Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Insights

Arti Follow Up Customer dan Seberapa Penting Hal Itu?

Sebuah perusahaan agar bisa bertahan dari banyaknya pesaing tentu harus menerapkan manajemen yang tepat. Dalam hal ini follow up berperan penting untuk perkembangan dan kemajuan usaha Anda. Walaupun merupakan aspek penting, masih banyak orang yang belum tahu arti follow up itu sebenarnya apa.

Apabila Anda memantau bagaimana perkembangan bisnis Anda dengan mengantisipasi terjadinya masalah, memastikan pemasaran berjalan lancar, follow up dapat menjadi salah satu solusinya. Follow up ini penting agar bisnis Anda dapat bertahan.

Secara singkatnya follow up adalah tindak lanjut dari sebuah hal. Tujuannya adalah untuk membangun hubungan dengan para pelanggan serta memastikan bahwa semua pelanggan tahu tentang bisnis Anda. Agar lebih jelas mengenai follow up simak uraian di bawah ini.

Pengertian Follow Up di Dunia Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa follow up merupakan sebuah kegiatan menindaklanjuti sebuah hal dalam dunia bisnis. Apabila sebuah perusahaan mendapatkan seorang konsumen baru maka membutuhkan follow up untuk mengatasi masalah pelanggan. Kegiatan ini harus dilakukan secara konsisten.

Menjalankan follow up merupakan salah satu cara untuk membuat pelanggan merasa nyaman serta tetap setiap pada bisnis yang perusahaan Anda jalankan. Beberapa perusahaan ada yang mengirimkan catatan terimakasih lewat email atau kartu ucapan.

Mengetahui arti follow up adalah hal yang penting sebagai seorang pebisnis jika ingin bisnis bertahan karena sangat penting. Apapun metode yang Anda gunakan untuk melakukan follow up intinya adalah mengucapkan terimakasih kepada pelanggan.

Tujuan dari follow up itu sendiri adalah untuk mengetahui tanggapan customer serta menawarkan sebuah produk lain di perusahaan tersebut. Oleh karena itu follow up menjadi salah satu cara jitu agar bisa meyakinkan customer untuk membeli produk Anda.

Pentingnya Follow Up dalam Perkembangan Bisnis

Pentingnya Follow Up dalam Perkembangan Bisnis

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan follow up berikutnya adalah apa pentingnya kegiatan tersebut dalam dunia bisnis. Follow up memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas layanan di sebuah perusahaan berikut beberapa alasan pentingnya:

1. Meningkatkan Penjualan Perusahaan

Apabila Anda ingin meningkatkan penjualan di perusahaan maka sebaiknya lakukan strategi follow up ini. Fokus utama dari follow up, promosi serta melakukan pemasaran adalah agar bisa meningkatkan strategi penjualan sehingga pemasukan pun akan bertambah.

Tidak hanya mendatangkan konsumen lama yang masih setia dengan produk Anda, kegiatan follow up ini juga dapat mendatangkan konsumen baru. Apabila Anda menerapkan metode ini dengan tepat maka angka penjualan juga akan bertambah.

2. Menyampaikan Informasi Terbaru kepada Konsumen

Arti follow up dalam bisnis adalah untuk menyampaikan informasi terbaru kepada customer. Dengan melakukan follow up maka Anda akan tahu bahwa konsumen lama dan calon konsumen mengetahui tentang produk yang sedang Anda promosikan.

Contohnya adalah terkait dengan tips dan trik, testimoni pelanggan, review konsumen serta produk baru informasinya akan sampai ke semua konsumen. Ketika calon konsumen mendapatkan informasi mengenai produk Anda harapannya adalah konsumen tertarik hingga membeli produk tersebut.

3. Membina Hubungan dengan Konsumen

Follow up penting dalam perkembangan bisnis selain untuk mempromosikan sebuah produk, manfaatnya adalah dapat membina hubungan baik dengan konsumen khususnya yang baru. Hindari pemikiran bahwa dengan melakukan follow up maka Anda membujuk konsumen agar mau membeli produk Anda

Memang benar demikian, akan tetapi sebaiknya tujuan utamanya adalah melakukan follow up untuk membangun hubungan yang sehat dengan calon konsumen. Hubungan yang baik tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan serta mudah dalam menawarkan barang atau jasa.

4. Mengingatkan Konsumen Tentang Produk Anda

Sesuai dengan arti follow up biasanya dilakukan setelah Anda melakukan promosi dan pemasaran oleh karena itu bisa dikatakan bahwa follow up bisa dikatakan sebagai pengingat konsumen terhadap produk perusahaan. Biasanya pengingat ini dilakukan ke konsumen setia.

Tidak hanya itu adanya kegiatan follow up ini juga bisa mendatangkan konsumen baru agar bisa mengenal produk Anda. Ketika seorang konsumen belum menyelesaika transaksi, kemungkinan sedang mempertimbangkan apakah membeli produk dari Anda atau tidak.

Inilah fungsi dari adanya follow up, untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda. Selain itu dengan adanya follow up maka Anda bisa memberikan informasi lebih detail mengenai produk tersebut sehingga pembeli

5. Membina Hubungan Untuk Jangka Panjang dengan Konsumen

Arti follow up customer adalah untuk membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara berkala dan membina hubungan yang baik dengan konsumen tersebut oleh karena itu bisa menjaga hubungan untuk jangka panjang.

Hindari memiliki pemikiran bahwa hubungan baik hanya dibutuhkan agar konsumen bisa membeli produk Anda atau melakukan transaksi saja. Tidak hanya menjalin hubungan dengan konsumen baru, Anda juga harus menjaga hubungan agar tetap baik kepada konsumen yang lama.

Dengan menjalin hubungan yang baik itu bisa terbentuk akan berguna untuk kemudian sebagai fondasi kelancaran bisnis Anda. Jadi jika konsumen Anda ingin membeli produk tersebut, konsumen tersebut tidak akan ragu untuk menghubungi Anda lagi.

6. Menambah Jumlah Pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa follow up itu merupakan kegiatan tindak lanjut untuk meyakinkan konsumen apakah membeli produk tersebut atau tidak. Jadi selain menginformasikan kepada konsumen lama, Anda juga bisa menginformasikan ke konsumen baru.

Adanya cara ini maka Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan jadi bisnis Anda bisa semakin dikenal. Oleh karena itu Anda bisa rutin melakukan follow up dengan mengucapkan terimakasih kepada pelanggan sekaligus mengenalkan produk baru.

Apa arti follow up customer  di sini sangat penting untuk mengetahui apa saja langkah yang bisa Anda lakukan agar bisa menarik konsumen. Tujuannya juga adalah jika jumlah pelanggan meningkat maka angka pembelian juga akan meningkat.

7. Menambah Penghasilan

Perusahaan bisa menambah konsumen maka penghasilan juga akan semakin bertambah. Oleh karena itu kegiatan follow up ini harus dilakukan secara konsisten dengan mitra bisnis maupun konsumen dan membuat banyak produk terjual.

Omset bisnis tersebut juga akan semakin meningkat oleh karena itu penting untuk menarik konsumen dengan rutin melakukan follow up.

8. Menjalin Hubungan dengan Mitra Bisnis

Tujuan berikutnya mengapa follow up itu penting adalah untuk menjalin kerjasama dengan mitra bisnisnya. Tidak hanya menjalin hubungan dengan pelanggan saja, akan tetapi penting juga untuk menjaga hubungan dengan mitra bisnis yang menjalin kerjasama.

Contoh dari mitra bisnis ini adalah orang yang menjual produk kembali agar bisnis Anda semakin bisa berkembang dengan baik. Dengan melakukan follow up, mitra bisnis akan merasa dihargai serta ingin menjual lebih banyak barang lagi. Secara tidak langsung bisnis Anda akan semakin berkembang luas.

Oleh karena itu adanya follow up ini sangat penting agar bisnis Anda semakin berkembang. Jika bisnis semakin berkembang maka penghasilan Anda bisa semakin banyak.

Arti follow up itu adalah menindaklanjuti konsumen atau mengingatkan konsumen akan sebuah produk. Anda bisa memberikan informasi juga ke konsumen baru mengenai produk tersebut. Follow up ini harus rutin dilakukan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar