Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

9 Tips Bisnis Beras Kemasan Online agar Sukses

Bagi Anda yang bingung memilih bisnis, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis beras kemasan online. Pasalnya, jenis usaha tersebut mempunyai peluang bisnis yang sangat menjanjikan di Indonesia.

Seperti diketahui bersama, beras adalah makanan utama bagi hampir mayoritas masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan dari beras tersebut pasti akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang.

Melihat hal itu, prospek dan peluang dari bisnis di bidang beras ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Nah untuk Anda yang tertarik pada bisnis beras dalam kemasan ini, maka bisa lihat beberapa tips berikut.

Bisnis Beras Kemasan Online

9 Kiat Sukses Memulai Bisnis Beras Kemasan Online

Dalam menjalankan usaha beras kemasan ini, tentu Anda tidak bisa memulainya secara asal-asalan. Berikut ini adalah beberapa tips dan kiat yang bisa digunakan agar usaha beras kemasan Anda bisa sukses.

1. Mencari Pemasok Beras Terpercaya

Dalam memulai bisnis beras ini, Anda pastinya membutuhkan pemasok beras untuk bisnis Anda. Tentunya, pasokan beras yang didapatkan harus dari sumber yang terpercaya dan berkualitas.

Pasalnya, hal itu terkait dengan kualitas yang akan didapatkan oleh para pelanggan Anda nanti. Jika memang kualitas dari pemasok tersebut baik, maka para pembeli akan senantiasa memesan kembali produk Anda.

Jika kualitasnya kurang bagus, maka bukan tidak mungkin Anda malah akan kehilangan pelanggan. Untuk itu, carilah pemasok beras yang sudah punya kualitas terpercaya dan berkualitas agar pembeli setia pada toko Anda.

2. Perhatikan Pengelolaan Stok Beras

Berikutnya, Anda juga wajib untuk selalu memperhatikan tentang tata kelola beras kemasan yang digunakan. Pasalnya, seperti halnya jenis bahan makanan lainnya, beras juga mempunyai masa kedaluwarsa.

Selain itu, pastikan juga bahwa jumlah beras yang tersedia di gudang penyimpanan dapat memenuhi permintaan dari konsumen. Hal ini sangat penting bagi Anda karena menyangkut dengan kebutuhan para pembeli.

Dengan melakukan tata pengelolaan beras yang bagus pada gudang, akan meminimalkan potensi ada beras tersisa yang tidak terjual. Otomatis, kerugian dari bisnis beras kemasan online juga bisa lebih terkendali.

3. Memilih Kualitas Beras

Di pasaran, terdapat cukup banyak jenis beras yang biasa ditawarkan. Dari berbagai macam jenis beras tersebut, tentunya kualitas yang dimilikinya juga ada banyak sekali macamnya.

Anda dapat menemukan beras dengan kualitas rendah, sampai dengan beras berkualitas tinggi. Nah, khusus untuk bisnis beras kemasan online, pastinya Anda harus menyediakan dari berbagai macam jenis tersebut.

Paling tidak, Anda punya jenis beras yang mempunyai kualitas standar, sedang, sampai dengan kualitas terbaik. Hal itu untuk mengakomodasi permintaan dari pembeli sesuai dengan keinginan mereka.

Namun, dalam memilih jenis beras tersebut, Anda tetap wajib untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu. Pasalnya, saat ini cukup banyak ditemui jenis beras yang mempunyai kualitas yang kurang bagus.

Jangan sampai Anda tergiur pada beras berkualitas rendah karena harga yang ditawarkan sangat murah. Bisa-bisa karena kualitasnya yang buruk, toko dapat kehilangan pelanggan setia yang selama ini memesan beras di Anda.

4. Persiapkan Kemasan Beserta Penakar Beras

Packaging atau kemasan merupakan sebuah faktor penting untuk Anda yang terjun di bisnis beras kemasan online. Pasalnya, kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh pembeli saat memilih produk beras.

Dalam pemilihan kemasan, tentunya Anda tidak hanya menilai berdasarkan tampilannya yang menarik. Pastikan juga bahwa bahan kemasan yang digunakan pada produk beras toko Anda dibuat dengan mengedepankan aspek kesehatan.

Selain itu, pilihlah juga bahan kemasan yang tidak gampang rusak dan ramah lingkungan. Hal ini sangat penting terkait dengan ikutnya Anda dalam proses pemeliharaan kesehatan pembeli serta lingkungan.

Bayangkan saja, jika kemasan yang digunakan tidak memperhatikan unsur kesehatan, maka beras yang dibeli oleh pelanggan bisa memberikan efek negatif. Tentunya Anda tidak mau bukan hal tersebut sampai terjadi?

Tidak hanya dalam hal kemasan saja yang perlu dipersiapkan secara matang, tetapi juga pada alat penakar/timbangan beras. Agar beras kemasan yang dijual dapat dikemas secara tepat, maka Anda harus menggunakan alat penakar yang baik.

5. Tentukan Target Pasar/Market

Menentukan target pasar juga menjadi hal penting untuk dilakukan saat Anda menjalankan bisnis beras kemasan online. Dengan menentukan target pasar ini, bisnis Anda dapat menjual produk dengan lebih spesifik dan fokus.

Selain itu, target pasar yang jelas juga akan memudahkan Anda dalam melakukan strategi promosi. Anda bisa menyesuaikan cara jual, bahasa promosi, lokasi penjualan, dan berbagai hal lainnya sesuai target market.

Untuk menentukan target market ini, Anda dapat melakukannya ke dalam beberapa kategori masyarakat. Anda dapat menargetkan untuk para mahasiswa, rumah tangga, rumah makan, dan lain sebagainya.

6. Memberikan Pelayanan Terbaik

Sebagai seorang konsumen, tentunya Anda akan lebih nyaman saat ada penjual yang selalu memberikan pelayanan terbaik. Hal itu jugalah yang harus dilakukan pada saat Anda menjalankan bisnis beras kemasan online.

Dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, tentu mereka akan percaya terhadap kualitas beras kemasan Anda. Bahkan, bukan tidak mungkin pembeli tersebut nantinya akan menjadi pelanggan setia dari produk Anda.

Salah satu bentuk pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah memberikan respons cepat saat dihubungi oleh konsumen. Hal ini biasanya akan membuat pelanggan yakin bahwa bisnis yang dijalankan memang profesional.

7. Lakukan Inovasi Produk

Langkah berikutnya dalam bisnis beras kemasan online yang harus dilakukan adalah terus melakukan inovasi produk. Dengan adanya inovasi tersebut, para pembeli akan selalu mendapatkan pembaharuan produk yang fresh.

Inovasi yang bisa dilakukan tersebut antara lain adalah dengan memberikan kupon yang nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah atau beras gratis. Selain itu, bisa juga menerapkan potongan harga pada jumlah pembelian tertentu.

8. Menentukan Harga Jual yang Pas

Berikutnya, Anda juga wajib untuk membuat harga jual yang pas untuk produk beras kemasan yang dijual. Hal semacam ini perlu dipikirkan secara serius agar produk bisa diterima oleh masyarakat secara luas.

Untuk menentukan harga jual tersebut, Anda bisa melakukan survei terhadap beras kemasan lain yang sudah beredar di pasaran. Jadi, berdasarkan informasi tersebut Anda tetap bisa menjual beras dalam harga yang wajar.

9. Menetapkan Jumlah Keuntungan

Namanya bisnis, pastinya tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan dari produk yang dijual. Hal itu juga yang harus Anda pikirkan saat memulai bisnis beras kemasan online.

Dalam menetapkan jumlah keuntungan penjualan produk, sebaiknya Anda tidak terlalu besar mencari keuntungan. Pasalnya, harga yang terlalu tinggi tersebut dapat membuat pembeli enggan untuk menggunakan beras Anda.

Tentukanlah besaran keuntungan dengan jumlah yang wajar saja. Nantinya, meskipun keuntungan yang diambil tidak terlalu besar, namun jika tingkat penjualannya tinggi pasti keuntungan yang didapatkan juga akan besar.

Seperti itulah tadi kiat sukses dalam memulai bisnis beras kemasan online yang dapat Anda pergunakan. Semoga berbekal dengan informasi tersebut, bisnis Anda dapat laris dan diterima oleh masyarakat secara luas.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar