Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

7 Keuntungan Bisnis Dropship Online untuk Minim Modal

Di zaman digital ini, orang-orang banyak tertarik untuk menjalankan bisnis dropship online. Bisnis semacam itu dinilai lebih mudah dijalankan karena tidak perlu melakukan stok barang jualan.

Selain itu, kemajuan teknologi sekarang juga membuat bisnis seperti dropship bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja. Cukup bermodalkan HP dan kuota, seseorang sudah bisa jadi dropshiper.

Tidak hanya itu, saat memilih bisnis dropship, keuntungan yang bisa didapatkan juga ada banyak sekali. Berikut ini adalah berbagai macam keuntungan yang didapatkan saat Anda bisnis dropship.

Keuntungan Bisnis Dropship Online untuk Minim Modal

Keuntungan Menjalankan Bisnis Dropship Online

Pada saat Anda memutuskan untuk terjun dalam dunia dropship, pastinya akan ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan tersebut.

1. Tidak Perlu Modal Besar

Saat Anda ingin memulai bisnis dropship online, tidak dibutuhkan modal yang terlalu besar. Bahkan, dalam beberapa kasus usaha dropship ini tidak membutuhkan modal sama sekali untuk pengadaan barang.

Hal ini tentu berbeda jika Anda menjalankan bisnis sebagai seorang reseller. Sebagai seorang reseller dibutuhkan modal untuk membeli barang yang akan dijual kembali ke orang lain.

Lantas, bagaimanakah bisa jenis bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar? Jawabannya ya karena sistem penjualan yang digunakan adalah Anda meneruskan pembelian dari pembeli ke penjual.

Tidak diperlukannya modal besar inilah yang membuat banyak orang dari berbagai kalangan bisa melakukannya dengan mudah. Bahkan, tidak dibutuhkan sewa tempat untuk memulai jenis usaha semacam ini.

2. Operasional Penjualan Mudah

Selanjutnya, bisnis dropship online ini juga tidak mempunyai operasional bisnis yang menyulitkan. Bahkan, Anda dapat menjalankan usaha dropship ini tanpa bantuan orang lain alias sendiri.

Hal tersebut dapat dilakukan karena memang usaha ini tidak harus langsung berhadapan dengan pembeli ataupun produk. Jadi, operasional yang biasanya dibutuhkan pada jenis bisnis lain tidak diperlukan pada dropship.

Pada saat berjualan dengan cara yang tradisional, Anda pasti harus repot mengurus berbagai hal seperti kampanye produk, tatap muka dengan customer, dan lain sebagainya. Namun, pada bisnis dropship, semua hal tersebut jadi lebih mudah.

Sebagai penjual dropship, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan konten ataupun foto produk. Bahkan, sampai dengan deskripsi produk, semuanya sudah tersedia dari pihak supplier barang yang Anda jual.

Selain itu, hal operasional lain seperti merawat gudang, mengurus inventaris, packaging produk, mengantar ke ekspedisi, semuanya tidak perlu dilakukan. Tugas Anda hanya tinggal meneruskan pesanan untuk diberikan kepada pihak penjual.

Melihat hal tersebut jadi tidak mengherankan apabila usaha tersebut dapat dikerjakan seorang diri saja. Mudah dan simpel sekali bukan memulai usaha bisnis dropship seperti ini?

3. Waktu dan Tempat Bisnis Fleksibel

Pada saat memulai sebuah bisnis, pasti hal yang pertama kali dipikirkan selain modal usaha adalah tentang tempat jualan. Namun, saat Anda mencoba masuk ke bisnis dropship online, hal seperti itu tidak perlu dipusingkan lagi.

Pasalnya, dalam berjualan dengan sistem dropship ini, Anda tidak membutuhkan tempat untuk menyimpan barang jualan. Artinya, Anda bisa mengerjakan bisnis ini di tempat mana saja yang diinginkan.

Selain waktu jualan yang fleksibel, waktu jualan pada sistem dropship ini juga tidak ada patokan. Jadi, waktu kapan toko akan buka dan tutup semuanya tergantung waktu yang Anda miliki.

Anda ingin membuka toko online pada jam 9 pagi ataupun 10 pagi pastinya mungkin-mungkin saja. Kondisi seperti itu tentunya tidak akan ditemui saat Anda membuka usaha secara offline dengan sistem reseller.

Terlepas dari waktu serta tempat bisnis yang dirasa fleksibel, tentu Anda tetap harus membuat jadwal jualan yang tetap. Dengan begitu, para pelanggan toko Anda dapat menyesuaikan kapan waktu mereka akan belanja di toko Anda.

Selain itu, saat bisnis dropship yang dijalankan sudah mulai sukses dan semakin besar, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan bantuan tenaga tambahan. Dengan begitu, Anda dapat mengakomodasi semua pesanan para pelanggan.

4. Banyak Pilihan Barang Untuk Dijual

Keuntungan lain yang bisa didapatkan saat Anda memutuskan untuk terjun di bisnis dropship online adalah pilihan produk jualannya banyak. Hal ini karena Anda dapat bebas memilih supplier untuk dijadikan mitra dropship.

Anda dapat memilih produk rumah tangga, peralatan sekolah, barang elektronik, kebutuhan sehari-hari, dan berbagai produk sesuai keinginan. Syaratnya, Anda cuma harus mencari supplier yang menyediakan layanan dropship.

Namun, dalam memilih supplier untuk toko online Anda, tentunya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya, tidak semua toko yang dijadikan mitra mempunyai kualitas serta dapat dipercaya.

Oleh karena itu, sebelumnya Anda dapat mencoba untuk mengumpulkan beberapa nama toko yang akan dijadikan supplier. Setelah itu, lakukanlah beberapa penilaian untuk menemukan supplier dengan kualitas terbaik.

Hal seperti itu memang harus dilakukan oleh siapa saja yang hendak terjun di bisnis dropship. Apabila sampai salah pilih supplier yang tidak bertanggung jawab, maka siap-siap saja para pelanggan akan kecewa dengan produk Anda.

5. Menghemat Tenaga dan Waktu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada saat Anda memilih bisnis dropship online, operasional bisnis yang dijalankan sangatlah simpel. Alhasil, hal tersebut bisa menghemat tenaga sekaligus waktu yang Anda miliki.

Hal seperti itu tentu tidak akan Anda alami jika terjun ke dalam dunia bisnis yang konvensional. Anda akan direpotkan dengan berbagai kegiatan operasional bisnis yang pastinya akan menyita waktu dan tenaga.

Selain itu, enaknya saat menjalankan bisnis dengan sistem dropship ini adalah Anda bisa menentukan waktu buka dan tutup toko sesuka hati. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memberikan pengumuman waktu libur toko pada pelanggan.

6. Tidak Memerlukan Sewa Tempat Bisnis

Keuntungan berikutnya dari bisnis dropship online adalah Anda tidak perlu menyewa tempat untuk bisnis. Hal ini tentunya sangat menguntungkan jika Anda merupakan orang yang baru merintis usaha dalam bidang seperti ini.

Nantinya, barang-barang akan langsung dikirimkan oleh pihak supplier ke alamat tujuan. Anda cukup mengirimkan informasi detail dari pelanggan kepada supplier sebagai data untuk melakukan pengiriman barang.

Nah, tidak adanya kebutuhan sewa gudang untuk berbisnis tentu bisa lebih menghemat uang yang Anda miliki. Pasalnya, biaya untuk sewa gudang atau tempat bisnis umumnya cukup besar sehingga dapat menguras modal Anda.

7. Bebas Mengambil Margin Keuntungan

Pada saat menggunakan metode bisnis dropship online, Anda dapat dengan bebas menentukan margin keuntungan barang. Hal ini tentu lebih memudahkan Anda dalam menetapkan strategi penjualan untuk produk toko.

Meskipun begitu, dalam menetapkan margin keuntungan, pastinya Anda harus menyesuaikan juga dengan harga pasaran. Pasalnya, jika mengambil untuk terlalu besar, maka kemungkinan para pembeli tidak akan tertarik.

Itulah tadi 7 keuntungan yang bisa didapatkan saat Anda bisnis dropship online. Meskipun terlihat mudah, namun agar bisnis dropship Anda bisa sukses tetap perlu perencanaan serta strategi pemasaran yang baik.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar