besar dan lebih cepat.

Namun, iklan juga tidak bisa dilakukan sembarangan karena jika tanpa pengetahuan yang cukup, budget Anda akan terbuang sia-sia. Jadi, sangat penting untuk memahami beberapa hal terlebih dahulu sebelum memulainya.

Cara Beriklan dengan Instagram Ads untuk Pemula

Cara Beriklan dengan Instagram Ads untuk Pemula

Agar semua proses berjalan lancar, Anda perlu mengikuti langkah demi langkah berikut ini. Pastikan tidak ada yang terlewat satu poin pun.

1. Membuka Facebook Ads Manager

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka halaman Ads Manager di Facebook karena saat ini Instagram dan Facebook berada di naungan yang sama. Pastikan Anda telah login terlebih dahulu ke akun Facebook untuk membuat halaman di Facebook.

2. Membuat iklan terpadu

Cara beriklan dengan Instagram Ads berikutnya adalah membuat iklan terpadu. Sebenarnya ada dua pilihan yakni Iklan Terpadu dan Iklan Cepat, dalam hal ini lebih baik gunakan Iklan Terpadu agar hasilnya lebih spesifik.

3. Menentukan tujuan iklan

Anda juga perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa tujuan pembuatan iklan, seperti mendapat awareness hingga penjualan. Berikut ini adalah daftar tujuan yang bisa dipakai.

  • Awareness untuk mendapatkan brand awareness atau menjangkau orang baru
  • Reach untuk memaksimalkan jumlah penayangan ke banyak orang
  • Traffic untuk meningkatkan kunjungan ke website atau jaringan funnel lainnya
  • Interaction untuk mendapatkan interaksi dengan audiens berupa like, komentar, atau follow
  • Application untuk mengarahkan audiens memasang aplikasi tertentu
  • Video untuk membuat konten video guna mendapatkan audiens
  • Message untuk mengajak audiens mengirimkan pesan
  • Conversion untuk meningkatkan jumlah konversi penjualan
  • Kunjungan toko untuk mengarahkan audiens mengunjungi toko fisik

4. Memilih jenis iklan

Selain tujuan iklan, dalam menjalankan cara beriklan dengan Instagram Ads juga sangat penting untuk memilih jenis iklan. Hal ini bertujuan agar iklan lebih tepat sasaran.

Setidaknya terdapat dua opsi yang bisa dipilih, yakni Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split. Silakan pilih salah satu karena Anda tidak bisa menjalankan keduanya secara bersamaan.

Untuk langka awal, sebaiknya lakukan Uji Split terlebih dahulu untuk menemukan iklan mana yang memiliki hasil lebih optimal. Ketika sudah mendapatkannya, maka Anda bisa menggunakan Pengoptimalan Anggaran.

5. Membuat nama iklan

Selanjutnya, silakan membuat nama iklan atau campaign supaya lebih mudah dalam melakukan pemantauan. Pilih juga ke mana traffic akan diarahkan, apakah menuju website, akun Instagram, messenger, WhatsApp, dan sebagainya.

6. Menentukan target audiens

Bisa dibilang target audiens menjadi kunci suksesnya cara beriklan dengan Instagram Ads. Pastikan Anda menargetkan orang spesifik yang membutuhkan produk Anda supaya hasilnya jauh lebih maksimal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu ditentukan dalam membuat target audiens yang tepat.

  • Pemirsa khusus untuk menjangkau audiens yang sudah menjalin hubungan baik dengan Anda seperti pernah follow, mengunjungi website, atau interaksi di akun Instagram maupun Facebook.
  • Lokasi untuk mengatur lokasi dari target audiens Anda. Masukkan mulai dari nama negara, kota, alamat, hingga kode pos sesuai dengan kebutuhan.
  • Umur untuk mengatur rentang usia target audiens. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan rentang usia 18-30 tahun jika produk menyasar kalangan anak muda.
  • Jenis kelamin untuk mengatur gender audiens yang akan mendapatkan iklan Anda, apakah laki-laki, perempuan, atau keduanya.
  • Penargetan terperinci untuk membuat target lebih spesifik seperti minat, perilaku, lokasi, atau kategori lainnya.

7. Menentukan penempatan

Penempatan yang dimaksud di sini adalah Anda bisa menentukan apakah iklan yang dibuat akan ditampilkan di Instagram, Facebook, atau keduanya. Apabila hanya ingin menampilkan di Instagram, silakan pilih Edit Penempatan dan pilih Instagram saja.

Jika sudah, maka cara beriklan dengan Instagram Ads berikutnya adalah membuat jadwal iklan. Silakan pilih durasi waktu penayangan mulai dari 3 hari, 1 bulan, dan lain-lain.

8. Menghubungkan akun Instagram

Di langkah-langkah sebelumnya, Anda masih mengatur iklan di platform Facebook. Oleh karena itu, silakan mulai hubungkan dengan akun Instagram agar nantinya bisa muncul di platform tersebut.

Untuk melakukannya sangat mudah. Di bagian pengaturan, silakan klik di bagian Tambahkan Akun dan pilih akun Instagram yang terhubung dengan halaman Facebook.

9. Memilih format iklan

Memilih format iklan juga memegang peran penting dalam cara beriklan dengan Instagram Ads supaya lebih tepat sasaran dengan target audiens. Berikut ini adalah beberapa format yang bisa digunakan.

  • Carousel berupa kumpulan gambar yang dapat digeser
  • Single post berupa postingan dengan satu gambar
  • Video berupa video berformat MP4
  • Koleksi berupa gabungan antara video dan gambar

10. Membuat teks iklan

Meskipun aspek visual sangat menentukan keberhasilan iklan, namun tulisan juga tidak boleh disepelekan begitu saja. Anda harus bisa membuat teks iklan yang menarik dan memicu audiens melakukan sesuatu.

Teks ini bisa berupa manfaat yang didapatkan oleh audiens ketika mengeklik iklan atau memberitahukan promosi khusus. Buatlah beberapa sampel teks yang nantinya akan digunakan dalam split testing.

11. Melakukan pembayaran

Setelah semua pengaturan sudah dilakukan, maka cara beriklan dengan Instagram Ads yang terakhir adalah melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui beberapa metode seperti kartu debit dan kartu kredit.

Silakan lakukan pembayaran sesuai instruksi yang diberikan. Apabila sudah membayar, pihak Facebook akan melakukan verifikasi sebelum nantinya iklan akan mulai ditayangkan.

Tips Sukses Beriklan dengan Instagram Ads

Tips Sukses Beriklan dengan Instagram Ads

Setelah mengetahui cara beriklan dengan Instagram Ads di atas, Anda juga perlu mempelajari tips-tips agar nantinya iklan bisa memperoleh hasil maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

1. Tekankan aspek visual

Karena Instagram merupakan salah satu platform sosial media berbasis visual, Anda perlu menaruh perhatian khusus dengan membuat desain yang menarik. Pastikan gambar atau video yang digunakan mampu membuat audiens berhenti scroll dan membaca iklan.

Tidak masalah jika Anda perlu menyewa jasa desainer karena itu merupakan investasi jangka panjang dan mungkin akan terbayarkan ketika iklan berhasil. Namun, jika Anda memiliki kemampuan desain tentu akan menjadi nilai plus tersendiri.

2. Relevan

Tidak hanya menggunakan visual yang bagus, iklan Anda harus relevan dengan audiens. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat iklan mengenai produk makanan, buatlah iklan yang berkaitan dengan makanan.

Relevansi dengan audiens juga turut berpengaruh terhadap kemungkinan kunjungan atau klik yang terjadi. Gunakan juga bahasa atau kata-kata yang sering digunakan oleh audiens agar terlihat lebih dekat.

Itulah tadi cara beriklan dengan Instagram Ads yang bisa Anda pelajari dan langsung praktikkan. Dengan cara yang tepat, metode iklan ini dapat meningkatkan penjualan produk secara signifikan.

Tinggalkan komentar