Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Arti Follow Up Untuk Meningkatkan Closing Rate

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus memahami bagaimana arti follow up untuk meningkatkan closing rate. Terlebih lagi dengan adanya persaingan cukup ketat, maka berbagai bentuk cara dilakukan oleh perusahaan agar bisa bertahan.

Ini juga merupakan aspek yang cukup penting terhadap tingkat kemajuan maupun perkembangan dari suatu bisnis. Walaupun istilah satu ini mempunyai arti cukup penting tetapi masih sedikit orang belum memahami dengan baik pengertiannya.

Oleh karena itulah, kami akan mencoba untuk memberikan ulasan lengkapnya.

Arti Follow Up Untuk Meningkatkan Closing Rate

Arti Follow Up Untuk Meningkatkan Closing Rate

Seorang pebisnis yang baik, tentu diharuskan buat mempelajari berbagai macam bentuk strategi buat meningkatkan penjualan ataupun mempertahankan kondisi bisnis di tengah persaingan ketat. Adapun follow up berasal dari Bahasa inggris dimana maknanya adalah tindak lanjut.

Dalam dunia bisnis mempunyai makna kegiatan dimana dilakukan buat menindaklanjuti aktivitas tertentu. Langkah tersebut sering dilakukan oleh perusahaan sesudah melakukan proses pemasaran atau memperkenalkan produk mereka kepada calon konsumen.

Sedangkan tujuan dari follow-up sendiri adalah buat memancing adanya respon dari calon konsumen sekaligus meningkatkan calon konsumen agar produk dimana sudah ditawarkan sebelumnya.

Untuk melakukannya itulah, biasanya Anda bisa bertanya mengenai tanggapan konsumen terhadap produk sekaligus jasa anda tersebut.

Tidak hanya itu saja, kehadiran dari langkah itulah juga dapat berguna buat mengingatkan rekan kerja atau bisnis sekaligus pelanggan dimana ada hubungan belum tuntas. Terlebih lagi terkadang orang-orang memang sibuk serta mempunyai urusan sendiri sehingga lupa dengan hal yang dibahas sebelumnya.

Manfaat Follow Up Untuk Para Pebisnis

Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang pebisnis diharuskan untuk melakukan kegiatan follow up tersebut sekarang juga. Sebab nantinya akan memberikan banyak manfaat termasuk untuk perkembangan dari usaha yang sedang Anda jalankan.

Apabila sampai disini, Anda masih ragu dalam menerapkan kegiatan satu ini maka sebaiknya simak beberapa manfaat yang dihadirkan dibawah ini.

Membantu Meningkatkan Angka Penjualan

Ketika berbelanja, setiap konsumen tentu lebih memilih untuk belanja di penjual dimana mempunyai layanan terbaik mereka. Sebab nantinya apabila mereka mendapatkan layanan terbaik maka tidak akan ragu dalam menghubungi atau mengunjungi toko Anda tersebut.

Oleh karena itulah secara tidak langsung kegiatan dari follow up tersebut akan membantu meningkatkan angka penjualan. Dengan begitu akan berdampak langsung terhadap jumlah penghasilan nantinya.

Meningkatkan Jumlah Omzet Bisnis

Bukan hanya bisa membantu meningkatkan angka penjualan saja, tetapi juga meningkatkan jumlah omzet bisnis Anda tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin kesempatan dihubungi oleh rekan bisnis mulai dari calon klien, vendor ataupun invenstor lainnya.

Untuk mencapai deal atau tujuan itulah, Anda mungkin akan membutuhkan usaha lebih termasuk juga dengan melakukan kegiatan follow up tersebut dengan rutin.

Hubungan Dengan Konsumen Semakin Baik

Mempunyai konsumen loyal tentu bisa didapatkan dengan suatu usaha bukan, termasuk juga dengan melakukan follow up tersebut. Menjaga hubungan baik dengan mereka merupakan hal paling wajib dilakukan oleh seorang pebisnis.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena mereka terkadang bukan hanya membeli produknya saja tetapi juga mencari nilai personal lainnya dimana terkandung didalam produk bersangkutan. Jangan pernah buat konsumen menyimpan pertanyaan tetapi tanpa jawaban.

Meningkatkan Kerja Sama Dengan Mitra Bisnis

Bukan hanya dapat digunakan buat menjalin hubungan kepada konsumen tetapi keberadaan strategi tersebut juga bermanfaat buat meningkatkan kerja sama dengan mitra bisnis. Adapun contoh mitra bisnis adalah mereka yang menjual produk Anda kembali.

Dengan mitra-mitra itulah tentu dapat Anda andalkan buat meningkatkan perkembangan dari bisnis sehingga kerja sama akan terjalin dengan baik.

Manfaat Follow Up Untuk Perkembangan Bisnis

Selain manfaat diatas, sebenarnya masih ada lagi manfaat dari follow up ini dimana perlu dipahami oleh seorang pebisnis. Mengingat kehadirannya dapat menjaga posisi bisnis di tengah persaingan cukup ketat. Nah berikut ini manfaat lainnya dimana dapat Anda peroleh

Sebagai Pengingat Bagi Prospek

Proses dari tindak lanjut calon konsumen dimana dilakukan tersebut bisa jadi menjadi cara buat mengingatkan calon konsumen mengenai penawaran produk sebelumnya atau jadi pengingat. Sebab nantinya tujuannya adalah supaya kegiatan closing tersebut dapat terjadi.

Retensi Konsumen Meningkat Untuk Jangka Waktu Panjang

Hubungan yang baik sekaligus komunikatif tentu mampu menghasilkan rasa percaya dari pihak konsumen kepada pebisnis. Ini artinya strategi retensi customer sudah berhasil dilakukan karena mereka selalu membeli produk melalui toko Anda.

Apabila dilihat secara jangka panjang, cara tersebut memang sangat efektif dalam kegiatan pemasaran karena bisnis sudah berhasil melakukan transaksi, tetapi tidak harus melakukan kegiatan promosi secara terus menerus.

Meningkatkan Kualitas dari Bisnis atau Perusahaan

Alasan pentingnya keberadaan follow up untuk bisnis adalah bisa meningkatkan kualitas bisnis perusahaan Anda tersebut. Sebagai contohnya adalah mampu mendapatkan kritik dan saran mengenai peningkatan kualitas layanan ataupun produk.

Selain itu, juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan dalam upaya mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Itu tentu dapat digunakan sebagai pedoman sebelum memutuskan buat mengeluarkan produk terbaru.

Menyampaikan Informasi Terbaru

Dari kegiatan inilah ternyata seorang pebisnis juga dapat menyampaikan informasi terbaru dimana berhubungan dengan produk ataupun bisnis secara keseluruhan. Sebagai contohnya adalah info mengenai produk terbaru, promo baru ataupun tips-tips penting lainnya.

Membedakan Dengan Para Kompetitor

Anda tentunya ingin berbeda dengan competitor bukan? oleh karena itulah segera terapkan strategi satu ini. Sebab ketika Anda telah melakukan follow up tentu akan membedakan bisnis dengan miliki competitor tersebut.

Tips Efektif Untuk Melakukan Follow Up

Manfaat Follow Up Untuk Para Pebisnis

Kedengarannya memang cukup mudah, tetapi siapa sangka untuk melakukan kegiatan tindak lanjut ternyata bukanlah perkara mudah dilakukan. Oleh karena itulah, Anda perlu memahami bagaimana tips efektif buat menerapkannya dibawah ini!

Silahkan Kirimkan Sebuah Ucapan

Ini merupakan cara paling sederhana dimana mampu membangun hubungan baik dengan konsumen. Yakni silahkan memberikan sebuah penghargaan kepada mereka. Beberapa contoh yang bisa dilakukan diantaranya adalah

  • Mengirimkan ucapan melalui email
  • Ucapan melalui kartu ucapan yang ada di dalam paket
  • Hadiah atau gift sederhana dimana mampu menyenangkan pelanggan.

Cross Selling atau Up Selling

Untuk membantu meningkatkan closing rate, itulah Anda dapat mengirimkan tindak lanjut tersebut buat menawarkan produk. Produk tersebut dapat berupa produk segmen lainnya atau versi lebih mahal dimana sudah pernah dibeli oleh pelanggan sebelumnya.

Jangan lupa mengingatkan manfaat dari produk bersangkutan.

Luangkan Waktu Untuk Membangun Relasi

Sebagian besar dari pebisnis biasanya memang hanya focus pada kegiatan marketing saja, padahal dengan meluangkan waktu untuk membangun relasi baru pun juga tidak kalah pentingnya loh. Oleh karena itulah, sebisa mungkin untuk meluangkan waktu buat membangun relasi baru.

Selain penggunaan strategi tindak lanjut diatas, Anda juga bisa menggunakan resmi.net dimana merupakan situs yang akan berikan kemudahan dalam melakukan pengecekan pengiriman paket. Sudah tahu arti follow up untuk meningkatkan closing rate?


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar