Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

7 Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop Agar Laris

Untuk lebih mudah berjualan, Anda akan membutuhkan beberapa aplikasi yang dibutuhkan online shop kebanyakan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, berbagai urusan terkait penjualan akan lebih mudah ditangani.

Berbisnis online memang membutuhkan berbagai alat penunjang karena metodenya sangat berbeda. Sebagai contoh, Anda perlu memiliki tools untuk mengecek ongkos kirim secara cepat agar pembeli bisa segera tahu total pembayaran.

Jadi, pastikan saat menjalankan online shop, Anda sudah memiliki daftar aplikasi berikut ini. Jika belum, maka sebaiknya segera instal di ponsel supaya tidak mengalami berbagai kendala yang mengganggu.

Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop Agar Laris

Daftar Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop

Berikut ini adalah beberapa daftar aplikasi yang biasanya digunakan oleh para pemilik online shop. Silakan simak dan pertimbangkan apakah aplikasi tersebut memang sedang Anda butuhkan untuk keperluan saat ini.

1. Catatan

Seperti halnya dalam menjalankan bisnis offline, membuat catatan juga sangat penting untuk operasional bisnis online. Oleh karena itu, aplikasi yang dibutuhkan online shop adalah tools untuk membuat catatan.

Catatan yang dimaksud di sini ada berbagai jenis mulai dari catatan teks, catatan pengeluaran, catatan keuangan, dan lain-lain. Untuk mencatat teks biasa, Anda bisa menggunakan Google Keep karena sangat mudah digunakan.

Selain itu, catatan di Google Keep akan langsung disimpan di cloud sehingga Anda tidak perlu takut kehilangan data tersebut. Kelebihan menggunakan tool ini adalah bisa diakses melalui ponsel maupun browser asal dalam satu akun Google yang sama.

Untuk menggunakannya caranya sangat mudah, yakni sebagai berikut.

  • Buka Google Play Store
  • Ketikkan Google Keep di kolom pencarian
  • Klik Instal
  • Tunggu sampai instalasi selesai
  • Anda akan otomatis masuk menggunakan akun Google di ponsel
  • Selesai

Catatan juga bisa digunakan untuk merancang kalimat penjualan sebelum nantinya diposting di berbagai media seperti marketplace, Facebook, Instagram, atau yang lainnya. Jadi, bisa dibilang aplikasi ini sangat penting untuk dimiliki.

2. To do list

Hampir mirip dengan poin pertama, namun aplikasi yang dibutuhkan online shop ini lebih berfokus mencatat kegiatan apa saja yang harus dilakukan di hari tertentu. Tool ini akan membuat aktivitas Anda menjadi lebih rapi dan efisien.

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti Google Keep atau Google Calendar. Di Play Store pun banyak sekali aplikasi serupa dapat diunduh secara gratis dengan rating yang sangat bagus.

Dari berbagai tools tersebut, Google Calendar adalah yang paling muda dioperasikan dan memiliki fungsi cukup lengkap. Tidak hanya sekadar membuat to do list, di aplikasi ini Anda bisa membuat time blocking sehingga kegiatan bisa dilakukan secara detail berdasarkan jam.

Selain itu, Google Calendar juga memiliki fitur pengingat sehingga Anda tidak akan terlewat ketika sedang beraktivitas lain. Seperti halnya Google Keep, kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa diakses di berbagai perangkat selama masih menggunakan satu akun Google.

3. Manajemen proyek

Berbeda dengan sebelumnya, aplikasi yang dibutuhkan online shop ini berfungsi melakukan manajemen proyek tertentu. Biasanya para online shop akan menggunakan untuk perencanaan membuat konten.

Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk keperluan ini adalah Trello. Anda dapat mengelola proyek yang bisa diakses oleh banyak hal sehingga sangat membantu dalam kerja tim.

Sebagai contoh, tim Anda ingin membuat konten rutin di Instagram. Dengan bantuan Trello, maka Anda bisa membuat beberapa kolom seperti ide konten, ide yang dipilih, konten yang sedang dibuat, konten yang sudah selesai, konten yang sudah diposting, dan konten yang ditolak.

Karena dapat diakses oleh banyak orang, setiap divisi bisa turut serta mengisi kolom-kolom tersebut. Misalnya ketika tim desain sudah menyelesaikan pembuatan konten, daftar tersebut bisa dipindahkan ke kolom konten yang sudah selesai untuk selanjutnya dikerjakan oleh tim manajemen sosial media.

4. Desain

Aplikasi yang dibutuhkan online shop berikutnya adalah tool untuk desain. Kebutuhan desain memang sangat penting baik ketika ingin membuat banner promosi atau konten di media sosial.

Jika Anda masih bekerja secara mandiri, sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi desain yang dapat digunakan di ponsel maupun PC sehingga mudah dioperasikan.

Selain itu, ada puluhan ribu template desain bisa digunakan mulai dari infografik, promo produk, logo, thumbnail YouTube, Instagram Reels, carousel post, meme, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, Anda cukup memilih satu template tersebut dan sedikit mengubahnya.

Karena alasan kemudahan dan terdapat ribuan template inilah Canva menjadi salah satu aplikasi yang dibutuhkan online shop sebagai tool wajib untuk desain. Bahkan, jika Anda masih pemula mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja untuk menguasainya.

Namun, sampai saat ini Canva hanya bisa digunakan untuk desain berupa gambar saja. Sementara itu, jika Anda ingin membuat konten berupa video maka perlu menggunakan aplikasi lain seperti Cap Cut, Kinemaster, dan lain-lain.

5. Penghitung ongkos kirim

Pengiriman adalah satu aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan jual beli online. Jadi, penghitung ongkir merupakan salah satu aplikasi yang dibutuhkan online shop saat ini.

Apabila Anda berjualan di platform e-commerce seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak mungkin aplikasi ini tidak perlu dimiliki karena sistem mereka sudah menyediakan penghitungan ongkos kirim. Akan tetapi, jika Anda menjual online dengan platform lain seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp, maka tool ini wajib dimiliki.

Salah satu aplikasi untuk menghitung ongkir yang paling terkenal adalah Raja Ongkir. Dengan Raja Ongkir, Anda bisa mengecek ongkos kirim hanya dalam beberapa kali klik saja.

6. Chatting

Berikutnya, untuk berkomunikasi dengan calon pembeli, Anda juga membutuhkan aplikasi chatting seperti WhatsApp Business, Messenger, atau Telegram. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, jika Anda berjualan di Facebook, maka lebih baik gunakan WhatsApp Business dan Messenger karena dua itu adalah yang paling sering digunakan. Akan tetapi, jika Anda ingin mengumpulkan calon pembeli terlebih dahulu, maka Telegram adalah salah satu tool yang sangat membantu.

7. Marketplace

Aplikasi yang dibutuhkan online shop terakhir adalah marketplace. Hal ini sangat wajib dimiliki terutama jika Anda menggunakan platform e-commerce tertentu untuk berjualan agar lebih mudah mengelola toko online.

Ada banyak aplikasi marketplace di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia. Biasanya setiap platform memiliki ruang Seller Center tersendiri untuk mengelola toko seperti edit profil toko, upload catalog, pendaftaran promo, dan lain-lain.

Anda bisa memilih lebih dari satu platform jika memang memiliki cukup waktu atau sudah mempunyai tim. Penggunaan berbagai jenis marketplace akan meningkatkan jangkauan toko online Anda karena setiap platform memiliki karakter audiens yang berbeda-beda.

Demikian pembahasan tentang daftar aplikasi yang dibutuhkan online shop untuk memudahkan dalam berjualan. Silakan pilih mana yang sedang Anda butuhkan saat ini dan maksimalkan sebaik mungkin agar penjualan bisa meningkat.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar

x