Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Apa Itu COD? Arti COD (Cash On Delivery) dan Penjelasannya

Bagi Anda pemilik bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan apa itu COD bukan? COD adalah salah satu metode untuk melakukan transaksi, namun sebenarnya apa pengertian dari COD itu sendiri? Apakah metode ini dapat memberikan keuntungan ataukah membawa kerugian?

COD adalah salah satu metode pembayaran yang biasanya dilakukan ketika berbelanja secara online. Selain itu ada juga metode pembayaran lainnya seperti e-wallet atau transfer ke bank dan bisa juga melalui gerai-gerai yang memang telah ditunjuk.

Adanya metode pembayaran COD ini memang pada akhirnya dapat menghadirkan kemudahan sendiri bagi konsumen dalam melakukan pembayaran. Apalagi jika konsumen tidak menggunakan aplikasi m-banking, di bawah ini ada informasi selanjutnya mengenai COD.

Apa Itu COD? Arti COD (Cash On Delivery)

Walaupun sudah banyak yang tahu mengenai COD dan menggunakan metode ini untuk melakukan pembayaran, faktanya masih banyak pelanggan yang belum mengetahui tentang hal ini. Apa artinya COD an di marketplace dan bagaimana prakteknya?

COD adalah singkatan dari cash on delivery itu dalam Bahasa Inggris. Akan tetapi jika dalam bahasa Indonesia artinya adalah tunai. Maka pengertian secara sempitnya adalah COD merupakan sistem pembayaran dengan menggunakan metode tunai atau bayar langsung di tempat.

Dulunya yang menerapkan sistem COD ini adalah pembeli dan penjual secara langsung. Tahapannya adalah setelah pembeli setuju untuk memesan sebuah produk maka pembeli akan memberikan uangnya kepada penjual. Hal ini dilakukan di sebuah tempat yang sudah dijanjikan oleh keduanya.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan bisnis online maka konsep pembayaran langsung ini dilakukan lagi. Proses berbelanja lewat internet ini pun menjadi semakin mudah karena untuk pembeli yang tidak bisa melakukan transfer maka bisa langsung membayar COD.

Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran COD

Setelah mengetahui apa itu COD barang penting juga untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan COD barang itu. Apalagi sekarang sudah banyak bisnis online yang menerapkannya jadi sebagai konsumen Anda harus tahu COD.

Setelah Anda memesan barang dan memilih COD sebagai metode pembayaran kurir akan mengantarkan barang ke lokasi tujuan Anda. Setelah kurir datang mengantarkan barang Anda bisa langsung membayarnya di tempat lokasi.

Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran COD

Lalu apakah COD harus membayar ongkos kirim? Atau sama seperti ketika melakukan pembelian langsung, tidak perlu membayar ongkos kirim? Jawabannya adalah tetap membayar biaya untuk ongkos kirim. Layaknya pembelian online lainnya maka pembeli akan menerima beban ongkos kirimnya.

Bedanya dengan pembayaran online seperti transfer antar bank atau e-wallet, ongkos kirim dengan sistem COD dibayarkan langsung ketika pesanan sudah sampai. Jadi konsumen bisa langsung membayarnya dengan tunai bersamaan dengan harga produknya tersebut.

Keuntungan Menggunakan Metode COD Barang

Banyak yang menggunakan sistem COD sebagai metode pembayaran karena sama-sama menguntungkan baik bagi pembeli maupun penjual. Lalu apa saja kelebihan dari menggunakan metode COD ini? Ini dia kelebihannya:

1. Dapat Membangun Kepercayaan

Salah satu kunci sukses dari sebuah usaha adalah menjaga kepercayaan dari konsumennya. Dengan menggunakan metode COD ini maka aman dalam menjaga kepercayaan. Apabila konsumen merasa puas berbelanja di toko Anda bukan tidak mungkin bahwa Anda akan mendapatkan repeat order.

2. Kesempatan Untuk Mendapatkan Rekomendasi

Sesuai dengan pengertian apa itu COD ? COD merupakan sebuah sistem pembayaran secara langsung. Adapun salah satu keuntungannya adalah kesempatan dalam mendapatkan rekomendasi. Apabila barang yang tiba di lokasi tujuan itu sesuai dengan fotonya.

Fisiknya sesuai dengan keterangan, barang tiba dengan cepat serta kemasannya aman dan jasa pengirimannya terpercaya maka akan mendapatkan nilai tambah untuk toko Anda. Secara tidak langsung hal ini akan membuat pelanggan merekomendasikannya ke orang lain.

Berbicara tentang sistem pembayaran COD maka selaku pemilik bisnis Anda harus selektif dalam memilih jasa pengiriman yang terpercaya serta harganya juga murah. Hal ini agar mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan. Anda bisa memilih jasa-jasa pengiriman yang murah serta uangnya akan aman.

3. Mudah Mendapatkan Pelanggan Baru

Keuntungan berikutnya dari menerapkan COD sebagai metode pembayaran adalah mudah dalam mendapatkan pelanggan baru. Biasanya metode ini diterapkan dalam mencari pelanggan baru dan pelanggan baru banyak yang lebih memilih untuk menggunakan metode pembayaran mudah dan fleksibel.

4. Meningkatkan Angka Penjualan

Keuntungan yang berikutnya adalah dapat meningkatkan angka penjualan bisnis Anda. Metode COD lebih memudahkan pembeli untuk melakukan proses pembayaran karena dirasa lebih fleksibel. Jika menggunakan metode COD maka pembayaran barang dilakukan ketika barang sudah tiba di lokasi tujuan.

Biasanya pembeli yang menerapkan metode ini tidak bisa melakukan pembayaran secara online entah lewat transfer bank atau dompet digital. Dengan menerapkan metode ini maka mudah untuk meningkatkan penjualan di toko Anda.

Tips Aman dalam Menerapkan Metode COD

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu COD Shopee berikutnya adalah mengetahui bagaimana tips aman dalam melakukan sistem pembayaran COD baik bagi pembeli maupun penjual. Adapun untuk tips amannya adalah sebagai berikut:

1. Tips COD Bagi Pembeli

  • Membayar produk sesuai dengan kesepakatan awal antara pembeli dengan penjual dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih
  • Anda bisa memeriksa bagaimana kondisi produk yang telah diantar oleh kurir sebelum memberikan uangnya. Pastikan bahwa barang yang dipesan itu sesuai dengan keinginan dan dalam kondisi baik.
  • Pastikan Anda bertemu dengan penjual di tempat yang aman. Sebaiknya Anda mengajak orang lain ketika akan melakukan transaksi.

2. Tips COD Bagi Penjual

Sesuai dengan pengertian apa artinya COD an, bahwa penting juga untuk melakukan beberapa hal berikut agar penjual aman-aman saja saat melakukan COD. Adapun untuk beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kerapian ketika akan melakukan transaksi dengan pembeli dan harus tampil dengan percaya diri
  • Selalu memberikan salam, senyum dan bersikap ramah kepada pembeli agar pembeli merasa lebih nyaman ketika melakukan transaksi
  • Ketika akan datang ke tempat melakukan transaksi pastikan juga bahwa Anda tidak datang terlambat dan tiba di tempat yang telah disepakati dengan pembeli. Sebaiknya Anda bisa datang lebih awal lagi
  • Pastikan bahwa ponsel Anda selalu dalam kondisi yang aktif sehingga konsumen dapat dengan mudah menghubungi Anda. Oleh karena itu sebelum pergi ke lokasi pastikan ponsel Anda telah terisi penuh daya baterainya dan paketan internetnya
  • Membawa pecahan uang lebih jika harus memberikan kembalian kepada konsumen. Jika memungkinkan Anda bisa bertanya terlebih dahulu apakah konsumen membawa uang pas atau tidak
  • Pastikan untuk membuat janji temu di tempat yang aman dengan pembeli
  • Memberikan penjelasan ulang kepada pembeli secara ringkas terkait produk yang akan dibeli sebelum memberikannya
  • Pastikan bahwa Anda menerima uang asli dari pembeli bila perlu Anda bisa membawa pendeteksi uang palsu
  • Menerima pembayaran sesuai dengan kesepakatan awal dengan pembeli dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih

Apa itu COD? COD adalah salah satu metode pembayaran yang paling banyak digunakan karena dirasa lebih mudah dan fleksibel. Ada banyak tujuan dari menggunakan sistem pembayaran ini salah satunya adalah mendapatkan pelanggan baru.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar